Travel  

Pantai Pehpulo, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Blitar

Pantai Pehpulo, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Blitar

rekomendasi.co.id – Di Blitar kita dapat menemukan banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi dan salah satunya adalah Pantai Pehpulo. Pantai ini bisa dikatakan masih jarang dikunjungi, karena lokasinya yang tersembunyi dan sulit untuk diakses.

Pantai Pehpulo memiliki daya tarik yang spesial karena pantai ini dikenal sebagai Raja Ampat dari Blitar. Karena memiliki keindahan yang digambarkan menyerupai Raja Ampat yang ada di Papua. Maka tidak heran saat ini banyak wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi pantai ini, walaupun medan perjalanan yang ditempuh masih cukup sulit.

Daya Tarik Wisata Pantai Pehpulo

1. Panorama Alam Yang Menakjubkan

Untuk bisa sampai ke Pantai Pehpulo tidaklah mudah, karena beberapa titik akses jalan masih memiliki medan yang buruk kondisinya. Selain itu, fasilitas umum yang menunjang perjalanan ke pantai ini juga sangat terbatas. Tetapi, rasa lelah selama perjalanan akan sirna dalam sekejap saat Anda melihat panorama alam yang menakjubkan di pantai ini.

Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga membuat kondisi pantai yang tersembunyi di Blitar ini masih sangat asri dan belum banyak sampah sisa makanan dan minuman wisatawan. Yang paling menarik dari panorama alam yang disajikan di kawasan ini adalah pemandangannya yang mirip pemandangan yang ada di Raja Ampat.

2. Menyusuri Jalan Perbukitan

Saat kita melihat foto pemandangan yang disajikan Pantai Pehpulo pastinya akan memikat banyak orang untuk menikmati pantai ini. Tetapi kenyataannya, keindahan dari pantai ini baru bisa dinikmati setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan.

Wisatawan harus menyusuri jalan perbukitan yang memiliki kondisi jalanan yang bisa dikatakan tidak terlalu bagus. Sehingga pastikan kendaraan yang digunakan untuk ke pantai ini memiliki kondisi yang prima. Selain itu untuk yang membawa mobil berukuran besar harus lebih berhati-hati, karena jalanan sempit dan licin saat turun hujan.

Di beberapa titik perjalanan, terdapat jalan tanah, sehingga saat turun hujan atau setelah turun hujan jalanan akan berlumpur. Sehingga dapat menyebabkan mobil terjebak lumpur dan tidak bisa jalan. Maka sebaiknya saat ingin mencoba mengunjungi Pantai Pehpulo gunakan motor saja.

3. Keindahan Pantai yang Tersembunyi

Walaupun jalanan yang harus dilalui cukup merepotkan, setelah sampai di Pantai Pehpulo. Wisatawan akan disambut sebuah pemandangan pantai yang sangat indah. Pantai tersembunyi yang ada di Blitar ini memiliki hamparan pasir putih yang menawan dan laut berwarna biru yang sangat jernih. Ombak di pantai ini cukup besar, karena lokasi pantai berada di selatan Pulau Jawa.

Di sekitar bibir pantai, wisatawan juga dapat melihat beberapa gugusan pulau karang. Adanya gugusan pulau karang inilah yang membuat pantai ini dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat. Di sisi kanan dan kiri pantai ini dikelilingi perbukitan.

4. Cocok Untuk Rekreasi

Wisatawan yang berkunjung ke pantai cantik yang ada di Blitar ini bisa bermain pasir dan ombak sepuasnya. Tetapi harus hati-hati karena area bibir pantai di kawasan ini dipenuhi batuan karang kecil-kecil. Ketika tidak hati-hati saat berjalan bisa menyebabkan kaki terluka.

Saat berada di area parkir, wisatawan juga dapat menikmati suasana sejuk dan asri dari pohon cemara pantai yang tumbuh sangat rindang. Area parkir ini juga sering digunakan sebagai area camping bagi wisatawan yang ingin menginap disini.

