Travel  

Pantai Empu Rancak, Menikmati Panorama Sunset Sembari Kulineran di Jepara

Pantai Empu Rancak, Menikmati Panorama Sunset Sembari Kulineran di Jepara

rekomendasi.co.id – Pantai Empu Rancak di Jepara atau yang dikenal juga dengan nama Purancak. Tempat liburan jelajah keindahan bahari dari kota Jepara, Jawa Tengah. Pantai berpasir putih ini juga memiliki air pantai yang elok gradasi hijau tosca.

Ombak pantai utara memang tidak setinggi pantai di selatan yang membuatnya aman digunakan untuk berenang. Keindahan pantai semakin terasa menjelang sore hari. Pantai cantik ini dikenal dengan olahan ikan laut dan seafoodnya yang melimpah dijual di pinggir pantai.

Pantai Empu Rancak bisa dijadikan tempat main seru untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sebelum berkunjung ada baiknya cari tahu terlebih dahulu daya tarik yang dimiliki pantai, alamat, harga tiket masuk, kegiatan yang bisa dilakukan serta fasilitas apa saja yang ada disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Empu Rancak

1. Pasir pantai berwarna putih

Pasir pantai yang berwarna putih memiliki pesona tersendiri. Pasir putih memiliki kesan bersih, halus di kali dan lebih menarik perhatian dibandingkan pasir pantai berwarna hitam. Butiran pasir yang halus memberikan sensasi nyaman di kaki.

2. Nuansa Jawa- Jepara yang kental

Salah satu ciri dari Pantai Empu Rancak yang ada di Kota Jepara adalah memiliki unsur Jawa khususnya daerah Jepara yang khas. Kekhasan itu bisa dilihat dari adanya bangunan gapura, gazebo, area berjemur dan bangku taman yang memiliki ukiran dengan motif ukiran Jepara.

Bangku dan area berjemur terbuat dari semen. Ada pula bangunan mushola dengan arsitektur mirip Masjid Agung Demak lengkap dengan Menara Kudus.

3. Pesona Terumbu karang

Terumbu karang ada di pinggiran pantai membentuk jajaran yang eksotis. Keindahanya semakin terlihat dengan adanya tanaman pandan tinggi yang membuat pinggiran pantai menjadi rindang. Pengunjung bisa berteduh di bawah pohon pandang sembari melihat gelombang ombak yang silih datang bergantian.

4. Pelabuhan bagi nelayan

Di tepian pantai ada sebuah mini pelabuhan yang digunakan oleh nelayan untuk melabuhkan perahu usai berlayar. Perahu berwarna-warni menambah daya tarik untuk Pantai Empu Rancak Jepara. Pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan mencari ikan secara langsung. Perahu yang ada juga bisa disewa oleh pengunjung untuk berkeliling area pantai.

5. Jalan setapak untuk olahraga

Pantai eksotis ini punya fasilitas jalan setapak yang menjadi tempat untuk olahraga seperti jalan kaki dan bersepeda sambil menikmati keindahan laut biru. Jalanan setapak ini menjadi daya tarik tersendiri karena menjadi ikon tersendiri untuk pantai eksotis ini.

6. Kecantikan Sunrise dan Sunset

Menikmati keindahan Pantai Empu Rancak secara maksimal bisa dilakukan dalam dua waktu yaitu pagi dan sore hari. Pagi ketika matahari hendak terbit sampai ke singgasananya dan sore hari sebelum langit kehilangan sinar terang dari matahari.

Perbedaan suasana sunrise dan sunset, sunrise langitnya berwarna kebiruan akibat dari efek Rayleigh. Saat sunset cahaya kuning akan berganti menjadi jingga kemerahan dan perlahan menghilang.

7. Banyak kuliner khas Jepara

Menikmati keindahan pantai semakin terasa mantap dengan adanya berbagai kuliner yang menyenangkan indra penciuman. Pengunjung bisa memilih menu ikan pindang serani, cumi asam manis, ikan bakar, dan aneka olahan seafood lainnya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Pantai Empu Rancak Jepara adanya di Desa Karanggondang. Pantai indah ini masuk ke dalam kecamatan Mlonggo, Jawa Tengah. Lokasinya ada di antara Pantai Bondo dan Pantai Blebak.

Dari Kota Jepara perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju kawasan pantai. Rutenya dari Jalan Jepara ke Bangsri lalu arahkan kendaraan menuju Mlonggo.

Harga Tiket Masuk Pantai

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Empu Rancak Gratis di hari Senin dan Kamis. Gratis juga untuk biaya parkir motor Senin sampai Kamis kecuali tanggal merah. Sedangkan untuk hari Jumat sampai Minggu harga tiket masuknya Rp 3.000,- untuk kendaraan motor.

Harga tiket masuk jumat sampai minggu untuk mobil sebesar Rp 5.000,- untuk biaya parkirnya sebesar Rp 5.000,- jadi total jika membawa kendaraan mobil membayar biaya masuk Rp 10.000,-

Harga berbeda untuk tanggal libur dan tanggal merah. Kendaraan bus pada hari libur dikenalkan biaya masuk sebesar Rp 40.000,- sedangkan di weekend harga tiket masuk Rp 10.000,-. Biaya parkirnya untuk bus Rp 10.000,-

Tambahan biaya untuk pengunjung yang menyewa ban kecil sebesar Rp 5.000,- ban besar Rp 10.000,- lalu biaya untuk ke toiletnya Rp 3.000,- saja. Toilet ini bisa dipakai untuk buang air, hajat dan bilas.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Pantai Empu Rancak

1. Berburu kuliner

Berburu kuliner ketika baru sampai jadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Warung makan melengkapi fasilitas untuk pengunjung dengan gazebo dan payung-payung yang menghalau sinar matahari supaya nyaman makan disana.

