Travel  

Pantai Karang Tawulan, Pantai Eksotis Bak Tanah Lot di Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan, Pantai Eksotis Bak Tanah Lot di Tasikmalaya

rekomendasi.co.id – Pantai Karang Tawulan yakni salah satu objek wisata bahari yang lokasinya ada di kawasan Tasikmalaya. Keunikan yang disajikan di pantai ini begitu hits untuk kalangan wisatawan lokal sampai wisatawan asing. Seluruh wisatawan yang datang ke wisata bahari tersebut dijamin akan terpukau sebab memang pantainya cukup berbeda dengan pantai yang lain.

Rasa bosan, jenuh, dan penat akan seketika menghilang dikala Anda menikmati sajian pemandangan pantai ini. Berkunjung ke pantai yang indah ini bersama teman, keluarga, maupun pasangan merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Pastinya Anda akan merasakan pengalaman mengesankan ketika menghabiskan liburan di sana.

Keistimewaan yang terdapat di pantai tersebut menjadikannya sebagai destinasi wisata bahari unggulan untuk Tasikmalaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk datang ke pantai ini ketika Anda sedang ada di daerah tersebut. Nah, untuk mengenal beberapa hal menarik mengenai Pantai Karang Tawulan ini, simak saja informasi yang dipaparkan di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Karang Tawulan

1. Memiliki Kemiripan dengan Tanah Lot di Bali

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Karang Tawulan yaitu mempunyai kemiripan dengan tempat wisata yang terkenal di Bali bernama Tanah Lot. Hal itu karena di sana terdapat banyak tebing yang berwarna hitam keabuan. Arah tebing-tebing itupun menjorok ke lautan, sehingga tampilannya tampak begitu eksotis.

Ditambah lagi dengan adanya pepohonan yang tumbuh rindang dan hijau di sela-sela dari tebing tersebut. Tampilan tersebut yang membuat banyak wisatawan merasa terkesima karena selain eksotis, juga tampak indah.

2. Terdapat Pulau Kecil yang Cantik

Daya tarik lainnya yang ada di Pantai Karang Tawulan yakni adanya sebuah pulau kecil yang lokasinya ada tepat di tengah lautan. Ketika Anda tiba di lokasi wisata ini, akan terdapat sebuah pulau berukuran kecil yang diberi nama Nusa Manuk. Sama seperti namanya, di dalam Bahasa Jawa, maka manuk mempunyai arti burung.

Di Pulau Nusa Manuk ini memang merupakan habitat dari burung camar yang setiap hari berkumpul ketika menjelang sore hari. Hal tersebut menjadi panorama yang begitu menarik untuk disaksikan karena tergolong langka dijumpai di berbagai pantai lain yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, ukuran dari pulau ini yang tergolong kecil sekali dan terdapat beberapa karang tajam di sekelilingnya, maka Anda tak dapat berkunjung ke area dalam dari pulau tersebut. Jadi, cukup menikmati pemandangannya dari kejauhan saja.

3. Panorama Lautan yang Luar Biasa Indahnya

Ketika berkunjung ke Pantai Karang Tawulan, Anda pasti akan terpesona dengan panorama lautnya yang sempurna. Pemandangan lautan di pantai ini tampak begitu biru dengan deburan ombak yang berwarna putihan. Ditambah lagi dengan pemandangan awan putih dan biru yang terbentang di atas langit menjadikannya begitu luar biasa.

Ombak yang ada di kawasan pantai pun tergolong cukup besar. Oleh karena itu, wisatawan tak diperbolehkan untuk main air apalagi melakukan kegiatan renang. Selain itu, ada banyak tebing tajam yang berada di bibir pantai menjadikan wisatawan tak boleh mendekat ke arah laut.

4. Spot Berfoto yang Sangat Bagus

Daya tarik berikutnya dari destinasi wisata bahari andalan Tasikmalayan ini yaitu banyaknya spot foto yang begitu bagus dan instagramable. Meskipun tak terdapat gardu pandang ataupun spot instalasi khusus, namun ada banyak sekali spot alam yang menarik dan kekinian untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Hal tersebut dipengaruhi dengan pemandangan alam yang ada di sekitar area pantai. Beberapa spot foto yang kerap didatangi oleh wisatawan untuk mengambil foto yaitu anak tangga yang menuju ke karang pada bagian ujung dari pantai. Selain itu, terdapat juga pagar beton yang terbentang panjang pada pinggiran pantai.

5. Udaranya yang Segar

Sebagai tempat wisata yang berupa pantai, maka dapat dipastikan bahwa pantai ini memiliki udara yang sangat segar. Dengan begitu, banyak sekali wisatawan yang betah menghabiskan waktunya di pantai ini hanya karena udaranya yang menyegarkan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat dari Pantai Karang Tawulan berada di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat atau tepatnya yaitu di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong. Lokasi pantai dengan pusat Kota Tasikmalaya memiliki jarak kurang lebih 75 km saja. Bila menaiki kendaraan pribadi, maka waktu tempuh perjalanan hanya 2 sampai 2,5 jam saja.

