Travel  

Pantai Gesing, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Gesing, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia, misalnya di DI Yogyakarta. Yogyakarta itu sendiri merupakan salah satu kota di pulau terpadatnya Indonesia yang masih cukup terkenal di kalangan wisatawan, dikarenakan oleh prestasi akademik, unsur budaya, keramahan lokal, dan keindahan alam. Jogja tidak akan pernah berhenti memanjakan siapapun yang berlibur di kota tersebut karena terdapat berbagai kawasan wisata dengan daya tarik tersendiri, terutama di Gunung Kidul.

Jika Anda tinggal di sekitar Gunung Kidul, Anda dapat mengunjungi Pantai Gesing, pantai yang sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri tetapi mungkin belum terekspos ke dunia luar lebih jauh sehingga saat ini masih sepi akan pengunjung. Makanya terlihat bahwa kawasan wisata tersebut masih cukup asri dan dijamin akan membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya mengenai pantai cantik di Gunung Kidul.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gesing

Sebagai salah satu pantai yang berlokasi di Gunung Kidul, Pantai Gesing menyediakan berbagai daya tarik tersendiri yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi pantai penuh potensial meski sepi pengunjung ini. Adapun daya tarik dari pantai tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pantai Nelayan

Pantai ini juga dikenal dengan nama pantai nelayan dikarenakan terdapat deretan kapal-kapal nelayan yang bersandar di bibir pantai. Meskipun tidak sebesar pantai nelayan lainnya seperti Pantai Sadeng ataupun Pantai Ngrenehan, Pantai Gesing juga dijadikan destinasi bagi para pecinta ikan. Dengan adanya sebutan itu pula Anda dapat memancing ikan di kawasan wisata tersebut, dengan catatan harus membawa peralatan memancing tersendiri.

2. Tempat yang Cukup Terpencil

Pantai Gesing adalah satu di antara sederetan pantai yang berlokasi di pantai bagian selatan Jawa Tengah, sehingga dapat dikatakan bahwa letaknya cukup terpencil dan akan memakan banyak waktu untuk dijangkau dari arah manapun. Meskipun demikian, akses jalannya sudah sangat baik dan nyaman meskipun cukup menantang. Pantai tersebut juga dibilang masih sepi pengunjung sehingga masih dikatakan asri.

3. Pesona di Pantai dan Sekitarnya

Termasuk pantai yang masih asri namun terlihat cukup sempit karena diapit oleh tebing karang di kedua sisi kiri-kanan dan berbentuk seperti teluk. Meskipun demikian, lautnya menyajikan gradasi warna kedalaman air yang cantik dan dapat disaksikan secara jelas. Selain itu, karena adanya tebing itulah angin dari laut seringkali terhalang oleh tembok karang di sekitarnya. Karena itulah, ombaknya terbilang kecil serta dapat menciptakan suasana tenang dan rileks, terasa seperti bermain di pantai secara privat.

Pantai Gesing juga berada di balik barisan pohon cemara pantai. Di sekitarnya, terdapat hamparan pasir yang berwarna putih halus, yang sejatinya juga merupakan ciri khas kebanyakan pantai di Gunung Kidul. Jangan khawatir, karena meskipun pantai tersebut tidak terlalu lebar dan landai, ternyata masih banyak ruang yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

4. Tebing Gesing

Pantai cantik ini diapit oleh dua tebing karang yang dapat dijelajahi secara mudah. Dikatakan hal demikian karena salah satu sisi tebing (di sisi barat) memiliki jalan setapak yang cukup nyaman untuk ditapaki hingga Anda bisa naik ke atasnya. Dari atas tebing, Anda dapat menikmati pemandangan atau bahkan angin laut di sekitar pantai. Intinya, seluruh keindahan pantai, termasuk pula gradasi warna laut yang disebabkan oleh adanya perbedaan kedalaman laut, dapat Anda saksikan secara optimal setelah menaiki tebing.

