Travel  

Owabong Water Park, Objek Wisata Air dengan Beragam Wahana Seru di Purbalingga

Owabong Water Park, Objek Wisata Air dengan Beragam Wahana Seru di Purbalingga

rekomendasi.co.id – Purbalingga memiliki banyak objek wisata yang menarik, dan tak kalah dengan kota wisata di Jawa Tengah lainnya. Salah satunya adalah lokasi wisata Owabong Water Park. Lokasi wisata ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kawan karena banyak wahana menarik yang akan seru dimainkan bersama.

Nama Owabong sendiri merupakan akronim dari nama Objek Wisata Air Bojongsari. Area wisata ini terkenal memiliki banyak wahana permainan yang ramah untuk dikunjungi keluarga. Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini memang terletak di Desa Bojongsari masuk wilayah Kecamatan Bojongsari daerah Kabupaten Purbalingga.

Wahana di Owabong Water Park

1. Zona Coralia 3

Lokasi wisata ini akan dibagi menjadi beberapa wilayah atau zona. Zona yang dianggap paling menantang dan wajib anda coba bila berkunjung adalah zona coralia 3. Pada zona ini anda akan dihadapkan pada berbagai permainan yang menantang dan menguji adrenalin. Namun tak perlu kuatir, karena prosedur keselamatan yang dijalankan sudah aman.

Beberapa jenis permainan yang disediakan antara lain seperti Psicobloc yang merupakan wahana panjat dinding tanpa tali yang berada di atas kolam. Selain itu, pada zona ini juga terdapat wahana Russian Swing Flip yang menggunakan konsep ayunan yang besar yang kemudian akan dijatuhkan ke dalam kolam.

2. Zona Owabong

Zona kedua yang bisa anda pilih adalah Owabong Water Park. Pada zona atau wilayah ini anda akan merasakan bagaimana meluncur pada ketinggian 40 kaki. Pengalaman ini tentu akan sangat menengangkan dan menjadi tak terlupakan. Beberapa jenis wahana yang disediakan antara lain adalah seperti Torpedo, Capsule, dan Spiral.

Ketinggian wahana ini cukup tinggi dan menantang untuk anda coba. Namun bila anda tidak menyukai ketinggian, maka jenis permainan lainnya juga disediakan pada zona ini. Beberapa diantaranya adalah seperti Waterball, kolam arus, istana air, basket air, kolam bebas tsunami dan Ember Tumpah.

3. Kolam Busa

Wahana permainan lainnya bisa anda coba dengan berbagai macam betuk dan tantangan. Salah satu wahana unik lainnya yang disediakan Owabong Water Park adalah kolam busa. Hal ini tentu menjadi menarik karena pengunjung akan dibuat bertanya tanya tentang kolam berbusa dan bagaiman cara bermainnya.

Dengan adanya wahana kolam busa ini pengunjung akan diajak bermain dengan busa putih yang unik. Busa putih ini akan tersebar disepanjang kolam. Warna putih yang seperti salju akan menutupi kolam sehingga akan menjadi pengalaman bermain yang seru. Bahkan dalam kolam ini juga terdapat air mancur yang akan menyemburkan banyak busa.

4. Kolam Ombak Sagara

Bermain air di kolam namun terasa seperti bermain air di laut. Wahana satu ini akan memberikan efek bermain di laut bagi para pengunjung. Dengan adanya wahana ini di Owabong Water Park maka anda akan diberi sensasi berenang dengan ombak. Ombak buatan akan diciptakan dan akan bisa dirasakan selama beberapa menit sekali.

Kolam yang di desain unik ini cukup banyak menyita perhatian pengunjung. Bahkan ombak yang disediakan ini bisa anda rasakan secara berkala sepanjang hari. Namun untuk fasilitas pelindung, kolam ombak ini juga menyediakan pelampung yang berupa ban yang akan bisa anda gunakan agar tidak tenggelam.