Untuk rute perjalanan yang perlu Anda tempuh dapat dimulai dari arah Kota Bandung menuju ke Pengalengan. Kemudian, menuju ke Pantai Ranca Buaya yang ada di Garut. Setelah itu, Anda akan tiba di Pantai Santolo untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Cipatujah hingga tiba di Karang Tawulan.

Bukan hanya rute itu saja yang dapat Anda pilih untuk menuju ke pantai ini. Ada satu lagi rute yang dapat Anda lalui. Dari arah Kota Bandung Anda menuju saja ke Ciwidey, lalu menuju ke Pantai Cidaun Cianjur, dan dilanjutkan lagi ke Pantai Ranca Buaya di Garut. Selanjutnya, ambil saja arah menuju ke Santolo kemudian ke Cipatujah untuk menuju ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Tawulan

Untuk harga tiket masuk yang ada di Pantai Karang Tawulan ini, maka setiap wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 7 ribu 500 rupiah saja. Harga tersebut mulai hari Senin hingga Minggu, termasuk juga pada hari libur. Tentu saja harga tiket ini terbilang murah sekali.

Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, maka terdapat biaya parkir yang harus dibayar. Biaya untuk parkir motor yaitu sebesar 5 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah saja.

Sedangkan, untuk jam operasional yang diberlakukan di pantai ini yaitu selama 24 jam penuh. Dengan begitu, Anda dapat datang ke tempat wisata ini kapan saja atau bebas. Berkaitan dengan pantai ini yang dibuka selama 24 jam, maka waktu paling baik untuk berkunjung ke sana adalah sore dan pagi hari, karena terik matahari tidak terlalu panas pada waktu tersebut.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Berkemah

Pantai Karang Tawulan menjadi salah satu tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang gemar melakukan kemah. Kawasan wisata ini mempunyai area kemah atau camping ground. Anda dan teman bisa berkemah sembari menikmati pemandangan dan suasana pantai yang menenangkan. Anda dapat melakukan kegiatan ini di bagian sebelah kanan bukit.

Kegiatan kemah akan terasa sangat seru karena ditemani oleh suara deburan ombaknya yang syahdu. Suaran deburan ombak ini tentu saja menciptakan suasana yang tenang dan nyaman ketika berkemah. Lebih asyik lagi apabila Anda menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri dari dinginnya angin malam di pantai ini.

2. Menyaksikan Pemandangan Sunset dan Sunrise

Jangan sampai Anda melewatkan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan juga matahari terbenam ketika datang ke pantai yang eksotis ini. Pasalnya, dari pantai ini akan tampak jelas sekali pancaran sinar mataharinya.

Tak heran apabila Pantai Karang Tawulan selalu dipadati oleh wisatawan pada sore hari untuk menyaksikan keindahan sunset. Untuk menambah suasana nyaman dikala menikmati pemandangan sunset maupun sunrise, maka Anda bisa ditemani dengan secangkir teh hangat.

3. Piknik

Pantai yang begitu luar biasa ini sangat pas untuk dijadikan lokasi melakukan piknik. Anda harus membawa tikar dan perbekalan makanan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Piknik ini umumnya dilakukan oleh wisatawan yang datang secara rombongan. Tentu saja sangat menyenangkan karena piknik ini akan membuat pikiran semakin tenang dan santai.

Fasilitas Wisata di Pantai Karang Tawulan

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karang Tawulan sudah terbilang cukup lengkap. Selain lahan parkir yang luas dan aman, pantai ini mempunyai fasilitas berupa toilet yang tersebar di area utamanya. Anda bisa memanfaatkan toilet tersebut karena mudah sekali untuk ditemukan. Fasilitas lainnya yang telah tersedia di sana adalah mushola.

Walaupun ukuran mushola tidak terlalu besar, akan tetapi dapat Anda gunakan untuk beribadah. Sementara, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai dengan duduk, bersantai, ataupun berbincang dengan teman ataupun keluarga, maka dapat memakai gazebo yang ada di pantai tersebut. Tenang saja karena jumlah gazebo yang tersedia cukup banyak.

Selain itu, di pantai tersebut Anda dapat mencicipi kuliner khas laut yang dijual di rumah makan area pantai. Apabila sedang musimnya, maka hidangan ikan laut di sana dibanderol dengan harga yang murah sekali dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Kuliner yang tersedia di tempat makan pantai ini biasanya disuguhkan dengan nasi, sambal, dan lalapan.

Itulah berbagai informasi menarik dan penting tentang Pantai Karang Tawulan yang eksotis. Yuk segera agendakan wisata Anda untuk menuju ke pantai ini, pasti menjadi suatu pengalaman berlibur yang sangat mengesankan.

error: Content is protected !!