News  

Pandemi, Jasa Kirim Produk Ekspor Terima Berkah Naiknya Permintaan

Pandemi, Jasa Kirim Produk Ekspor Terima Berkah Naiknya Permintaan

JawaPos.com –Perusahaan jasa pengiriman barang yang fokus melayani ekspor, Abang Express terus berupaya meningkatkan pelayanan guna memberikan kemudahan bagi pelanggannya, khususnya pelanggan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh pelosok Indonesia.

Saat ini telah ribuan UMKM telah menerima pelayanan perseroan dalam mengirimkan produknya ke manca negara.

Direktur sekaligus Owner Abang Express Alwi menjelaskan, perusahaan didirikan guna membantu pelanggan, khususnya UMKM melakukan ekspor produknya seperti melakukan pengiriman barang di dalam negeri.

“Banyak sekali orang bicara ekspor, tapi bagi UMKM menilainya itu sesuatu yang sulit. Harus dengan volume yang besar, mahal, perizinannya sulit dan segala macam. Atas dasar itu, kita ingin membantu para UMKM Indonesia biar ekspor lebih mudah, dengan biaya murah,” ujar Alwi.

Menurut Alwi, perusahaan ekspres dan logistik yang fokus melayani ekspor di Indonesia masih sangat sedikit. Padahal, Indonesia punya peluang ekspor produk yang sangat besar.

“Kalaupun ada, itu yang skala besar atau B to B (business to business) yang menggunakan kontainer dengan volume berton-ton. Sementara kita melayani walaupun itu beratnya cuma sekilo atau setengah kilogram, kita bisa ekspor,” kata Alwi.

Untuk menangkap pasar UMKM ekspor tersebut, menurut Alwi, pihaknya telah mendirikan banyak agen di daerah-daerah. Saat ini, total ada228 agen yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Disebutkan Alwi, selama pandemi covid-19 justru menjadi berkah karena pegiriman ke luar negeri melimpah. “Alhamdulillah pengiriman ekspor dari 2021 ke 2022 malah naik 30 sampai 40 persen,” katanya.

Untuk jenis produk yang dikirim sendiri, kata dia, sekitar 50 persen adalah produk makanan, 30 persen pakaian, serta 20 persen produk kosmetik, dan lainnya.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.