Travel  

Pantai Rancabuaya, Destinasi Bahari yang Indah di Kota Intan Garut

Pantai Rancabuaya, Destinasi Bahari yang Indah di Kota Intan Garut

rekomendasi.co.id – Pantai Rancabuaya salah satu objek wisata bahari nan indah di Caringin, Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki pasir yang lembut, panorama sunset, pemandangan yang menawan dan memiliki fasilitas yang memadai.

Untuk Anda yang sedang berada di Garut, Jawa Barat kurang lengkap rasanya apabila tidak berkunjung ke Pantai Rancabuaya. Destinasi wisata bahari ini memiliki pesona alam yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Bagi Anda yang bingung akan menghabiskan waktu ketika akhir pekan, pantai cantik di Garut ini bisa menjadi tempat yang pas untuk melepas penat dan bersantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Rancabuaya

Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar atau suka berwisata ke pantai, destinasi wisata bahari ini menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Hal ini dikarenakan pesona alamnya yang luar biasa indahnya dan juga pastinya Anda akan dibuat terbuai oleh keindahan alamnya.

Disini, Anda tidak hanya disuguhkan dengan pantai yang eksotis saja. Sebab, air terjun yang ada di lokasi ini pun akan membuat Anda takjub. Bagaimana tidak, air terjun ini mengalir langsung dari tebing dan kemudian menuju ke Pantai Rancabuaya. Selain itu, pantai yang ada di Garut ini juga menghadirkan biota laut yang sangat cantik.

Bagi Anda yang menyenangi keberadaan aneka terumbu karang dan ikan ikan, pastinya destinasi satu ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. keindahan lain yang bisa Anda nikmati sewaktu mengunjungi wisata satu ini adalah panorama sunsetnya yang luar bisa apiknya. Sebab, disini Anda bisa mendapatkan pemandangan berupa matahari terbenam yang apik.

Terdapat salah satu tempat menarik yang pas untuk menikmati indahnya sunset. Salah satunya adalah pantai yang ada di Garut ini. sebab, ketika senja tiba Anda bisa melihat matahari yang perlahan lahan mulai tenggelam sembari mendengarkan suara ombak dan juga indahnya karang yang ada di laut.

Suasana pantai yang semakin tenang di sore hari ini juga menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Saat berada di Pantai Rancabuaya, juga terdapat puncak yang banyak dijadikan tempat untuk hunting sunrise. Bernama Puncak Guha Garut, destinasi satu ini berada tak jauh dari lokasi pantai sehingga Anda bisa sekaligus mengeksplor pesonanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Rancabuaya

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata bahari satu ini, ada baiknya Anda segera datang ke Desa Purbayani yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Untuk Anda yang ingin kesini pun bisa menempuhnya dengan beberapa macam rute yang tersedia. Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum.

Jika Anda menggunakan kendaran pribadi, ada beberapa rute yang bisa untuk Anda pilih. Rute yang pertama adalah dengan menggunakan jalur Garut-Pamempeuk-Pantai Rancabuaya. Nantinya Anda bisa melewati kota Garut yang dilanjutkan menuju ke arah Pameumpeuk hingga nanti sampai di lokasi pantai.

Selanjutnya, apabila Anda menempuh jalur dari kota Bandung, maka Anda pun akan melewati jalanan dengan kondisi yang baik. Sebab, jalanan aspalnya terbilang lurus dan baru saja diperbaiki. Anda bisa melewati Bandung menuju ke Pangalengan dan berakhir di kawasan wisata ini.

Apabila Anda tidak ingin melewati Pangalengan dan memiliki Ciwidey, maka Anda bisa melewati jalur Ciwidey dan dilanjutkan menuju ke Cidaun hingga akhirnya sampai di Pantai Rancabuaya. Bagi Anda yang berada di Bandung Selatan, jalur ini bisa Anda tempuh dan sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pantai selatan Jawa Barat yang sangat indah.

Selain itu, jika Anda menuju ke pantai dengan menggunakan kendaraan umum, tentunya juga bisa. Sebab, Anda bisa menggunakan efl untuk menuju ke kota Garut dengan jalur Garut Pameungpeuk. Disini, Anda akan dikenakan tarif yakni sekitar 35 ribu rupiah. Kemudian, Anda bisa turun di Pasar Pameungpeuk dan melanjutkan menggunakan mobil pick up.

Nantinya Anda bisa turun di Pantai Shayang Heulang dan akan dikenakan tarif sekitar 15 ribu rupiah. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa motor di sekitar tempat tersebut untuk bisa sampai ke Pantai Rancabuaya. Sebab, ketika Anda ingin ke pantai ini belum ada angkutan umum yang turun tepat di pantai tersebut.

Tak hanya itu, Anda pun juga bisa menempuh rute yang lain yakni dari Grut mnuju ke Cikajang. Rute satu ini bisa Anda pilih dan teruskan perjalanan menuju ke Cikelet dan jua Pameungpeuk. Disini, Anda bisa menggunakan bus dan turun di Terminal Cicahem. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum di terminal Leuwipanjang yang ada di Bandung.

Dengan menggunakan transportasi ini, bisanya Anda akan menempuh perjalana sekitar 4 hingga 5 jam hingga sampai di Pantai Sayang heulang. Lalu, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan sejauh 25 kilometer untuk bisa sampai ke Pantai Rancabuaya dengan menyewa sepeda motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya Garut

Untuk harga tiket masuk dari destinasi satu ini sendiri terbilang masih sangat terjangkau. Sebab, bagi Anda yang datang ketika weekday, akan dikenakan tarif hanya 5 ribu rupiah saja. sedangkan bagi Anda yang datang saat weekend, tarif yang dipatok sebagai harga tiket masuk pun cukup terjangkau, yakni 10 ribu rupiah saja.

