Los Angeles Pasang Penjerat Sampah untuk Cegah Pencemaran Laut

Los Angeles Pasang Penjerat Sampah untuk Cegah Pencemaran Laut

Limbah plastik yang mengalir ke lautan berada pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan dewasa ini. Sebagai salah satu county – kawasan setingkat kabupaten – yang sangat peduli lingkungan di Amerika Serikat, Los Angeles berusaha mengambil langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut.

Bekerja sama dengan organisasi lingkungan Ocean Cleanup, kabupaten tersebut baru-baru ini memasang alat penjerat sampah yang disebut Trash Interceptor 007 di mulut salah satu saluran airnya yang paling tercemar, untuk menghentikan plastik dan sampah lainnya mencapai Samudera Pasifik.

Boyan Slat, CEO dan pendiri Ocean Cleanup, menjelaskan pentingnya menempatkan penjerat sampah bertenaga surya itu di mulut Sungai Ballona.

“Sungai benar-benar urat nadi yang membawa sampah dari darat ke laut. Dan apa yang kami temukan adalah bahwa hanya 1 persen sungai di dunia yang mengeluarkan sekitar 80 persen dari semua plastik yang dibuang ke laut. Jadi, jika kami menempatkan perangkat seperti ini di mulut satu persen sungai paling mencemari, kami yakin kami dapat menghentikan polutan plastik mencapai lautan,” ujar Slat.

Trash Interceptor 007 memiliki panjang sekitar 22 meter dan dilengkapi enam penampung sampah.

“Cara kerjanya adalah penghalang- penghalang terapung panjang ini menyalurkan sampah ke depan pencegat, di mana kami menempatkan conveyor belt besar ini. Penghalang-penghalang ini mengekstraksi sampah dari air sebelum kemudian menyortirnya ke tempat-tempat penampungan,” tambah Slat.

Ocean Cleanup adalah organisasi teknik lingkungan nirlaba yang berbasis di Belanda, yang mengembangkan teknologi untuk mengekstraksi polutan plastik dari lautan dan mencegatnya di sungai sebelum mencapai lautan.

Salah satu karya mereka pernah diujicobakan di Laut Utara pada 2016 untuk mengatasi pusaran sampah Pasifik yang dikenal dengan sebutan Great Pacific Garbage Patch.

Pada Juni 2019, mereka juga mengembangkan teknologi penangkal sampah di sungai. Setelah diujicobakan dan berhasil, karya teknologi terkininya — Trash Interceptor 007 — akhirnya dujicobakan pertama kali di Sungai Ballona, Los Angeles California.

Apa yang dilakukan Ocean Cleanup di Los Angeles adalah proyek contoh selama dua tahun. Jika berhasil, organisasi itu akan memperluas usahanya ke berbagai penjuru dunia.

Ocean Cleanup berambisi membersihkan 90 persen sampah plastik dari lautan dunia sebelum tahun 2040. [ab/uh]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.