5. Spot Swafoto Keren

Jika Anda berkunjung ke Pantai Gesing, rasanya tidak afdol jika Anda tidak mengabadikannya dengan baik. Ternyata, di sekitar kawasan wisata tersebut terdapat spot foto terbaik di kawasan tebingnya. Tentu saja semua wisatawan sepakat bahwa segala pemandangan laut, pantai, dan bukit dapat dilihat dari atas tebing. Oleh karena itu, pengelola membuat taman khusus swafoto di area ini, namun Anda akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah untuk dapat berfoto dengan latar belakang laut dan aneka instalasi kreatif lainnya.

Selain itu, spot foto lainnya yang populer namun dapat diabadikan secara cuma-cuma adalah sebuah jembatan cinta yang terbuat dari kayu dan berada di bukit batu dengan dominasi semak belukar yang tumbuh secara liar. Dari titik tersebut, Anda bisa mendapatkan latar laut serta tebing karang di sisi timur, atau bahkan sekadar menyaksikan sunset. Selain itu, spot foto lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah dua karang yang kokoh berdiri namun menghadirkan rona yang berbeda, serta beberapa kapal nelayan yang mondar-mandir.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Gesing berlokasi di Padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, yang mana terletak berdekatan dengan pantai-pantai hits lainnya, seperti Pantai Grigak, Pantai Kesirat, Pantai Wohkudu, Pantai Pundong, dan Pantai Ngunggah. Anda hanya bisa pergi ke kawasan wisata tersebut dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 40 kilometer, Anda dapat melalui dua jalur, yaitu jalur Wonosari dan jalur Imogiri. Rute melalui Wonosari, yaitu melewati Piyungan, Pathuk, Playen-Paliyan hingga Panggang, dinilai lebih memakan banyak waktu karena harus memutari kota Wonosari terlebih dahulu dan dapat memakan waktu sekitar lebih dari dua jam, sedangkan rute melalui Imogiri – Panggang dengan melewati Ringroad Selatan terbilang lebih cepat, yaitu cukup memakan waktu sekitar 1,5 jam, karena cukup sepi akan kendaraan. Namun, Anda harus berhati-hati karena di beberapa titik masih terdapat jalan yang masih rusak dan beralaskan batu kapur, serta ada tanjakan yang cukup curam dan belokan-belokan yang tajam, dan meskipun demikian, akses menju pantai tersebut terbilang cukup mudah karena dilengkapi papan petunjuk.

Untuk dapat memasuki kawasan Pantai Gesing, Anda cukup membayar 10 ribu per orang, ditambah 2 ribu rupiah untuk uang parkir kendaraan motor serta 5 ribu rupiah untuk uang parkir kendaraan roda empat. Selain itu, kawasan wisata tersebut dibuka selama 24 jam, namun jika ingin mendapatkan pengalaman berlibur yang maksimal, datanglah ketika menjelang waktu matahari terbit dan matahari terbenam agar sekalian mendapatkan suasana sunrise dan sunset.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Gesing

1. Memancing

Bagi Anda sang pecinta mancing mania, tapi bingung mau cari tempat yang pas, Anda dapat memanfaatkan Pantai Gesing sebagai salah satu tempat yang potensial, di mana masih banyak ikan yang hidup di pantai tersebut. Namun, Anda harus membawa alat pancing tersendiri karena tidak disediakan jasa penyewaan alat-alat tersebut.

2. Berfoto Ria

Anda juga dapat mengambil gambar atau video, terutama bagi Anda sebagai penggemar dunia fotografi. Di sekitar pantai, Anda dapat melihat dan menyaksikan berbagai keindahan alam yang eksotis, baik dari pantai itu sendiri, tebing, laut, hingga perahu-perahu dengan berbagai keunikan tersendiri. Bahkan, tempat berlabuhnya kapal nelayan dan tebing dapat dijadikan spot menarik untuk berfoto.

3. Menikmati Sajian Kuliner

Selain itu, Anda dapat memesan menu makanan dan minuman yang disediakan di sekitar kawasan pantai. Di situ, Anda dapat mencoba menu kuliner seafood khas Wonosari, terutama yang berbahan dasar ikan, misalnya ikan mujair, ikan kerapu, dan ikan kakap, karena ikan-ikan di situ masih sangat segar dan merupakan hasil tangkapan asli dari para nelayan yang ada di sana yang kemudian langsung diolah menjadi berbagai menu yang siap menggugah selera. Tidak hanya itu saja, tersedia pula jenis seafood yang lain seperti cumi, udang, dan lobster.

