Travel  

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Cirebon

rekomendasi.co.id – Wisata sejarah menjadi bagian dari pilihan wisata yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan panjang di Cirebon. Salah satu destinasi yang patut anda datangi adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Nama masjid tersebut cukup unik, begitu pula dengan sejarah yang membalutnya. Daya tarik yang mereka tawarkan juga cukup menarik untuk ditelisik lebih jauh.

Ternyata penamaan masjid ini disematkan bukan tanpa alasan. Nama tersebut diberikan dengan tujuan agar orang yang beribadah di dalamnya selalu khusyuk da dapat meningkatkan rasa ikhlas dan syukurnya. Arsitektur masjid terlihat berbeda jauh jika dibandingkan dengan masjid modern. Daripada penasaran, yuk intip informasi lengkapnya sebagai berikut!

Sejarah Singkat Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Menghabiskan waktu untuk berlibur di Cirebon merupakan ide yang bagus karena banyak spot yang bisa anda kunjungi, termasuk masjid yang kental dengan unsur budaya dan peninggalan wali songo. Masjid yang dimaksud dikenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini dibangun dengan konsep yang kaya filosofi. Bahkan ada ruangan khusus untuk keluarga kesultanan Cirebon.

Ada legenda yang menakjubkan dari masjid tersebut, yaitu kabarnya hanya dibangun dalam satu malam. Kisah tersebut tertuang di dalam buku sejarah Babad Tanah Cirebon. Keberadaan masjid terbuat juga erat kaitannya dengan Sunan Kalijaga karena beliau adalah arsitek sekaligus pemimpin dari proses pembangunan masjid. Seluruh proses dilakukan sejak maghrib hingga subuh.

Terlepas dari bagaimana cerita aslinya, namun masyarakat cukup mempercayai sejarah tersebut karena ada catatan tertulisnya. Hingga saat ini masjid masih beroperasi dan bisa digunakan untuk beribadah secara normal. Bahkan Masjid Agung Sang Cipta Rasa tersebut seringkali dijadikan lokasi untuk melakukan ritual keagamaan yang digelar oleh masyarakat setempat.

Daya Tarik Masjid Agung Sang Cipta Rasa

1. Tempat Khusus Keluarga Kesultanan Cirebon

Keluarga kesultanan Cirebon memiliki spot khusus untuk beribadah di masjid tersebut. Tempat ini memiliki dua bagian yaitu persis di samping mimbar dan yang keuda berada di saf belakang. Spot tersebut diberi pembatas berupa kayu dan diberi tulisan bahwa aplikasi tersebut adalah tempat khusus keluarga kesultanan Cirebon.

2. Arsitektur Masjid Yang Kental Unsur Budaya

Arsitektur yang dimiliki masjid unik ini terlihat sangat berbeda dengan masjid masjid modern. Terdapat dua tokoh besar yang bertanggung jawab atas wujud dan penataan bangunan yaitu Raden Sapat dan Sunan Kalijaga. Beliau berdua mengangkat unsur budaya bagi Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang berasal dari kombinasi unsur Islam dan Hindu.

Di dalam masjid juga terdapat dua belas tiang penyangga yang masing masing terhubung dengan balok pasak di bagian tengah. Ada juga sembilan pintu yang ternyata menggambarkan keberadaan walisongo. Begitu masuk ke dalam bangunan, anda harus selalu menunduk karena tinggi banguann yang rendah. Bangunan memang didesain demikian sebagai bentuk hormat kepada Tuhan.

3. Ada Sumur Zam Zam

Di dalam masjid terdapat sumur yang menurut kepercayaan masyarakat dapat mengabulkan permintaan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak sekali warga yang mampir hanya untuk mengambil dan meminum air dari sumur tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya kepercayaan tersebut, namun kegiatan yang satu ini sudah menjadi bagian dari budaya.

4. Tiga Ubin Mihrab dari Tiga Wali

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah keberadaan tiga ubun yang dipasang oleh tiga wali yaitu Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, dan Sunan Djati. Tiang ubin tersebut memiliki maknanya masing masing yaitu Iman, Islam, dan Ikhlas. Spot ketiga ubin ini juga membuat penguung penasaran sehingga kerap dicari dan kemudian diabadikan di dalam foto.

