Travel  

Omah Cantrik, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran Khas Kulon Progo

Omah Cantrik, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran Khas Kulon Progo

rekomendasi.co.id – Wisata dekat dengan alam sekaligus wisata kuliner, tentu bisa dilakukan. Omah Cantrik di Kulon Progo menghadirkan suasana pedesaan yang khas dengan sajian berbagai macam kuliner yang tak kalah menarik. Bila anda berkunjung ke Yoyakarta, objek wisata satu ini wajib anda coba. Berikut ulasannya untuk anda.

Mengenal Omah Cantrik di Kulon Progo

Kulon Progo adalah salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang selalu menyimpan daya tariknya sendiri. Tak hanya berbagai wisata alam yang menarik, namun juga kuliner khasnya yang selalu menggoda. Salah satu destinasi wisata yang populer saat ini adalah Omah Cantrik yang menyajikan perpaduan khas antara alam yang asri dan juga sajian kuliner menarik.

Konsep perpaduan wisata alam dan kuliner ini menjadi konsep yang unik dan menarik banyak pengunjung. Tata ruang lokasi wisata ini juga terletak jauh dari perkotaan sehingga kesan pedesaan yang tentram dan damai akan lebih terasa. Tak hanya mencoba kuliner dan bersantai saja, namun anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya yang tak kalah seru.

Bagi para kalangan muda milenial, tempat wisata ini juga cocok djadikan tujuan tempat nongkrong. Banyak spot foto menarik yang dijamin akan menjadikan kualitas foto anda lebih estetik. Sebelum merencanakan liburan bersama keluarga atau teman terdekat, anda harus menyimak informasi tentang Onah Cantrik Dibawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Omah Cantrik

1. Makanan Khas Kulon Progo

Wisata kuliner Omah Cantrik menghadirkan berbagai macam hidangan khas Kulon Progo yang tak biasa anda temukan di Kota. Berbagai macam makanan khas ini dijamin akan membuat anda menemukan sensasi tersendiri dalam citarasa masakan lokal. Harga yang dibandrol pun tidak mahal.

Haga yang masih terjangkau ini juga akan membuat anda puas berwisata kuliner bersama keluarga atau teman teman. Beberapa menu khas yang paling populer disini adalah seperti sayur lodeh khas pedesaan, sayur kates dan oseng pepaya, beragam jenis olahan ikan seperti ikan nila dan ikan lele misalnya, dan juga tak kalah ketinggalan adalah mie jawa yang terkenal.

2. Pemandangan Alam yang Asri

Selain menikmati sajian berbagai macam kuliner yang nikmat, and ajuga tidak boleh melewatkan pemandangan asri khas pedesaan yang tak bisa anda dapatkan di kota. Pemandangan pedesaan yang masih alami ini dijamin membuat anda akan terasa nyaman dan betah berkunjung ke Omah Cantrik.

Ada fasilitas yang bisa anda gunakan bila ingin berkeliling di sekitar desa. Pihak pengelola tempat kuliner ini menyediakan persewaan kendaraan yang unik yaitu jenis mobil Volkswagen atau VW. Persewaan VW ini bisa membuat anda dan keluarga serta teman teman bisa berkeliling bersama menikmati pemandangan pedesaan yang asri.

3. Penduduk Sekitar yang Ramah

Penduduk kulon progo memang terkenal dengan kearifan lokalnya dan penduduknya yang ramah. Anda dan keluarga akan merasa nyaman dengan sambutan penduduk sekitar yang terkenal murah senyum dan gemar menolong. Tak hanya itu, selain mengeliling desa anda juga akan melihat berbagai macam oleh oleh khas yang bisa anda bawa pulang.

Toko oleh oleh ini dikelola oleh penduduk sekitar Omah Cantrik sehingga kesan oleh oleh desa yang unik akan lebih terasa. Beberapa diantaranya terdapat kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk. Seperti misalnya, kerajinan bambu dan daun pandan yang menjadi berbagai jenis peralatan rumah. Dari mulau karpet hingga vas bunga yang cantik.

4. Seniman Kulon Progo

Kulon progo juga dikenal dengan penduduknya yang mempunyai jiwa seni yang tinggi. Hal ini terlihat dari beberapa seniman yang bisa anda temukan saat berkeliling desa dekat Omah Cantrik. Seniman yang unik ini akan membuat siluet dari gambar anda yang akan dibuat diatas selembar kertas.

Lembaran kertas ini akan digunting sedemikian rupa sehingga membentuk siluet wajah anda dengan eloknya. Anda bisa menunggu hasil siluet ini ditempat. Untuk biayanya sendiri sangat terjangkau, untuk satu siluet, anda hanya perlu membayar sekitar Rp 30 ribu saja. Siluet ini juga bisa anda jadikan buah tangan yang unik dan penuh kenangan.

5. Spot Foto yang Estetik

Masyarakat jaman sekarang tak akan melupakan sesi berfoto bila mengunjungi tempat wisata. Hal ini juga bisa anda lakukan di Omah Cantrik. Dengan konsep kuliner yang menyatu dengan alam, menjadikan objek wisata ini akan mempunyai banyak spot menarik untuk berfoto. Berlatar alam yang asri dan rindang, anda akan mendapatkan banyak foto estetik.

