Travel  

Pantai Jolosutro, Menikmati Indahnya Panorama Laut Nan Eksotis di Blitar

Pantai Jolosutro, Menikmati Indahnya Panorama Laut Nan Eksotis di Blitar

rekomendasi.co.id – Menikmati wisata pantai di Blitar saat liburan adalah pilihan yang tepat, karena di kota ini terdapat sebuah pantai yang memiliki panorama pantai sangat indah yaitu Pantai Pantai Jolosutro. Lokasi pantai ini berada cukup jauh dari pusat kota yang berjarak sekitar 45 km.

Pantai Jolosutro berada di sebuah teluk kecil yang diapit oleh perbukitan dan memiliki garis pantai yang panjang berpasir hitam. Sehingga pantai di Blitar ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Karena pemandanganya sangat indah, dan pantai pasir yang cukup luas ini bisa digunakan untuk bermain pasir anak-anak dengan leluasa.

Daya Tarik Wisata Pantai Jolosutro

1. Memiliki Garis Pantai yang Panjang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Jolosutro memiliki garis pantai yang panjang. Sehingga wisatawan bisa leluasa untuk bermain disekitar pantainya. Terutama saat datang ke pantai ini bersama anak-anak, mereka bisa bebas bermain pasir untuk membuat istana pasir, menggali lubang berisi air laut atau menggambar di pasir pantai.

Selain itu di pantai ini juga terdapat kebun pinus yang menjadikan kawasan pantai menjadi tampak sangat asri. Di bawah pohon pinus yang rindang ini, para orang tua bisa duduk santai dan berteduh, sambil mengawasi anak-anak yang sedang bermain di pantai

2. Pemandangan Pantai dan Laut Yang Eksotis

Pemandangan pantai disini sangatlah indah dan eksotis, karena memiliki pasir hitam dan air lautnya berwarna biru yang jernih. Ditambah lagi wisatawan juga dapat menikmati keindahan dari gugusan batu karang yang berdiri kokoh di sekitar pantai.

Pantai eksotis di Blitar ini juga termasuk pantai yang cukup bersih dan jarang ditemukan sampah. Hal ini dikarenakan pihak pengelola pantai selalu membersihkan sampah disekitar pantai ini. Karena itu, saat berkunjung kesini, jagalah kebersihan agar tidak mengotori pantai yang sudah dirawat dan dijaga sangat baik oleh pengelolanya.

3. Pantai yang Sakral

Pantai Jolosutro bisa dianggap sebagai salah satu pantai yang sakral bagi masyarakat Blitar. Karena pantai ini sering digunakan untuk berbagai ritual dan upacara adat. Sehingga tidak heran jika saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan bisa menemukan beberapa sesaji yang diletakan di sekitar pantai.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Untuk bisa menikmati pantai eksotis yang ada di Blitar, Provinsi Jawa Timur ini, Anda bisa datang ke Kecamatan Wates, tepatnya ada di Dusun Ringinsari yang ada di Desa Ringinrejo. Untuk akses jalan menuju ke Pantai Jolosutro saat ini sudah beraspal dan kondisinya cukup baik. Sehingga wisatawan bisa datang menggunakan kendaraan pribadi motor ataupun mobil.

Rute lokasi dari pusat Kota Blitar ke pantai berpasir hitam yang eksotis ini harus ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 km. Jalan yang harus dilalui untuk sampai ke pantai berliku dan dikelilingi tebing yang tinggi.

Rute perjalanan dari pusat Kota Blitar bisa diakses dari Kesamben ataupun Kanigoro. Setelah itu melanjutkan perjalanan sampai ke Rejoso, setelah di Rejoso ikuti papan penunjuk jalan untuk bisa sampai ke Binangun dan Wates. Setelah sampai di Wates lanjutkan perjalanan ke Desa Ringinrejo dan cari Dusun Ringinsari.

Harga Tiket Masuk Pantai Jolosutro

Untuk dapat menikmati keindahan dari Pantai Jolosutro, wisatawan tidak perlu merogoh kocek mahal untuk membeli tiket masuknya. Karena tiket masuk untuk ke pantai berpasir hitam di Blitar ini hanya Rp 5 ribu per orang. Harga tiket masuk ini belum termasuk harga tiket parkir, untuk tiket parkir motor Rp 3 ribu dan tiket parkir mobil 5 ribu. Tetapi biasanya di hari libur harga tiket masuk dan tiket parkir bisa naik 2 kali lipat dari harga normal.

