Travel  

Panduan Jam Makan, Penting Diikuti Biar Berat Badan Stabil

Panduan Jam Makan, Penting Diikuti Biar Berat Badan Stabil

rekomendasi.co.id – Makan Lahap/ Foto: Shutterstock

Dream – Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang merupakan kunci dari metabolise yang baik. Tidak hanya itu, memilih waktu makan yang tepat ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Penting untuk makan di jam yang tepat dan sesuai sehingga tubuh merasakan manfaatnya. Pasalnya, waktu makan yang salah dapat mengakibatkan makanan tidak bisa dicerna dengan maksimal sehingga bisa menyebabkan perut kembung, tak nyaman atau kenaikan berat badan.

Pastikan Sahabat Dream sarapan, makan siang dan makan malam di waktu yang tepat. Berikut panduannya.

SarapanWaktu sarapan yang baik adalah sekitar jam 7 pagi. Selain itu, usahakan untuk sarapan makanan yang hangat dan kaya akan serat karena lebih lembut untuk pencernaan tubuh manusia. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal hangat, bubur, atau telur rebus untuk memulai harimu.

Makan Siang

Makan siang merupakan waktu yang ideal untuk mengisi perut dengan makanan sehat bernutrisi. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehat pada sekitar jam 12.30 – 14.00 siang.

Makan MalamUntuk mengurangi perut kembung dan penuh gas di malam hari, konsumsi makanan ringan minimal 2 jam sebelum tidur. Kamu bisa mengonsumsi makan malam pada jam 18.30 sampai 20.00 malam. Serta pastikan untuk memberi jarak waktu 4-6 jam di antara jam makan utama.

Camilan

Kamu bisa menikmati camilan sehat dengan mengonsumsi buah sebelum makan. Waktu antara sarapan dan makan siang bisa menjadi waktu yang ideal dan bermanfaat untuk mengonsumsi buah. Pastikan juga untuk tidak mengonsumsinya setelah jam 11 siang. Meminum jus buah di sore hari juga dapat membuat perut sehat dan meningkatkan energi di kala lelah. Idealnya, coba minum jus sebelum jam 16.00.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Times of India