Travel  

Pantai Nguyahan, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Nguyahan, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Pantai Nguyahan termasuk pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Dahulu, pantai ini sering dijadikan lokasi tambak garam. Sehingga asal nama Nguyahan diambil dari kata bahasa Jawa yang berarti Uyah atau Garam. Walaupun dibuka untuk wisatawan, namun aktifitas tambak garam saat ini juga masih berlangsung.

Salah satu pantai alami di Gunung Kidul ini menyembunyikan daya tariknya tersendiri yang akan membuat wisatawan terpukau. Banyak pengujung tak hanya dalam kota namun juga luar kota yang berwisata ke lokasi Pantai Nguyahan. Berikut adalah beberapa informasi singkat tentang pantai eksotis di Yogyakarta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nguyahan

1. Hamparan Pasir Putih yang Cantik

Salah satu daya tarik Pantai Nguyahan adalah hamparan pasir putihnya yang cantik. Pasir putih ini akan terlihat dari kejauhan saat anda berkunjung. Tekstur pasir putih yang terdapat di pantai juga lembut dan tidak kasar. Sehingga anda akan nyaman bermain di pasir putih dengan membawa serta anak anak.

Hamparan pasir putih ini juga seringkali dijadikan lokasi olahraga pantai yang nyaman. Beberapa olahraga seperti voli, bola dan lainnya bisa anda lakukan bersama teman teman dengan latar suasana yang menyenangkan. Di hamparan pasir pantai yang putih ini anda juga bisa berpiknik dengan keluarga.

Jangan lupa membawa tikar dan bekal saat berpiknik. Menikmati suasana bercengkrama bersama keluarga dengan menikmati bekal tentu akan menjadi momen liburan yang tak terlupakan. Keindahan alam dan laut Pantai Nguyahan yang mempesona akan membuat acara piknik anda lebih berkesan dan menyenangkan.

2. Batu Karang Alami di Tepi Lautan

Tak hanya hamparan pasir putih yang mempesona, namun daya tariknya juga terletak pada hamparan batu karang di tepi lautan. Batu karang yang terbentuk alami ini memang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Batu karang yang menjadi habitat banyak hewan laut ini akan jarang anda temukan di tempat lainnya.

Pemandangan batu karang ini akan lebih jelas terlihat bila air laut mulai surut. Sehingga waktu berkunjung ke Pantai Nguyahan bisa anda atur bila ingin melihat hampatan batu karang ini. Bila beruntung, anda juga akan bisa melihat banyak ikan ikan kecil yang cantik berenang di sekitar batu karang tersebut.

3. Hamparan Rumput Laut yang Unik

Lokasi pantai ini memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga tak jarang pengunjung akan menemukan aktifitas lainnya yang dilakukan penduduk seperti tambak garam. Tak hanya tambah garam, penduduk juga banyak yang melakukan aktifitas panen rumput laut. Lokasi di sekitar perairan pantai banyak terdapat budidaya rumput laut.

Lokasi hamparan rumput laut di Pantai Nguyahan ini terletak agak menjorok ke laut. Aktifitas panen rumput laut ini akan anda temukan bahkan setiap hari ketika anda berkunjung. Kehadiran hamparan rumput laut ini akan menambah tingkat keeksotisan yang akan jarang anda lihat di lokasi pantai lainnya di Indonesia.

Hamparan rumput laut juga akan diiringi dengan beberapa tanaman ganggang laut yang indah.Warna yang ditimbulkan oleh hamparan rumputlaut ini juga membuat laut Pantai Nguyahan lebih berwarna. Hamparan warna hijau akan memanjakan mata pengunjung dan membuat kesan alami lebih terasa.

4. Jajaran Gubuk Pedesaan yang Menarik

Daya tarik lainnya adalah terdapat jajaran gubuk yang alami di lokasi Pantai Nguyahan. Gubuk tersebut memang disediakan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat. Namun desain gubuk yang terkesan unik dengan tema khas pedesaan ini tentu akan membuat daya tarik tersendiri untuk pengunjung.

Anda bisa beristirahat di gubuk tersebut sambil menikmati pemandangan laut yang indah bersama keluarga dan kawan kawan. Walaupun tak membwa bekal, anda juga masih bisa membeli makanan dilokasi sekitar pantai. Mkanaan yang disajikan merupakan menu khas masyarakat sekitar yang wajib anda coba.

5. Pemandangan Bukit di Sekitar Pantai

Pemandangan bukit di sekeliling pantai juga menjadi daya tarik Pantai Nguyahan tersendiri. Hal ini akan membuat pemandangan pantai satu ini terlihat lebih eksotis karena terdapat hamparan warna hijau yang menyejukkan. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan laut dari atas bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Nguyahan terletak berdekatan dengan pantai Ngobaran. Sehingga bila anda ingin mengujungi pantai eksotis satu ini maka jalur yang bisa ditempuh adalah sama dengan rute menuju Pantai Ngobaran. Jarak antara kedua pantai ini cukup dekat yaitu sekitar 200 meter saja. Sehingga anda bisa berjalan kaki bila ingin berkunjung ke dua pantai ini.