5. Wahana Gokart dan Rafting

Selain bermain air, Owabong Water Park juga menyediakan berbagai macam wahana lain yang bisa anda coba. Wahana atau lokasi bermain lainnya ini juga tak kalah menantang daripada wahana air. Beberapa diantaranya adalah Teater 4D yang akan membuat anda mendapatkan pengalaman menonton film dengan efek khusus.

Selain itu, terdapat juga wahana Gokart yang dijamin seru dengan lokasi sirkuit yang menantang. Anda dan keluarga akan bebas balapan dengan puas. Tak hanya itu, ada juga wahana Rafting bagi anda yang ingin dekat dengan alam. Dengan jalur Rafting sejauh 7 kilometer akan membuat anda betah menyusuri sungai Purbalingga.

6. Zipline Coaster

Puncak wahana yang disediakan Owabong Water Park adalah Zipline Coaster. Pengunjung yang menyukai tantangan dan wahana yang memicu adrenalin wajib mencoba wahana satu ini. Wahana Zipline Coaster akan mengajak anda mempunyai pengalaman dalam bermain roller coaster hanya menggunakan tali zip line.

Pengunjung akan merasakan sensasi berayun, menukik hingga meluncur cepat pada ketinggian yang menegangkan. Wahana serupa yang wajib anda coba juga adalah Perahu Mbejujag, arung jeram, Highline Slackline dan Sweeper Jump. Permainan yang seru ini akan dijamin aman dimainkan karena sesuai dengan prosedur keselamatan yang memadai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pada awalnya Owabong Water Park adalah sebuah lokasi kolam renang pribadi yang dibangun pada saat jaman Belanda 1946. Kemudian kolam renang ini diambil alih oleh Tionghoa bernama Kwi Sing. Dan pada tahun 2004, lokasi wisata ini kemudian diambil alih oleh Pemda Kabupaten Purbalingga yang kemudian merenovasinya hingga sekarang.

Lokasi wisata keluarga ini tepatnya berlokasi di Jalan Raya Owabong No.1 di Dusun 2 daerah Bojongsari di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Bila anda ingin menuju lokasi wisata ini cukup mudah. Hal ini karena petunjuk arah ke lokasi wisata terkenal ini sudah sangat banyak sehingga akan memudahkan anda untuk mencari ancer ancernya.

Akses menuju kawasan taman air juga sudah baik. Sehingga bila anda membawa kendaraan probadi seperti motor dan mobil tetap akan terasa nyaman. Bahkan kendaraan besar seperti bus juga akan terasa nyaman melewati akses jalan ke lokasi wisata. Bila anda sudah mulai memasuki wilayah Kabupaten Purbalingga maka anda bisa menggunakan google map.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket masuk lokasi wisata Owabong Water Park masih cukup terjangkau. Sehingga lokasi wisata air ini akan sangat cocok bila dipilih sebagai lokasi wisata keluarga yang hemat namun menyenangkan. Untuk harga tiket masuk ke wisata air ini berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu saja per orangnya.

Namun harga tiket ini juga relatif. Hal ini karena kebijakan harga tiket akan bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan aturan pihak pengelola. Estimasi harga tiket tersebut bisa anda jadikan acuan, namun ada baiknya bila anda membawa anggaran lebih sebelum berkunjung ke lokasi wisata tersebut bersama keluarga.

Owabong beroperasi atau buka setiap hari. Untuk jam bukanya adalah dari mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Lokasi wisata keluarga yang buka setiap hari ini tentu akan memudahkan anda dalam menyesuaikan jadwal perjalanan. Sehingga kapan saja ingin berkunjung anda bisa lebih leluasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Owabong Water Park

1. Berenang dan Bermain Air

Mengunjungi Owabong Water Park tak lengkap rasanya bila tidak bermain air. Banyaknya wahana seru dan kolam renang akan membuat anda tidak boleh melewatkan bermain air disini. Bermain air akan lebih seru dan menyenangkan dengan berbagai pilihan wahana air yang menyenangkan dan menegangkan.