Selain itu, Anda juga dapat membeli ikan secara langsung di tempat pelelangannya dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya, ikan yang didapat tersebut akan diolah dengan beberapa cara masak seperti sambal rica, asam manis, goreng, atau bahkan dibakar. Namun, rasa yang dianggap paling juara oleh masyarakat sekitar adalah saus asam manis yang benar-benar menggoda karena bumbu yang digunakan dapat menyatu ke dalam ikan.

4. Menikmati Sunset

Tidak hanya sampai di situ saja, Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang dijamin akan memukau siapapun yang mendatangi Pantai Gesing. Bayangkan, matahari turun membawa sinar merah dan oranye, kemudian dipadu dengan bebatuan karang dan beberapa kapal nelayan. Dijamin, rona siluet yang dihadirkan benar-benar menggemaskan. Siapa sih yang tidak mau mengabadikan momen tersebut?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

1. Toilet dan Kamar Bilas

Bagi Anda yang senang bermain air atau berenang di tepi pantai, Anda dapat menggunakan semacam kamar bilas untuk membersihkan diri, atau Anda dapat menggunakan toilet untuk memuaskan hajat buang air. Fasilitas tersebut merupakan fasilitas yang seringkali disediakan di setiap tempat wisata, dan terlebih lagi tersedia belasan pintu yang dapat digunakan.

2. Warung Makan

Setelah merasa lelah bermain di pantai, Anda harus mencoba berbagai kuliner laut yang bisa dijajal di warung makan yang tersedia di Pantai Gesing. Tersedia hidangan seafood mulai dari ikan bakar, cumi, udang, ikan pari, dan lobster. Harganya cukup terjangkau, serta bahan-bahannya dijamin asli karena ditangkap langsung oleh nelayan dari laut dan dijamin segar.

3. Penginapan

Bagi Anda yang merasa belum puas dalam menjelajahi keindahan dari berbagai pantai yang tersedia di Gunung Kidul, atau bahkan belum bisa move on dari pantai, Anda dapat menikmati penginapan yang ada di sekitar kawasan wisata, seperti berbagai hotel ataupun home stay, dengan fasilitas dan harga yang tidak akan jauh berbeda, namun semoga terjangkau. Namun, jika Anda ingin sedikit berhemat, Anda dapat menikmati area camping di sekitar kawasan wisata. Dijamin, Anda dapat menikmati malam secara menyenangkan, dengan bintang-bintang di langit, serta deruan ombak yang tidak akan pernah berhenti membuat suasana yang syahdu, apalagi jika ditambah dengan api unggun.

4. Area Parkir

Bagi Anda yang merasa ragu untuk memarkirkan kendaraan, jangan khawatir, karena di kawasan Pantai Gesing, area parkir yang disediakan cukup luas. Bahkan, menariknya lagi, area parkir tersebut juga digunakan bagi pengunjung pantai di sekitarnya, yaitu Pantai Buron.

5. Mushola

Bagi Anda yang merupakan penganut agama Islam, Anda dapat menunaikan ibadah shalat di mushala yang telah disediakan. Biasanya, mushola disediakan di sekitar tempat warung makan atau toilet berada, sehingga Anda dapat sekalian melakukan buang hajat, lalu wudhu, dan bisa menunaikan sholat dengan tenang, sehingga tidak perlu mencari masjid jauh-jauh lagi.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pantai Gesing yang hits di Gunung Kidul. Meski tidak terlalu luas, namun pesona eksotisme yang ditawarkan baik dari pantai maupun tebing yang mengapitnya akan sangat membuat liburan Anda nantinya menjadi lebih berkesan. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari keramaian serta fasilitas yang lengkap dan memadai merupakan nilai tambah dari pantai di Gunung Kidul ini. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di pantai eksotis ini?