Aneka makanan yang tersedia berupa olahan seafood, ikan laut dan makanan khas Jepara lainnya. Olahan ikan dan seafood fresh merupakan hasil dari tangkapan nelayan yang ada di Pantai Empu Rancak.

Harga makanan dan minumannya pun sangat ramah di kantong. Harganya terbilang normal, tidak ada unsur kenaikan harga. Setelah puas makan di tempat, pengunjung bisa membawa pulang berbagai olahan seafood untuk oleh-oleh buah tangan dari Jepara.

2. Menyusuri jalan setapak sembari melihat keindahan pantai

Perut kenyang dan energi sudah kembali terisi saatnya untuk membakar kalori yang masuk dengan berjalan kaki di sepanjang jalan setapak. Jalur yang ada di tepian pantai ini sangat menyegarkan. Adanya deburan ombak, angin yang berhembus serta keindahan air laut jadi pesona keindahannya.

3. Bermain pasir pantai yang putih

Setelah dari jalan setapak sampai di bibir pantai, pengunjung langsung di perlihatkan pada keindahan pasir Pantai Empu Rancak yang putih, bersih dan juga lembut.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di area pasir pantai antara lain berjemur, membuat istana dari pasir dengan peralatan sederhana, mengukir nama di atas pasir, dan bila datang berkelompok bisa mencoba permainan voli pantai.

Jika sedang dalam mode healing pengunjung bisa sekedar jalan-jalan dan mengabadikan momen di area pinggir pantai cantik ini.

4. Bermain air dan berenang

Kelebihan renang di pantai adalah adanya ombak yang tidak terlalu besar sehingga pengunjung yang datang bisa berenang di air pantai. Kegiatan berenang akan semakin asyik karena tersedia tempat penyewaan ban, ada dua ukuran ban besar dan juga kecil. Berenang di air laut ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain:

5. Air laut kaya akan mineral

Air laut mengandung magnesium, kalsium, sulfat, dan natrium. Kandungan mineral tersebut efektif menyembuhkan berbagai gejala penyakit kulit. Garam ternyata juga menjadi scrub alami kulit sehingga setelah berenang kulit jadi lebih halus dari sebelumnya.

6. Menurunkan tekanan darah dan juga menstabilkan detak jantung

Posisi tubuh saat berenang umumnya horizontal. Posisi ini sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan memperlambat kinerja dari jantung. Faktanya jantung menjadi bekerja lambat 5-6 detik ketika sedang berenang.

7. Berenang meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berenang di air laut secara langsung memiliki manfaat dari segi kesehatan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Suara gemericik ombak ampuh menjadi penenang untuk bisa cepat tidur. Melihat keindahan pantai saja sudah bisa membantu menghilangkan stress karena kesibukan harian.

8. Aksikan diri dengan berselfie

Area foto menarik yang ada di Pantai Empu Rancak Jepara yaitu pecahan karang di tepian pantai, area pintu masuk bertulisan nama “Pantai Empu Rancak”, pinggiran pantai view lautan, jogging track dan dekat dengan mini pelabuhan. Berfoto bersama kapal berlagak seperti nelayan bisa jadi tambahan koleksi feed nih.

9. Berkeliling Pantai Naik Perahu

Ada banyak perahu nelayan yang terparkir di mini pelabuhan. Perahu ini ada yang disewakan untuk pengunjung yang datang supaya bisa berkeliling. Harga sewa per jamnya bisa ditanyakan langsung ke pemilik perahu ya. Rasanya naik perahu keliling pantai tentunya seru dan jarang ditemukan di pantai lain.

Fasilitas yang telah tersedia

Harga tiket masuk yang murah tidak membuat pihak pengelola mengabaikan dari segi fasilitas. Tersedia aneka warung makan yang sudah dilengkapi dengan gazebo dan bangku beratap. Kemudian ada pula toilet umum yang perlu membayar untuk menggunakannya.

Area parkir gratis bagi kendaraan roda dua di hari biasa, area parkir luas bagi kendaraan roda empat maupun bus pariwisata. Dari segi entertainment juga diperhitungkan dengan memberikan area untuk berfoto.

Kids play juga ada namun fasilitasnya belum begitu lengkap. Penyewaan ban untuk berenang juga sangat membantu pengunjung karena tidak perlu membawa pelampung atau ban dari rumah. Jalan ke arah pantai ini juga sudah sangat bagus jadi tidak ada alasan untuk tidak mampir kesini.

Itulah keindahan salah satu pantai cantik di Kota Jepara, Pantai Empu Rancak. Pantai ini memang aktif dipakai untuk mencari ikan jadi tidak heran bila banyak ditemui perahu nelayan yang sedang berlabuh. Keindahan pantai berpasir putih, gulungan ombak yang tidak terlalu tinggi, segarnya air laut jadi rekomendasi ketika ada di Jepara.