Akses jalan menuju lokasi pantai ini sudah tergolong bagus. Sheingga akses kendaraan pribadi seperti motor atau mobil bisa melewati lokasi dengan baik. Rute yang bisa anda pilih untuk menuju lokasi pantai ini juga cukup mudah. Bila anda datang dari arah pusat kota Yogyakarta, maka anda bisa memilih rute arah Puyingan.

Setelah masuk arah rute piyungan, and akemudian bisa melanjutkannya ke arah Patuk lalu ke arah Gading atau arah lapangan udara. Rute kemudian dilanjutkan dengan arah kanan ke arah Playen kemudian Paliyan. Setelah masuk Pasar Trowono anda bisa melanjutkannya ke arah Kanigoro dan sudah masuk ke Pantai Nguyahan.

Pilihan rute lainnya juga bisa anda tempuh. Rute satu ini lebih cepat daripada rute sebelumnya. Anda bisa memulai dari pusat kota Yogyakarta kemudian masuk ke jalur Piyungan hingga Parangtritis. Rute lanjut ke arah panggang kemudian lanjut ke Saptosari lalu Pasar Trowono. Setelah masuk ke Kanigoro anda akan bisa menemukan lokasi pantai ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Pantai Nguyahan adalah lokasi berlibur yang hemat untuk keluarga, Sleain menyuguhkan pemandangan yang indah, disini anda juga bisa berkegiatan yang menarik lainnya bersama. Memang tidak ada tiket masuk dari pihak pengelola bila berkunjung. Namun pengunjung biasanya akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 5.000 per orangnya.

Biaya yang dikenakan tersebut tergolong sangat terjangkau. Bahkan dengan hanya Rp 5.000 saja, anda juga bisa mengunjungi pantai lainnya disekitar Nguyahan seperti Ngobaran, Ngrenehan, dan Torohudan. Harga tersebut tentu menjadi sangat murah dengan destinasi wisata alam yang banyak.

Bila anda membawa kendaraan pribadi, maka anda juga akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 2.000 saja sedangkan untuk kendaraan mobil akan dikenakan Rp 5.000. Untuk jam berkunjung memang tidak ada batasannya, karena lokasi pantai juga sering dijadikan lokasi camping sehingga buka 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Nguyahan

1. Berenang dan Bermain Air

Mengunjungi pantai dan laut memang tak akan lengkap bila tidak bermain air dan berenang. Pantai Nguyahan tergolong dangkal sehingga akan aman untuk dijadikan lokasi bermain air untuk anak anak. Namun, walaupun lautnya cenderung dangkal, anak anak yang bermain air juga tak boleh lepas dari pengawasan orang tua.

2. Memancing

Pantai ini tak hanya terkenal dengan hamparan pasir putihnya, namun juga terkenal dengan jajaran batu karang yang eksotis. Batu karang ini juga menjadi tempat hidup banyak biota laut, salah satunya ikan. Hal ini menjadikan banyak penduduk sekitar dan juga wisatawan menjadikan pantai eksotis ini tempat pemancingan yang seru.

3. Menikmati Senja

Mengunjungi pantai memang tak lengkap bila tidak menyaksikan senja. Senja yang berada di pantai tentu menjadi pemandangan yang menenangkan dan berbeda bila anda menikmati senja di tempat lainnya. Pemandangan matahari terbenam akan menjadi latar foto yang cantik bila anda mengunjungi Pantai Nguyahan di sore hari.

4. Camping

Camping di sekitar pantai juga banyak dilakukan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam saat malam. Namun bila anda ingin melakukan camping, anda harus membawa perlengkapan pribadi. Hal ini karena tidak ada pengelola yang menyediakan peralatan camping untuk pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Lokasi Pantai Nguyahan di Yogyakarta ini memang masih tergolong kecil. Sehingga fasilitas yang terdapat di lokasi tersebut belum banyak. Namun beberapa fasilitas dasar untuk pengunjung memang sudah tersedia demi kenyamanan pengunjung. Salah satunya adalah lokasi parkir yang luas dan tersedianya toilet untuk pengunjung.

selain itu, di dekat pantai juga terdapat mushola yang bisa anda gunakan untuk beribadah di sela sela liburan. Warung makan sederhana juga terdapat di sekitar lokasi pantai. Suguhan berbagai macam kuliner khas akan bisa anda cicipi dengan citara masakan tradisional yang unik dan lezat.

Walaupun begitu, memang akan disarankan untuk anda agar membawa perlengkapan berlibur dan piknik sendiri. Hal ini karena Pantai Nguyahan memang belum terkelola dengan baik. Sehingga fasilitas yang tersedia juga masih minim. Anda bisa membawa perlengkapan pribadi namun juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihannya.

Berwisata ke alam seperti pantai tentu menjadi momen yang menyenangkan. Terlebih bila dikunjungi bersama keluarga. Namun mengunjungi wisata alam seperti ini harus tetap menjaga protokol kesehatan dan juga selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.