5. Selalu Digelar Adzan Pitu Setiap Jumat

Keberadaan masjid ini sangat kental dengan tradisi. Salah satu kegiatan yang dijaga dan dilakukan oleh masyarakat setempat adalah adzan pitu. Jadi adzan yang dikumandangkan di dalam masjid pasru dilakukan oleh tujuh muadzin. Namun tradisi ini hanya dilakukan setiap hari Jumat saja. Jika anda ingin melihatnya, maka cobalah untuk datang di hari tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang satu ini berada di Jl. Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Cirebon Jawa Barat. Destinasi tersebut sudah sangat terkenal sehingga anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Agar mudah, anda perlu mengarahkan kendaraan menuju alun alun kejaksaan Cirebon kemudian ambil jalan menuju Pulasaren.

Jarak antara alun alun dengan masjid hanya sekitar 3 km. Anda juga bisa mengambil rute melalui Jl. Bahagia dan Jl. Karanggetas. Namun memang rute pertama adalah yang paling cepat. Anda juga bisa datang menggunakan kendaraan umum sekalian mengelilingi kota Cirebon untuk berpetualang. Tarif angkutan umum juga sangat terjangkau sehingga aman untuk kantong.

Informasi lain yang tidak kalah penting untuk wisatawan adalah berkaitan dengan harga tiket serta jam operasional. Masjid Agung Sang Cipta Rasa bisa anda akses dengan bebas karena tidak ada biaya tiket yang harus dibayar oleh wisatawan. Hanya saja anda perlu menjaga sikap karena destinasi tersebut masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah sehingga sering sekali ada kegiatan keagamaan.

Jam operasional masjid juga tidak ada batasan, alias buka untuk 24 jam. Anda bisa mampir kapan saja sekaligus beribadah. Masjid juga tidak dikunci sehingga setiap pengunjung yang datang wajib menjaga kondisi masjid agar tetap aman dan nyaman. Meskipun spot tersebut adalah lokasi ibadah, namun anda tetap bisa mengambil beberapa foto di bagian dalam.

Kegiatan yang Menarik di Masjid Agung Sang Cipta Rasa

1. Mengagumi Filosofi Arsitektur

Mulai dari pintu hingga bagian dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa semuanya memiliki nilai filosofi yang tinggi. Ada baiknya jika anda duduk sejenak dan mengagumi indahnya bagian dalam masjid. Setiap tiang dibuat sangat kokoh dan berdiri dengan gagah. Begitu masuk, anda akan merasakan bahwa penataan ruangan sekaligus dekorasi di dalamnya sangat kuno namun masih tetap terjaga dengan baik.

2. Mencoba Air Zam Zam

Keberadaan sumur zam zam di bagian dalam masjid menjadi daya tarik yang membuat wisatawan merasa penasaran. Tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk meminum air tersebut dan mengikuti kebiasaan yang dilakukan masyarakat setempat. Anda bisa mencoba air zam zam tanpa tujuan untuk meminta sesuatu atau hanya sebagai pengalaman.

3. Beribadah

Karena bangunan ini merupakan sebuah masjid, maka sempatkan waktu anda untuk beribadah di dalamnya. Suasana sekitar Masjid Agung Sang Cipta Rasa sangat tenang sehingga akan membuat anda lebih mudah untuk khusyu dan berdoa. Anda juga bisa menjadikannya lokasi untuk beristirahat sejenak sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata yang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Masjid

Fasilitas yang ada di masjid cukup memadai sebagai lokasi wisata religi. Di sana, anda akan menemukan area parkir yang aman, kamar mandi atau MCK, dan mushola. Bahkan di sekitar masjid juga ada beberapa penginapan sehingga destinasi ini menjadi spot terbaik bagi wisatawan yang akan beristirahat.

Untuk masalah kebersihannya, anda tidak perlu ragu karena masjid selalu dirawat dengan baik. Sudah ada pihak pengelola yang selalu memastikan jika seluruh bagian masjid selalu bersih dan rapi. Hanya saja anda sebagai pengunjung harus bertanggung jawab dan tidak membuang sampah apapun di dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Hal ini penting mengingat masjid adalah tempat sakral.

Hingga saat ini, animo masyarakat untuk berkunjung ke masjid unik ini tidak pernah surut. Meskipun ramai nya tidak seperti destinasi hits lain, namun setidaknya ada saja rombongan wisatawan yang mampir. Anda tidak perlu sungkan atau merasa tidak enak untuk berkunjung karena destinasi ini merupakan spot wisata budaya yang menarik.