Untuk berkunjung ke pantai ini bisa kapanpun dan di jam berapapun yang Anda inginkan, karena jam operasional pantai selama 24 jam dan dibuka setiap hari. Karena bisa dikunjungi selama 24 jam, artinya Anda bisa bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda. Sehingga Anda bisa menikmati pantai cantik di Blitar ini dengan lebih puas.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menjelajah Kawasan Pantai

Menjelajah kawasan pantai adalah aktivitas menarik dan menyenangkan yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Pantai Jolosutro. Karena di pantai ini memiliki suasana tenang dan damai ditemani semilir angin pantai yang sepoi-sepoi.

Sehingga akan menghadirkan ketenangan yang bisa melepas penat dan kejenuhan. Anda akan menemukan hamparan pasir halus dan berwarna hitam yang luas serta ditambah dengan area kebun pinus yang rindang dan perbukitan yang sangat indah.

Selama menjelajah kawasan pantai ini, jangan lupa untuk mengabadikan foto berlatar belakang pantai dan laut ataupun foto berlatar belakang pantai dan pohon pinus yang menjulang tinggi.

2. Berwisata Kuliner

Di kawasan wisata pantai yang ada di Blitar ini terdapat beberapa warung yang menyediakan olahan hasil laut seperti kerang, ikan, cumi, gurita dan seafood lainnya. Anda bisa request masakan seafood bumbu yang sesuai selera.

Untuk seafood yang favorit dibeli disini adalah ikan laut bakar yang diolah menggunakan bumbu khas. Sehingga adanya aneka kuliner seafood ini, Anda tidak hanya bisa menikmati panorama pantai yang indah tetapi juga bisa menikmati aneka kuliner hasil laut yang enak dan lezat. Selain menikmati seafood, Anda juga bisa memasan kelapa muda yang sangat tepat dinikmati sambil melihat panorama pantai yang memukau.

3. Memancing

Selain menjelajah pantai dan menikmati kuliner seafood, untuk Anda yang hobi memancing jangan lewatkan untuk mencoba sensasi memancing di perairan laut yang ada di kawasan wisata ini. Spot memancing yang ada di tempat ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Jolosutro. Sehingga saat berkunjung kesini bersama teman-teman sehobi, Anda harus mencoba sensasi memancing ikan laut yang tarikannya lebih kuat dibanding ikan-ikan yang ada di sungai.

Maka dari itu, sebaiknya saat ingin berwisata di pantai ini, Anda siapkan semua peralatan memancing yang lengkap. Terutama peralatan mancing khusus untuk mendapatkan ikan-ikan laut. Karena di kawasan pantai tidak ada toko alat pancing ataupun toko penyewaan alat pancing.

4. Camping

Saat ini ada banyak pantai yang menjadi spot camping yang menarik sebagai alternatif bagi orang yang tidak bisa camping di gunung. Di Pantai Jolosutro terdapat camping area yang bisa wisatawan gunakan untuk mendirikan tenda dan bermalam di sekitar pantai.

Saat ingin camping di kawasan pantai, Anda wajib untuk meminta izin kepada pengelola wisata setempat. Sehingga Anda akan lebih aman saat camping di pantai ini, camping area yang ada di pantai ini memiliki tanah yang datar, sehingga mudah untuk mendirikan tenda.

Walaupun sudah terdapat camping area, tetapi di pantai cantik ini belum tersedia penyewaan tenda dan peralatan camping. Sehingga Anda harus membawa tenda dan peralatan camping sendiri dari rumah. Untuk menikmati camping yang seru dan menyenangkan, Anda bisa camping bersama keluarga tercinta ataupun bersama teman-teman.

Camping di kawasan Pantai Jolosutro akan memberikan sensasi tersendiri yaitu suasana tenang dan damai. Saat malam hari Anda dapat menikmati langit dengan jutaan bintang yang tampak sangat jelas. Saat pagi hari tiba, Anda bisa menikmati suasana sunrise yang sangat mempesona.

Fasilitas Wisata di Pantai Jolosutro

Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Jolosutro sudah cukup lengkap, sehingga wisatawan akan merasa nyaman berwisata di pantai cantik yang berada di Blitar satu ini. Fasilitas umum yang bisa ditemukan di pantai ini ada kamar mandi atau toilet umum, sudah ada mushola, dan ada area parkir yang cukup luas yang diawasi tukang parkir.

Untuk fasilitas penunjang kenyamanan wisata, di pantai ini juga sudah ada banyak warung wisata yang menyajikan berbagai kuliner khas pantai yaitu seafood dan kelapa muda. Untuk harga dari kuliner yang ada di pantai ini juga termasuk murah dan terjangkau.

Sehingga jika tidak membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, Anda tetap bisa menyantap aneka kuliner yang enak dan lezat sambil menikmati panorama pantai yang eksotis.

Demikian berbagai informasi menarik seputar Pantai Jolosutro yang hits di Kota Blitar. Berlibur ke pantai menjadi semakin seru jika dilakukan bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan pantai hits yang berada di Blitar ini.

error: Content is protected !!