Modal Terjangkau dan Fleksibel, Ini 8 Bisnis Digital yang Layak Dicoba

Modal Terjangkau dan Fleksibel, Ini 8 Bisnis Digital yang Layak Dicoba

rekomendasi.co.id – :

1. Entri Data

Rekomendasi ide bisnis digital yang pertama adalah entri data alias memasukkan informasi atau data menjadi format elektronik atau digital.

Contoh data yang dimasukkan menjadi bentuk digital atau elektronik bisa berupa salinan cetak, ataupun rekaman suara dan video ke bentuk dokumen Word, Excel, maupun software lain sesuai keinginan klien.

Ide bisnis bisa dimulai tanpa memerlukan keahlian khusus selain pemahaman komputer dasar.

2. Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu contoh ide bisnis digital populer dan booming secara online belakangan ini. Secara umum, pekerjaan menjadi seorang desain grafis ialah membuat konten visual yang mampu mengkomunikasikan suatu pesan tertentu.

Sebagai contoh, desainer grafis akan membuat desain logo, template situs web, materi iklan di spanduk, kartu nama, sampul buku, desain baju, dan lain sebagainya.

Karena ruang lingkup jasanya yang terbilang sangat luas, ide bisnis yang satu ini bisa sangat menjanjikan. Untuk bisa memulainya, Anda perlu memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi desain grafis di komputer serta perangkat komputer yang cukup kuat.

3. Desain UI/UX

Sama halnya dengan desain grafis, desain UI/UX juga menjadi salah satu ide bisnis digital yang cukup meledak beberapa waktu belakangan. Alasannya karena permintaan akan jasa ini terus meroket seiring dengan banyaknya permintaan dari pemilik situs web, aplikasi seluler atau web, permainan video, serta perangkat lunak.

Intinya, bekerja sebagai desainer UI/UX adalah memastikan jika situs web atau aplikasi mempunyai tampilan halaman yang mampu dipahami oleh penggunanya.

Sebagai contoh, profesi ini menjamin jika sebuah aplikasi atau situs mudah untuk digunakan, dimengerti, dan diakses oleh para penggunanya. Apabila Anda mempunyai keahlian dalam hal desain serta pemasaran, beralih ke profesi ini tentu bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipilih karena range penghasilannya juga cukup menjanjikan.

4. Jasa SEO

Selanjutnya ada jasa SEO alias Search Engine Optimization yang merupakan bidang profesi yang cukup kompleks sebab membutuhkan kemampuan khusus agar bisa ahli dalam hal tersebut.

Secara umum, peran dari pemberi jasa SEO adalah mengoptimalkan situs agar bisa mendapatkan peringkat atau posisi tinggi pada mesin pencarian internet, seperti, Google atau Bing.

Dengan tingkat permintaan yang terus bertambah dan masih belum banyak orang yang memiliki keahlian tersebut, jasa SEO bisa menjadi ide bisnis digital yang pas untuk dipilih tahun ini.

5. Menulis Artikel

Jika Anda mempunyai kemampuan dalam merangkai kata-kata, tidak ada salahnya untuk menjadikan jasa menulis artikel sebagai ide bisnis digital. Anda bisa menawarkan jasa ini untuk menulis artikel di surat kabar, jurnal, majalah, ataupun situs online.

Topik penulisannya pun bisa disesuaikan dengan pemahaman, seperti, berita, gaya hidup, hasil penelitian, keuangan, ataupun analisis akademik sekalipun. Yang terpenting, selalu perluas pemahaman diri dan terus asah keterampilan menulis agar mampu membuat artikel yang berkualitas.

6. Menerjemahkan Artikel

Apabila Anda fasih dalam beberapa bahasa, terutama bahasa Inggris, mungkin membuka bisnis digital menerjemahkan artikel dapat menjadi peluang yang potensial.

Karena dunia telah saling terhubung berkat adanya internet, jasa penerjemahan begitu penting dan banyak dicari oleh masyarakat dari seluruh belahan dunia. Permintaan menerjemahkan artikel tentu bisa dengan mudah ditemukan di internet melalui platform kerja lepas atau forum khusus.

7. Dropshipper

Bagi yang belum tahu, dropshipper adalah suatu model bisnis di mana pelakunya tak perlu mengeluarkan modal sedikitpun agar bisa menjalaninya. Pasalnya, sistem dropshipping tersebut hanya mengharuskan Anda untuk menawarkan suatu produk atau jasa tertentu dari pihak produsen ke pihak konsumen, atau dalam istilahnya sekadar menjadi penghubung antara kedua pihak tersebut.

Tentunya, keahlian dalam hal marketing dan koneksi wajib dimiliki agar bisa menjadi dropshipper handal.

8. Bisnis Afiliasi

Terakhir, Anda juga bisa mencoba ide bisnis afiliasi, yaitu memasarkan suatu produk pada calon pembeli di mana setiap pembelian yang terjadi akan diberi imbalan komisi. Tanpa modal dan bisa dilakukan dengan jam kerja fleksibel, ide bisnis ini cocok dipilih bagi Anda yang memiliki keahlian berdagang dan pemasaran.

Itulah 8 ide bisnis digital modal terjangkau dan fleksibel yang bisa dicoba untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Tentunya, jika dijalani dengan konsisten, bisnis digital tersebut bisa menjadi sumber pemasukan utama. Nah, di antara rekomendasi di atas, adakah ide bisnis digital yang cocok untuk Anda coba.

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com . Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!