Travel  

Menikmati Keindahan Biota Laut di Pantai Harlem Papua

Menikmati Keindahan Biota Laut di Pantai Harlem Papua

rekomendasi.co.id – Lokasi: Kampung Tublanusu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua 99353Map: KlikDisini

Surga kecil bahari di Jayapura ini bernama Pantai Harlem. Banyak orang mengatakan bahwa pantai ini adalah pantai tercantik di Jayapura.

Ditambah, masih jarang wisatawan yang berkunjung ke sini karena memang masuk ke wilayah terpencil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa sampai ke sini. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan merasakan sensasi seperti di pantai pribadi.

Pantai ini mulai dikenal pada tahun 2000 lalu, meskipun mulai booming oleh turis-turis dan wisatawan mancanegara.

Karena memang pantai ini masih merupakan kawasan terpencil dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Jika Anda ke Pantai Harlem ini, Anda tidak akan menemukan keramaian orang-orang seperti di pantai lainnya.

Akses Jalan Menuju Pantai Harlem

Untuk aksesnya pun terbilang tidak terlalu sulit. Dari Kota Jayapura Anda akan melewati perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer, namun jalan menuju Depapre memang kurang baik dan masih berbatu.

Namun di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Terutama saat berada di Jalan Walbron-Moy. Jika Anda dari Sentani, jaraknya lebih dekat, yaitu sekitar 22 kilometer. Anda akan dibawa ke dermaga Depapre lalu dilanjutkan dengan perjalanan jalur laut.

Setelah sampai di dermaga Depapre, Anda perlu melakukan perjalanan di laut sekitar 15 menit. Anda bisa menyewa kapal cepat untuk sampai di Pantai Harlem ini. Harga sewa kapal ini akan lebih murah jika disewa rombongan.

Harganya berkisar Rp. 350 ribuan untuk kapasitas maksimal 10 orang, namun Anda sudah bisa pulang pergi memakai kapal ini. Anda hanya perlu janjian dengan pengemudi kapal, setelah itu pengemudi kapal akan menjemput Anda kembali tepat waktu.

Menikmati Indahnya Pantai

Ketika di perjalanan laut, Anda akan berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik. Dari kejauhan air laut tempat berwarna warni, dari mulai hijau muda, hijau tua, hingga berwarna biru.

Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan laut dan pantai yang sangat indah, ditambah langit yang biru dengan hamparan awan putih. Menjadikan wisata Anda sangat berkesan.

Ketika hampir sampai di bibir pantai, sekitar jarak 10 meter-an sebelum tepi pantai, Anda bisa langsung melihat keanekaragaman biota laut yang bisa dengan jelas Anda pandangi.

Dengan garis pantai sepanjang 700 meter, dihiasi oleh pepohonan khas seperti pohon kelapa, bintangur hingga pohon khas Papua, yaitu sagu menambah keteduhan di pantai ini. Anda juga akan menikmati hamparan pasir putih yang bersih, halus dan terbebas dari kerikil.

Jika Anda ingin lebih jelas menikmati keindahan di dalam laut, Anda bisa menyelam atau ber-snorkeling, akan Anda temukan batu-batu karang yang terhampar di dalam laut dan jenis-jenis ikan beserta biota laut lainnya.

Anda pun bisa menyewa alat snorkeling yang tersedia di sana. Namun jika Anda ingin menyelam, tidak perlu jauh-jauh, karena semakin jauh dari bibir pantai, semakin dalam air lautnya yang merupakan bagian dari palung laut.

Anda pun bisa menikmati kolam kecil berukuran sekitar 7 meter yang merupakan kolam air tawar asli dan terbentuk secara alami. Anda bisa membilas diri Anda di sini setelah bermain air laut yang asin. Kolam ini juga berisi ikan-ikan yang unik.

Fasilitas yang Disediakan

Anda pun bisa berlama-lama menikmati keindahan di pantai ini dengan berkemah atau menyewa pondok yang disediakan oleh warga setempat dengan harga sewa sekitar Rp. 150 ribu per malamnya.

Di Pantai Harlem ini juga sudah difasilitasi dengan 4 kamar mandi dengan tarif sekitar Rp. 5 ribu. Namun, Anda harus berbekal makanan yang cukup, sebab tidak ada penjual makanan di kawasan ini.

Jangan pula sempatkan berfoto dan mengabadikan gambar momen indah Anda, karena banyak sekali spot foto yang menarik.

error: Content is protected !!