Sedangkan untuk jam operasional dari pantai ini memang tidak terlalu ketat. Bahkan Anda bisa berada di Pantai Rancabuaya dalam waktu 24 jam penuh. Namun, disarankan waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi satu ini adalah ketika sore atau pagi hari. Sebab, ketika sore hari, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa matahari terbenam yang sangat indah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Rancabuaya

1. Berburu Ikan di Sela Karang

Salah satu kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini adalah mencari ikan ikan yang berada di sela karang. Hal ini tentu saja menjadi aktivitas seru, terutama bagi Anda yang sedang membawa anak kecil dalam perjalanan berlibur di pantai satu ini. sebab, pantai Rancabuaya memang mempunyai tepian pantai yang penuh dengan karang karang.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab karang karang yang ada di lokasi satu ini memang tidak berbahaya dan cukup aman untuk si kecil karena berada di area yang rendah. Namun, Anda tetap harus mengawasi hal hal yang dilakukan si kecil. Disini, Anda akan menemukan bebatuan karang yang tertutup oleh lumut lumut hijau yang berada di selanya.

Kemudian, Anda pun bisa melihat akan banyak sekali ikan ikan kecil yang ada di karang satu ini. oleh sebab itu, banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan hal tersebut untuk mencari ikan kecil dan menjaringnya. Kemudian, Anda pun bisa memasukkan ikan ikan kecil yang telah ditangkap tersebut ke dalam ember.

2. Menunggu Senja di Pantai Rancabuaya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sore adalah waktu terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengunjungi lokasi satu ini. sebab, Anda akan langsung disuguhkan dengan pesona matahari terbenam yang mengagumkan. Biasanya para wisatawan telah memadati kawasan satu ini mulai sore hari.

Jika Anda berkunjung ke pantai saat senja, pastikan untuk membawa kamera dan mengabadikan momen yang ada di tempat satu ini. lokasi terbaik untuk menyaksikannya adalah di tepi pantai sembari duduk santai dan menatap pesona matahari yang lambat laun turun dan berganti dengan malam.

Walaupun pantai satu ini terletak di bagian selatan dan menghadap Samudra Hindia, namun Pantai Rancabuaya memiliki tingkat kemiringan yang menghadap ke barat. Sehingga nantinya Anda pun akan melihat indahnya matahari terbenam dengan sangat jelas dan pastinya luar biasa indahnya.

3. Menjelajah Air Terjun

Saat berwisata ke Pantai Rancabuaya, Anda pun akan disuguhkan air terjun yang sangat eksotis. Sehingga berada disini, Anda tidak hanya akan menikmati keindahan dari pantainya saja, melainkan air terjunnya pun menjadi salah satu spot menarik yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Air terjun tersebut berada di tebing yang menghadap langsung ke pantai. Nantinya Anda pun akan mendapati adanya aliran air terjun yang memiliki air tawar dan tentunya sangat jernih. Air tersebut kemudian akan mengalir ke laut dan memiliki tiga aliran. Bagi Anda yang senang bermain air, Anda pun bisa menuju ke spot air terjun satu ini.

Bahkan tidak jarang terdapat wisatawan yang sengaja untuk berdiri di bawah air terjun. Hal ini dikarenakan mereka ingin merasakan secara langsung bagaimana kesejukan dari air tersebut. Tentunya rsa segar yang akan langsung Anda dapatkan. Selain itu, banyak pula wisatawan yang sekedar berfoto di bawah air terjun karena memiliki latar belakang yang apik.

4. Berkemah di Kawasan Pantai

Karena pantai ini memiliki jam operasional yakni selama 24 jam penuh, maka bagi Anda yang suka camping juga bisa melakukannya di tempat satu ini. namun, jika Anda ingin berwisata di tempat satu ini, pastikan untuk membawa perlengkapan kemah sendiri. Hal ini dikarenakan pada sekitar lokasi pantai tidak ada tempat untuk menyewanya.

Ketika Anda menginap disini, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan alam. Sebab, pantai satu ini memang dikenal memiliki lingkungan yang asri dan bersih. Jika Anda ingin berkemah atau camping disini, ada baiknya Anda datang mulai sore hari. Sebab, Anda bisa mendirikan tenda terlebih dahulu dengan cahaya yang masih terang.

Selain itu, Anda pun nantinya akan mendapatkan panorama matahari terbenam yang cantik jika datang saat sore hari. Kemudian, setelah malam tiba, Anda pun bisa melanjutkan untuk makan malam dengan seafood bakar yang ada di tepi pantai. Atau menikmati semangkuk mie instan hangat pun juga menjadi menu yang pas untuk menyambut dinginnya angin pantai.

Selanjutnya, Anda pun bisa tertidur dan keesokan harinya Anda pun akan dibangunkan dengan suara deburan ombak yang sangat khas. Disini, Anda juga bisa bangun lebih pagi untuk mendapatkan fenomena matahari terbit yang sangat elok. Ketika pagi hari, Anda bisanya juga bisa melihat kegiatan dari masyarakat sekitar, seperti mencari ikan hingga membuka warung.

Pantai Rancabuaya menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda masukkan ke dalam list ketika mengunjungi kabupaten Garut. Sebab, wisata bahari satu ini menghadirkan keindahan dan beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi satu ini bersama kerabat atau sahabat ketika sedang berada di Garut.