Jika suka mendaki, wisatawan juga bisa mendaki bukit yang ada di sekitar pantai. Perbukitan yang ada disini adalah salah satu titik tertinggi untuk bisa melihat panorama alam Peh Pulo dengan lebih leluasa. Di puncak bukit ini, adalah tempat favorit wisatawan untuk mengabadikan foto.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Untuk Anda yang penasaran ingin menikmati keindahan miniatur Raja Ampat di Porvinsi Jawa Timur, Kabupaten Blitar, bisa datang ke Desa Panggungrejo. Jarak dari pusat Kota Blitar ke pantai ini bisa ditempuh selama 1 jam 30 menit atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Rute lokasi untuk ke pantai ini dari pusat kota Blitar arahkan perjalanan ke Kanigoro, dari Kanigoro belok ke arah menuju ke Panggungrejo. Setelah itu ikuti jalan ke arah selatan untuk sampai ke lokasi pantai. Saat akan sampai ke lokasi pantai, jalan akan berubah ke jalanan tanah dan akan menjadi jalanan yang berlumpur setelah hujan. Sehingga pastikan untuk tidak datang ke pantai ini saat hujan atau saat setelah hujan. Karena perjalanan ke pantai akan menjadi lebih sulit.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Pehpulo per orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000. Harganya sangat murah untuk bisa menikmati panorama alam yang sangat indah dari pantai, laut dan gugusan pulau karang layaknya seperti di Raja Ampat Papua. Untuk jam operasional pantai miniatur Raja Ampat ini tidak ada, sehingga bisa dikunjungi selama 24 jam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Gugusan Pulau Karang Mirip Raja Ampat

Yang membedakan Pantai Pehpulo dengan pantai lainnya yang ada di Blitar adalah memiliki pemandangan gugusan pulau karang yang mirip seperti yang ada di Raja Ampat Papua. Pantai ini lokasinya tersembunyi dan aksesnya cukup sulit. Sehingga tidak heran pantai ini jarang dijamah wisatawan.

Karena masih jarang ada pengunjung yang datang ke pantai cantik ini, membuat pantai ini tampak bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Selain menikmati view gugusan pulau karang yang menakjubkan, di pantai ini wisatawan bisa bermain air atau bermain-main ombak di tepi pantainya.

Pemandangan lain yang dapat ditemukan di pantai cantik ini adalah pemandangan perahu nelayan di dekat pantai yang sedang mencari ikan. Sehingga berlibur ke pantai ini benar-benar akan menikmati suasana pantai yang sempurna dan nyaman untuk tempat refreshing.

2. Hunting Foto Instagramable

Untuk Anda yang suka berwisata untuk berburu foto instagramable, maka Pantai Pehpulo cocok untuk mendapatkan hasil foto yang keren. Anda bisa berfoto dengan latar belakang panorama gugusan pulau kecil yang indah dengan menaiki salah satu bukit yang ada di sekitar pantai.

Atau Anda juga dapat berfoto di pantainya yang memiliki hamparan pasir putih yang luas dan panorama laut yang berwarna biru. Untuk membuat foto semakin keren dan view pemandangan alam sekitar pantai terlihat lebih luas, Anda bisa menggunakan drone. Dengan menggunakan drone Anda juga bisa merekam video perjalanan wisata di Pantai Pehpulo dengan hasil yang lebih keren.

3. Diving Menikmati Keindahan Bawah Laut

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Pehpulo adalah melakukan diving. Perairan laut yang ada di sekitar pantai ini memiliki terumbu karang yang indah. Sehingga wisatawan yang hobi diving tidak boleh melewatkan untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di perairan disini.

Selain masih banyak terumbu karang yang banyak, ikan-ikan hias laut yang ada di perairan ini juga sangat cantik. Kita dapat menemukan pemandangan bawah laut yang sangat indah disini, karena lautnya masih jarang terkena polusi.

Untuk yang ingin melakukan diving, Anda harus mempersiapkan semua peralatan diving sendiri. Karena di pantai cantik ini belum ada jasa penyewaan alat selam atau peralatan untuk diving. Jangan lupa juga untuk membawa sunblock agar kulit tidak terbakar setelah berenang dan menyelam disini.

Fasilitas Wisata di Pantai Pehpulo

Saat berbicara tentang fasilitas yang tersedia di Pantai Pehpulo, Anda dapat menemukan area parkir yang cukup luas, ada warung atau kios makanan dan minuman. Di pantai ini juga sudah ada toilet umum dan mushola. Untuk penginapan di sekitar pantai saat ini masih belum ada, tetapi pengunjung bisa camping di sekitar pantai jika ingin bermalam.

Itulah gambaran tentang daya tarik dan keseruan yang bisa Anda temukan di Pantai Pehpulo. Dengan harga tiket murah dan fasilitas yang sudah cukup lengkap, bisa dikatakan bahwa pantai hits ini cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga, teman-teman atau pasangan saat waktu liburan tiba.

Kelemahan dari berwisata ke pantai cantik di Blitar ini adalah jalanan yang dilalui masih cukup sulit, karena fasilitas jalan menuju ke pantai belum semua beraspal dan masih ada jalanan tanah.

error: Content is protected !!