Travel  

Panorama Cantik Gunung Lanang, Sisi Keindahan Lain Dari Kulon Progo

Panorama Cantik Gunung Lanang, Sisi Keindahan Lain Dari Kulon Progo

rekomendasi.co.id

Alamat: Sibolong, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674Map: Klik DisiniJam Buka: 06.00-20.00 WIB (Senin-Mingu)No. Telp: 0857 2617 2999

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 3.000,-Parkir Motor: Rp 2.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Menjadi salah satu destinasi favorit ternyata tak membuat kocek masuk ke Gn. Lanang ini mahal. Kamu bisa menikmati panorama alam serta kesejukan nuansa sekitar dengan budget yang sangat murah.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3ribu saja, murah bukan? Selain itu, kamu juga harus membayar tiket parkir untuk sepeda motor 2ribu dan mobil 5ribu. Hanya dengan kocek segitu kamu sudah bisa menikmati kecantikan alam yang utuh dari Puncak Gn. Lanang.

Kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi lanjutan setelah mengunjungi Pantai Glagah atau Pantai Congot. Jarak antara Gn. Lanang dengan kedua wisata tersebut lumayan dekat kok.

Rute Perjalanan

Lokasi daripada wisata alam ini berada di Desa Jatimulyo, Kulon Progo. Akses menuju wisata ini bisa memakai jalur ke arah Goa Kiskendo. Kendaraan yang dianjurkan untuk melewati jalanan menuju ke Gn. Lanang ialah sepeda motor, karena kamu akan menemui banyak tanjakan, turunan, dan kelokan.

Rute yang bisa kamu pilih jika dari Jogja ialah Jalan Godean-Pasar Kenterng-Goa Kiskendo-Gunung Lanang. Dari pusat kota Jogja, menujulah ke Jalan KH Ahmad Dahlan-Jalan Wates. Sesampainya di perempatan Jalan Wates, arahkanlah kendaraanmu ke Utara menuju Jalan Ringroad barat-Jalan Godean.

Dari Jalan Godean lurus terus kearah barat sampai dengan Jalan Raya Pasar Kenteng-Jalan Watu Murah-Jalan Raya Kaligesing. Setibanya di Jalan Raya Kaligesing, ikuti papan petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju Puncak Gn. Lanang. Estimasi jarak tempuh dari Kota Jogja ialah sekitar 29 kilometer dengan waktu kurang lebih 56 menit, tergantung kecepatan.

Sesampainya di area wisata, kamu harus melanjutkan perjalananmu dengan jalan kaki untuk bisa mencapai Puncak. Pendakian menuju puncak akan terasa mudah karena jalan setapak yang membentang sejauh 150 meter ini sudah dialasi dengan semen beton.

Fasilitas Wisata

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup diperhitungkan di Kulon Progo membuat pengelola Gunung istimewa ini berusaha untuk memberikan fasilitas penunjang memadai. Dengan tujuan para pengunjung akan merasakan kenyamanan saat berwisata ke tempat ini,

Beberapa fasilitas di atas puncak Gunung seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung makan, gasebo, dan ada spot foto cakep berupa gardu pandang lho. Semakin bertambahnya pengunjung Gn. Lanang, tentu fasilitas yang ada akan terus ditambah.

Dengan memanfaatkan tiga gardu pandang yang ada disini, kamu bisa berfoto dan berpose di spot cantik tersebut. Seakan mendapatkan keuntungan double jika berkunjung kesini yaitu selain dimanjakan dengan panorama alamnya, kamu juga dapat stok foto baru nan kece.

Tentang Gunung Lanang

Kulon Progo adalah salah satu daerah di Yogyakarta yang sangat terkenal sekali dengan wisata alamnya. Sekarang di Kulon Progo sudah cukup banyak sekali pilihan tempat wisata yang sangat recommended untuk dicoba, salah satunya Gunung Lanang.

Sejatinya Gunung Lanang ini tidak hanya ada di Kulon Progo namun ada juga di Banjarnegara, Wonosobo, Pacitan, Lawu, Di kedua daerah ini Gunung Lanang sama-sama dijadikan sebagai destinasi wisata alam.

Sebenarnya wisata alam ini hanyalah sebuah bukit yang dikelilingi oleh pepohonan pinggir laut dan tingginya hanya 500 m2. Dulunya bukit ini adalah tempat bertapa seorang laki-laki bangsawan dari kerajaan Mataram Kuno.

Hingga sampai sekarang selain dijadikan sebagai destinasi wisata, wisata alam ini juga dimanfaatkan sebagai tempat mencari wangsit untuk mendapatkan kelancaran karir atau memperoleh keberkahan. Nah, di Kulon Progo sendiri Gunung Lanang ada di dua tempat yang berbeda yakni Gunung Lanang Astana Lingga dekat Pantai Glagah dan Gunung Lanang di Perbukitan Menoreh.

Dulunya Puncak Gunung Lanang ini dijadikan sebagai tempat besemedi oleh Nyi Rantam Sari dan Kyai Lanang. Itulah mengapa Goa yang ada di kawasan wisata ini kini dijadikan tempat bertapa oleh masyarakat sekitar.

Ada mitos yang menyebutkan jika seseorang melakukan ritual bersemedi di goa Puncak Gunung Lanang ini dengan membawa Gula Jawa, maka gula tersebut akan menyala bila dibakar dan kemudian orang tersebut akan mendapatkan kesaktian.

Puncak bukit ini juga kerap dijadikan spot untuk menikmati sunrise maupun sunset oleh para pengunjung. Pemandangan yang ditawarkan dari atas puncak seperti keindahan Kota Wates dari ketinggian, Gn. Merapi dan juga Gn. Merbabu.

Gunung Lanang Wonosobo

Selain megulik Gunung Lanang yang ada di Kulon Progo, kamu pun perlu mengetahui Gunung Lanang di Wonosobo. Letaknya berada di sebuah perbatasan beberapa Desa Mergolangu, Kalibawang dengan Desa Gumelar, Wadaslintang, Wonosobo.

Ketinggiannya pun bisa dibilang tidak terlalu tinggi yaitu hanya 1.101 Mdpl. Gunung Lanang menjadi puncak dari sebuah dataran tinggi yang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Purworejo. Setidaknya ada sepuluh puncak yang mendiami dataran tinggi ini.

Tempat ini memiliki mitos yang masih dipercayai oleh masyarakat sekitar sampai dengan sekarang. Ada seorang pemuda yang nekat mempertahankan cintanya meskipun tidak direstui oleh orang tuanya, kemudian dikutuklah dia.

Selain itu, masyarakat juga meyakini bhawa Gunung Tampomas merupakan Gunung Wadon pasangan dari Gunung Lanang. Gunung Lanang sendiri merupakan titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan.

error: Content is protected !!