Travel  

Masjid Kapal Semarang, Masjid Megah dengan Desain Arsitektur yang Unik

Masjid Kapal Semarang, Masjid Megah dengan Desain Arsitektur yang Unik

rekomendasi.co.id – Saat ini Kota Semarang tidak hanya memiliki wisata religi Masjid Agung Jawa Tengah saja, karena ada Masjid Kapal Semarang. Masjid yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang sangat unik, karena mirip sebuah kapal. Sehingga tidak heran jika masjid ini menjadi salah satu daya tarik wisata religi yang saat ini banyak didatangi wisatawan saat berkunjung ke Kota Semarang.

Masjid Kapal ini aslinya bernama Masjid Safinatun Najah di bangun pada tahun 2015. Karena bentuk masjid yang menyerupai sebuah kapal, sehingga banyak masyarakat lebih mengenalnya Masjid Kapal. Safinatun Najah dalam bahasa arab memiliki arti kapal penyelamat. Masjid ikonik ini dibangun di tanah seluas 7,5 hektar dan memiliki luas bangunan masjid 2.500 meter persegi.

Sehingga selain berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah saat berkunjung ke Semarang, wisatawan juga bisa berwisata religi lainnya ke Masjid Safinatun Najah. Untuk lebih memiliki gambaran tentang wisata religi di Masjid Kapal Semarang ini, Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di berikut ini.

Sejarah Masjid Kapal Semarang

Sejarah Masjid Kapal Semarang pertama kali dibangun pada tahun 2015. Masjid ini dibanguan di tanah yang memiliki luas 7,5 hektar dan ukuran banguan masjidnya mencapai 2 hekatar. Dana yang digunakan untuk membangun masjid berbentuk kapal ini diperkirakan mencapai 5 miliar lebih. Awal pembangunan masjid ini dilakukan karena ada sebuah wasiat dari salah satu keluarga dari UEA, wasit dari keluarga tersebut adalah membangun masjid yang mirip bahtera kapal Nabi Nuh.

Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren kemudian mengabulkan wasiat tersebut untuk membangun masjid di wilayah Semarang dengan bentuk masjid sesuai yang tertera pada surat wasiat tersebut. Dan sekarang telah berdiri Masjid Safinatun Najah yang berbentuk seperti kapal Nabi Nuh di Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Daya Tarik Masjid Kapal Semarang

Sebagai salah satu wisata religi yang menarik di kota Semarang, Masjid Kapal Semarang memiliki daya tarik tersendiri, seperti :

1. Perpustakaan Masjid

Di kompleks masjid terdapat sebuah ruangan yang digunakan sebagai perpustakaan. Ruang perpustakaan ini berada di lantai 3 yang bersanding dengan bagian rooftop masjid. Perpustakaan ini dapat digunakan untuk proses belajar dan mengajar tentang ajaran agama Islam. Koleksi perpustakaan ini bisa digunakan oleh pengunjung untuk membaca buku-buku tentang ajaran agama islam yang cukup lengkap.

2. Gedung Serbaguna

Saat mengunjungi Masjid As Safinatun Najah, Kita dapat melihat masjid ini dibangun dengan 3 lantai. Dimana pada lantai 1 bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Gedung serbaguna ini bisa digunakan untuk melaksanakan hajatan atau acara pernikahan.

Jadi saat warga kota Semarang dan sekitarnya ingin melaksanakan acara pernikahan, ijab qobul bisa dilakukan di Masjid As Safinatun Najah dan menyelenggarakan hajatan langsung di gedung serbaguna yang ada di lantai 1.

Pemanfaatan gedung serbaguna di lantai 1 pada masjid ini juga sudah didesain agar tidak mengganggu kegiatan ibadah. Selain itu ada beberapa aturan dan batasan kegiatan yang diselenggarakan di gedung ini.

3. Rooftop Masjid

Masjid As Safinatun Najah memiliki bangunan 3 lantai dan pada bagian paling atas memiliki rooftop. Pada bagian rooftop ini terdapat kubah masjid, ruang perpustakaan dan balai untuk tempat bersantai. Adanya bagian rooftop ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke masjid ini.

Dari bagian rooftop masjid, pemandangan sawah, kebun dan pepohonan yang ada di sekitar masjid memberikan view yang sangat indah. Sehingga di bagian teratas dari Masjid Kapal Semarang menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak orang untuk bersantai sambil membaca buku.

Dari titik tersebut, Anda bisa menyaksikan pemandangan kebun, sawah, pohon-pohon dan indahnya komplek masjid dengan lanskap lebih luas. Tentu ini adalah sebuah pengalaman

4. Bangunan Masjid Yang Mirip Kapal

Bangunan Masjid As Safinatun Najah benar-benar dibuat menyerupai sebuah kapal yang berada di atas air. Karena di sekeliling bangunan masjid dibuat sebuah kolam atau parit. Sehingga seakan-akan bangunan masjid berbentuk kapal yang sedang berlayar.