Selain itu, anda juga bisa berenang disini. Akan ada kolam air dengan kedalam yang cukup sebagai tempat beranang yang menyenangkan. Anda bisa membawa pakaian renang pribadi anda sendiri. Untuk fasilitas keselamatan seperti ban atau pelampung bisa anda sewa di tempat lokasi wisata.

2. Menikmati Wahana Permainan

Wahana permaianan yang disediakan tak hanya tentang bermain air. Bila anda ingin bermain namun tidak ingin basah, anda juga bisa memilih berbagai macam wahana alam yang disediakan. Beberapa diantaranya seperti bermain gocart roller coaster dan masih banyak wahana yang memicu adrenalin lainnya.

Selain itu, ada juga Teater 4D dalam Owabong Water Park. Disini pengunjung akan bisa menyaksikan film dengan bantuan efek khusus. Efek ini akan membuat pengalaman menonton film anda akan berbeda dari lainnya. Tempat bermain ini bisa anda pilih bersama keluarga setelah bermain dengan wahana air sebelumnya.

3. Snorkeling

Snorkeling tak perlu harus ke laut. Bila anda salah satu orang yang menggemari kegiatan air satu ini, maka anda bisa menemukannya disini. Cantiknya kehidupan bawah laut di Owabong Water Park tak kalah dengan yang ada di laut. Sehingga pengalaman Snorkeling anda akan tetap terasa menyenangkan dan juga berkesan.

Salah satu yang menjadi daya tarik Snorkeling di Owabong adalah anda dapat bermain dengan ikan terbesar di Hutan Amazon yang terkenal. Ikan tersebut adalah jenis Arapaima Gigas. Pengunjung juga akan diajak menyusuri pemandangan bawah air dengan pemandangan kerajaan kuno yang unik.

Bila anda ingin mengajak anak anak untuk bisa merasakan pengalaman Snorkeling, maka anda juga bisa mengajak mereka untuk ikut menyelam. Owabong sudah menyediakan area snorkeling khusus anak anak yang aman. Saat menyelam ke bawah air, anak anak akan diajak masuk ke dunia Spongebob dan Nemo yang dijamin seru

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waterpark

1. Toilet dan Kamar Ganti

Lokasi Owabong Water Park ini berada pada lahan yang cukup luas dan berada dekat dengan pusat kota. Hal ini menjadikan fasilitas penunjang wisata ini juga sudah lengkap dan akan nyaman untuk para pengunjung. Salah satunya adalah toilet dan kamar ganti yang banyak sehingga pengunjung tak repot berebut dan antri.

2. Area Suvenir dan Restoran

Seperti lokasi wisata lainnya. Owabong juga memiliki area yang menjual berbagai macam suvenir khas Purbalingga. Berbagai macam suvenir ini bisa anda beli sebagai oleh oleh sanak saudara atau teman lainnya. Selain itu, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan restoran yang menjual berbagai macam makanan dan sebagai tempat melepas lelah.

3. Fasilitas Umum

Fasilitas di Owabong sudah cukup lengkap yang pasti akan membuat pengunjung nyaman. Fasilitas seperti adanya kunsi santai dan gazebo di banyak tempat akan memudahkan anda dalam beristirahat sejanak sebelum melanjutkan berbagai wahana permainan. Adanya kantin dan juga tribun akan membuat pengunjung lebih leluasa berkumpul dengan keluarga.

4. Penginapan

Bila anda merupakan pengunjung luar kota dan ingin meninap, maka Owabong Water Park juga sudah menyediakan Zona Cottage. Terdapat tiga tipe kamar yang disediakan dengan berbagai macam fasilitas yang memadai seperti TV kabel, Wi-Fi, AC, shower, dan sarapan. Harga sewa permalamnya berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 850 ribu.

Berlibur bersama keluarga tentu menjadi momen yang ditunggu tunggu. Banyak lokasi wisata yang bisa anda pilih untuk menikmati waktu bersama orang terkasih. Objek wisata dalam kota yang masih dekat dengan alam ini bisa menjadi pilihan yang terbaik. Selain akses ke lokasi yang mudah, anda akan dimanjakan dengan berbagai wahana menantang. Selamat berlibur!