Minat Investor di IKN Naik, Kementerian PUPR Diminta Kebut Pembangunan Infrastruktur Dasar Kawasan Inti

Minat Investor di IKN Naik, Kementerian PUPR Diminta Kebut Pembangunan Infrastruktur Dasar Kawasan Inti

rekomendasi.co.id – JAKARTA, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, pihaknya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat infrastruktur dasar wilayah pengembangan Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pasalnya, saat ini minat investasi IKN meningkat pesat sejak Market Sounding pada Agustus lalu.

Penawaran investasi di IKN dari semula yang ditawarkan seluas 38 hektare, permintaan ini justru naik menjadi 965 hektare. Sebelumnya pembangunan IKN Nusantara hanya fokus pada wilayah KIPP 1A, namun seiring meningkatnya minat investor Kementerian PUPR juga akan segera membangun infrastruktur dasar di wilayah KIPP 1B dan 1C.

“Dengan banyaknya investor yang masuk maka kami diperintahkan untuk mempercepat pembangunan IKN ini tidak hanya di KIPP 1A, tetapi diwilayah pengembangan 1B dan 1C,” ujar Basuki dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR, Senin (28/11/2022).

Adapun pembangunan yang dilakukan pada wilayah pengembangan KIPP 1B dan 1C berupa infrastruktur jalan akses dan land development untuk memudahkan investor memilih lahan.

“Ini akan kita mulai Januari, karena kuartal II (2023) bapak presiden akan mengajak investor untuk menawarkan di daerah mana saja yang akan dibangun investor,” kata dia.

Lebih lanjut, Basuki menyampaikan, beberapa investor tertarik untuk membangun berbagai fasilitas pendukung, seperti kesehatan, pendidikan, MICE, hingga perumahan.

“Pertama investasi di sektor pendidikan, terdapat 41 hektare pada zona 1B, terdiri dari perguruan tinggi, sekolah internasional, hingga lembaga riset swasta,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!