Tak hanya pemandangan alam sekitarnya yang menarik untuk dijadikan spot foto, namun lokasi tempat kuliner hits ini pun juga tak kalah estetik. Ada beberapa area duduk dengan desain tata ruang yang cantik. Selain itu terdapat gazebo juga yang bisa anda jadikan tempat istirahat sekaligus spot foto yang menarik.

Alamat, Rute Lokasi dan Jam Operasional

Lokasi alamat Omah Cantrik ini berada di daerah Turus RT 13 RW 05 Kelurahan Tanjungharjo Kecamatan Nanggulan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak lokasi wisata ini dari arah pusat kota sekitar 25,5 km dengan jarak tempuh berkendara adalah sekitar 38 menit. Bila anda bingung anda juga bisa menggunakan bantuan Google Maps.

Tempat ini buka setiap hari, sehingga anda akan bisa merencanakan berkunjung ke lokasi wisata ini dengan leluasa dan bisa berkunjung di hari apa saja. Namun walaupun buka setiap hari, lokasi wisata ini punya jam operasionalnya sehari hari. Jam buka Omah Cantrik adalah antara 11 siang hingga 7 malam waktu setempat.

Harga Menu Makanan Omah Cantrik

1. Harga Menu Makanan dan Minuman

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di Omah Cantrik mempunyai harga yang cukup terjangkau. Kisaran harga makanannya rata rata sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 21 ribu saja per porsinya. Bebagai hidangan khas daerah kulon progo yang tak biasa anda temukan, akan bisa anda nikmati disini.

Beberapa pilihan menu makanan yang tak boleh anda lewatkan adalah seperti Mie Lethek atau dikenal juga dengan nama Mie Jawa. Sajian unik tape bakar, Tempe Garit, Geblek sengek dan Kletikan. Nama sajian makanan tersebut tentu terasa asing untuk anda, namun dijamin akan membuat anda ketagihan untuk mencobanya.

Selain menu makanan yang khas, anda juga akan dibuat bingung dengan berbagai pilihan minuman yang tak kalah nikmat. Kisaran harga minuman di Omah Cantrik adalah sekitar Rp 4 ribu hingga Rp 9 ribu saja per porsinya. Aneka minuman khas hingga minuman segar bisa anda nikmati selagi berkegiatan di sekitarnya.

Beberapa pilihan minuman yang wjaib anda coba adalah seperti Es Beras Kencur, Es Kunir Asem, Wedang Bajigur, Wedang Tape dan Wedang Uwuh. Kisaran harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelolan tempat makan. Sehingga disarankan bila berkunjung kesana anda bisa menyiapkan anggaran lebih.

2. Harga Paket Susur Desa

Tak hanya wisata kuliner yang menarik, namun anda juga bisa berkegiatan lain yang tak kalah seru, yaitu Susur Desa. Kegiatan menyusuri desa dengan menggunakan kendaraan VW ini akan membuat pengalaman berlibur anda menjadi lebih menyenangkan. Ada beberapa paket yang disediakan pengelola yang bisa anda pilih.

Pilihan paket tersebut diantaranya adalalah paket Piknik 200, dimana anda akan mendapat fasilitas trip selama 30 menit dan akan mendapatkan paket makan dan minum dengan menu 4 porsi soto, seporsi mendoan dan 4 teh. Paket yang kedua adalah Piknik 250 yang akan mendapatkan perjalanan keliling desa selama 45 menit dan paket makanan yang sama.

Sedangkan paket ketiga adalah paket Piknik 300 yang akan mendapatkan perjelanan Susur Desa selama 1,5 jam dengan paket makanan yang sama. Namun bila ingin memilih paket trip ini, pengunjung disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Anda bisa melakukan reservasi sebelumnya secara online di no yang tercantum di akun instagram @omahcantrik.

Fasilitas yang Tersedia di Tempat Kuliner

Bila anda berkunjung ke Omah Cantrik terlebih untuk wisatawan dari luar kota, tak perlu khawatir. Karena di tempat ini sudah menyediakan banyak fasilitas yang akan membuat pengunjung betah disana. Beberapa diantaranya adalah seperti fasilitas publik kamar mandi, ruang mushola yang nyaman dan area parkir yang luas.

Selain itu, lokasi wisata Omah Cantrik Kulon Progo ini juga mempunyai fasilitas akses Wifi yang memadai, berbagai spot foto menarik, gazebo, live music, hingga area nyaman untuk mengunjung yang private seperti pilihan Outdoor dan Indoor area. Selain itu, tak lupa pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas protokol kesehatan yang memadai.

Berwisata alam memang tak lengkap bila tidak sekaligus mencoba berbagai macam hidangan kuliner khas daerah setempat. Hal ini bisa anda lakukan sekaligus di Omah Cantrik yang berada di Kulon Progo, Jogja. Sajian khas daerah yang nikmat akan dipadu dengan suasana desa yang tentram dan asri dijamin membuat anda ketagihan, Selamat Mencoba.