Militer Korsel: Korut tembakkan tiga rudal balistik

Militer Korsel: Korut tembakkan tiga rudal balistik

rekomendasi.co.id – Korea Utara menembakkan tiga peluru kendali balistik jarak dekat ke Laut Timur pada Sabtu, kata militer Korsel.

Penembakan itu terjadi satu hari setelah Korea Selatan melakukan uji coba penerbangan roket ruang angkasa propelan padat buatan dalam negeri.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran peluru-peluru kendali itu dari Kabupaten Chunghwa, sekitar 60 kilometer selatan Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Rudal-rudal tersebut meluncur pada pukul 08.00 waktu setempat dan terbang sejauh 350 kilometer –sebelum mencebur ke laut.

JCS tidak memberikan keterangan terperinci, dan hanya mengatakan bahwa lembaga-lembaga intelijen Korsel dan Amerika Serikat sedang melakukan analisis mendalam soal spesifikasi rudal-rudal tersebut.

JCS menyatakan kecaman dan menyebut peluncuran itu sebagai “provokasi serius” yang membahayakan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea maupun masyarakat internasional.

Selain itu, kata militer Korsel, peluncuran rudal balistik oleh Korut tersebut juga jelas-jelas merupakan pelanggaran terhadap resolusi-resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami mengutuk keras tindakan itu dan meminta agar segera dihentikan,” kata JCS.

“Militer kita akan menjaga kesiapan kemampuan untuk menanggapi setiap provokasi yang dilakukan Korea Utara,” ujar JCS melalui pesan tertulis kepada para wartawan.

Korut tampaknya menembakkan rudal-rudal tersebut ke arah target yang telah ditetapkan di Alseom, menurut seorang sumber.

Alseom adalah sebuah pulau tak berpenduduk di perairan timur Korea Utara.

Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat melalui pernyataan menegaskan bahwa komitmen AS untuk melindungi Korea Selatan dan Jepang tetap kuat.

Peluncuran tersebut, menurut Komando, menyoroti dampak dari program senjata pemusnah massal “ilegal” dan rudal balistik Korea Utara “yang merusak stabilisasi”.

Korut sebelumnya menembakkan dua rudal balistik jarak dekat ke Laut Timur pada 23 Desember, hanya satu pekan setelah meluncurkan dua rudal serupa jarak menengah.

Sepanjang tahun ini, Korut sudah meluncurkan sekitar 70 rudal balistik, yang merupakan jumlah tertinggi dalam satu tahun.

Sumber: Yonhap-OANA

error: Content is protected !!