Pemandangan yang ada di sekitar masjid juga masih sangat asri, karena dikelilingi sawah, perkebunan, dan pepohonan yang rindang. Ditambah lagi lokasinya yang jauh dari perkotaan, sehingga suasana saat berada di masjid ini menjadi sangat tenang. Karena itu untuk melakukan kegiatan ibadah di tempat ini menjadi lebih khusyu.

5. Kolam Air Mancur dan Kolam Ikan

Di sekitar kompleks Masjid Kapal Semarang, terdapat juga sebuah spot yang dijadikan sebagai kolam ikan hias dan kolam air mancur. Adanya spot ini membuat kawasan di sekitar masjid menjadi lebih alami. Di dekat kolam ini pengunjung bisa duduk-duduk santai untuk melihat air mancur dan ikan-ikan hias yang berenang di kolam ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Untuk yang ingin berwisata religi Ke Masjid Kapal Semarang, Anda bisa mengunjungi Desa Podorejo yang ada di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dan lokasi Masjid As Safinatun Najah tepatnya ada di Jl. Kyai Padak yang ada di Desa Podorejo.

Dari pusat Kota Semarang, untuk sampai ke Masjid As Safinatun Najah jaraknya sekitar 17 kilometer dan akses jalan disini cukup bagus sehingga bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Saat ingin berkunjung ke Masjid Kapal Semarang, tiket masuknya cukup murah hanya Rp 3 ribu per pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan cukup indah dari atas bangunan masjid. Untuk parkir mobil Rp 5 ribu dan untuk parkir motor Rp 2 ribu.

Untuk jam operasional buka dari jam 4 pagi dan tutup jam 8 malam. Jadi selain bisa digunakan untuk tempat beribadah, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai dan mencari sebuah ketenangan. Waktu terbaik mengunjungi masjid adalah di sore hari, sehingga suasana saat ingin menikmati rooftop tidak terlalu panas dan terik.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Beribadah dengan Tenang

Tentunya aktivitas utama yang bisa pengunjung lakukan di Masjid Kapal Semarang adalah beribadah. Saat tiba waktu sholat, pengunjung dapat melakukan sholat berjamaah di masjid unik ini. Selain itu pengunjung juga bisa mengaji membaca Al-Quran dengan nuansa yang tenang di masjid ini.

2. Hunting Foto

Selain digunakan sebagai tempat beribadah, Masjid As Safinatun Najah juga bisa pengunjung gunakan sebagai spot foto yang menarik. Pengunjung dapat melakukan foto dengan latar belakang masjid berbentuk kapal.

Selain berfoto dengan latar belakang bangunan masjid, pengunjung juga dapat berfoto selfie dari lantai 3 yang memiliki pemandangan alam sekitar yang sangat asri. Karena di lantai 3 atau bagian rooftop, kita dapat melihat panorama lingkungan sekitar yang berupa sawah, kebun dan beberapa pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar perkampungan.

3. Bersantai

Pengunjung juga dapat bersantai di kawasan Masjid As Safinatun Najah. Karena terdapat spot seperti kolam ikan dan kolam air mancur, serta bagian atas bangunan masjid yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Karena lokasi masjid yang berada di perkampungan yang jauh dari kota, sehingga suasana bersantai di sekitar masjid menjadi lebih tenang dan damai.

4. Membaca Buku

Di Masjid As Safinatun Najah terdapat sebuah ruangan yang digunakan sebagai perpustakaan. Sehingga pengunjung bisa membaca-baca buku tentang ajaran agama islam, sejarah islam, dan buku tentang syariah islam lainnya disini.

Di perpustakaan ini terkadang juga banyak mahasiswa yang datang untuk mencari buku tentang islam yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan tugas, jurnal, skripsi dan materi perkuliahan.

Fasilitas Penunjang di Masjid Kapal Semarang

Fasilitas yang bisa digunakan pengunjung saat datang ke Masjid Kapal ini sudah lengkap. Karena di kawasan masjid terdapat area parkir cukup luas, ada toilet, tempat wudhu, ruangan pusat informasi, masjid, rooftop, taman di sekitar masjid dan ada beberapa warung wisata.

Untuk menikmati makanan yang dijual di warung sekitar masjid juga harganya sangat murah dan terjangkau karena harga makanan rata-rata adalah 5 ribuan saja. Sehingga setelah menggunakan masjid untuk beribadah dan berwisata, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner yang dijual di sekitar masjid dengan harga murah.

Masjid Kapal Semarang menjadi destinasi religi yang menarik untuk Anda kunjungi. Memiliki desain yang unik, berada di masjid tentu memberi ketenangan tersendiri, apalagi lokasinya berada di kawasan yang tenang dan memiliki panorama alam yang memukau.

error: Content is protected !!