Travel  

Pantai Sadeng, Destinasi Wisata Bahari Nan Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Sadeng, Destinasi Wisata Bahari Nan Eksotis di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Gunung Kidul, Jogja menjadi jujugan bagi wisatawan yang ingin wisata bahari. Memang ada banyak sekali pantai cantik yang bisa ditemukan di Gunung Kidul. Salah satunya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Sadeng. Banyak yang menyebut jika pantai cantik ini merupakan surga bagi para nelayan, dan juga memiliki pemandangan yang menawan.

Julukan sebagai Surga Nelayan ini muncul dari nelayan Gombong yang membangun perkampungan bagi nelayan di tahun 1983. Dan semakin bertambahnya waktu justru perkampungan nelayan ini semakin berkembang pesat. Wisatawan yang singgah tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Selengkapnya anda bisa simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sadeng

1. Memiliki Pemandangan Berbeda

Menginjakkan kaki di pantai Gunung Kidul ini, anda mungkin akan dibuat bingung. Karena pantainya terlihat berbeda dengan pantai pada umumnya. Bisa dikatakan jika pantai cantik ini memang seperti pelabuhan. Perahu nelayan berjajar memberikan kesan seperti bukan pantai biasanya. Karena memang keindahan pantai tertutup oleh tempat pelalangan ikan dan pelabuhan.

Anda harus melewati jalan setapak terlebih dahulu, barulah anda akan disuguhkan pasir putih luas di sepanjang bibir pantai. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan yang menambah keindahannya. Memang areanya garis pantai Sadeng tidak terlalu panjang, tetapi keindahannya siap membuat anda jatuh hati dengan keeksotisannya.

2. Sejarah yang Panjang

Setiap tempat tentu menyimpan cerita yang unik dan berbeda. Begitu juga dengan pantai indah di Jogja ini yang memiliki sejarah panjang. hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Sadeng. Dulunya juga menjadi pelabuhan paling besar yang ada di Jogja. namun sebelum menjadi pelabuhan termasuk pantai wingit atau pantai yang suci, angker dan sakral.

Barulah pada tahun 1983 rombongan kapal nelayan yang berasal dari Gombong tiba. Rombongan inilah yang memulai membuat kampung nelayan dan menetap. Apalagi hasil ikan yang didapatkan dari pantai menawan ini begitu melimpah. Empat tahun kemudian dibangunlah mercusuar juga pelelangan ikan untuk mengembangkan kampung nelayan yang ada.

3. Telaga Suling

Telaga Suling atau yang diyakini sebagai Sungai Bengawan Solo Purba bisa sekalian anda kunjungi. Pantai Sadeng diyakini merupakan muara dari Sungai Bengawan Solo. Dimana menurut penelitian, pada kisaran 4 juta tahun lalu terjadi fenomena alam yang membuat lempek tektonik benua Australia bergeser dan mempengaruhi keadaan topografi pulau Jawa.

Pergeseran ini membuat Pulau Jawa terangkat serta mempengaruhi. Yang sebelumnya Sungai Bengawan Solo mengalir ke selatan menjadi berbalik arah muaranya menjadi ke Laut Jawa. Dan Telaga Suling seperti menjadi bukti nyata kejadian saat itu. Anda bisa menemukan dua buah bukit kapur dengan lembah di bagian tengahnya.

Saat ini lembah tersebut dimanfaatkan untuk menanam palawija karena tanahnya yang subur. Sementara Telaga Suling sendiri panjangnya sekitar 7 KM dengan alur yang berkelok kelok. Area inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai pelabuhan perikanan. Tetapi keindahannya semakin menambah pesona yang dimiliki Pantai Sadeng.

4. Memiliki Batu Pemecah Gelombang

Kehadiran batu pemecah gelombang yang bisa anda temukan di area pantai juga membuatnya kian unik. Layaknya yang bisa anda temukan di Pantai Glagah, hanya saja memiliki susunan yang rapi. Ketika air laut surut, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot untuk mengambil foto dengan latar belakang pantai yang menawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Sadeng, anda bisa menuju ke kawasan Gunung Kidul. Sebenarnya pantai indah ini berada di antara dua desa yakni Desa Pucung dan Desa Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Jogja. Dari pusat kota Jogja memiliki jarak sekitar 80 km dan dari kota Wonosari sekitar 46 km.

Akses menuju lokasi sudah mudah dan juga memadai, anda bisa memanfaatkan kendaraan umum ataupun kendaraan sendiri. Untuk lebih memudahkan memang disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang bisa anda tempuh jika dari Jogja, Ambil rute menuju ke Panembahan Senopati dan ke Jalan Raya Yogyakarta.

Kemudian anda akan melalui jalan Kusumanegara dan ikuti jalan untuk ke Gedong Kuning. Dalam perjalanan ke Pantai Sadeng ini, anda akan menemukan perempatan kedua dan ambil jalur timur ke Jalan Wonosobo. Anda bisa mengikuti jalan yang ada sampai akhirnya tiba di Jalan Nasional dan berlanjut ke Jalan Kyai Legi, ambil lurus ke Jalan Judodiningrat.

Barulah nanti anda akan menemukan Jalan Sadeng, anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut. tidak lama anda akan menemukan pintu masuk menuju Pantai Sadeng. Agar lebih mudah, anda juga bisa memanfaatkan GPS yang telah terpasang pada smartphone anda. Perjalanan menuju pantai cantik ini akan lebih cepat jika dengan kendaraan roda dua.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Menikmati keindahan Pantai Sadeng tidak perlu merogoh dalam dompet anda. Anda hanya perlu menyiapkan budget untuk tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja. Dengan membayar tiket tersebut, anda sudah bisa menikmati seluruh keindahan pantai. Namun anda masih harus menyiapkan budget tambahan untuk membayar biaya parkir kendaraan.

Bagi anda yang membawa motor, tarif parkir mulai dari Rp 3 ribu saja dan mobil sebesar Rp 5 ribu. Harga tiket masuk ataupun tiket parkirnya bisa mengalami perubahan kapanpun. Sementara jam operasionalnya selama 24 jam dan buka dari hari Senin sampai Minggu. Anda bisa datang kapan saja, biasanya saat musim liburan cukup ramai pengunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sadeng

1. Bermain di Pantai

Jika anda ingin bermain di pantai dengan aman dan puas, maka Pantai Sadeng adalah pilihan yang tepat. Lokasinya yang berada di teluk membuatnya terlindung dari ombak yang besar. Sehingga aman bagi anda untuk bermain air di pinggir pantai atau berenang. Apalagi airnya begitu jernih, memberikan rasa nyaman ketika berbasah basahan.

Area pasir pantainya yang lembut juga bisa anda jadikan tempat untuk bermain pasir. Kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika anda membawa anak anak. Anda bisa membangun istana pasir sembari bersenda gurau. Lokasinya yang cukup tersembunyi juga akan memberi kesan seakan akan anda sedang berada di pantai pribadi.

2. Memancing

Untuk anda yang suka memancing, Pantai Sadeng merupakan surga bagi para pemburu ikan. Memang pengunjungnya tidak hanya nelayan, tetapi juga pemancing. Ikan yang bisa anda buru beragam, mulai dari ikan kakap, ikan kerapu sampai dengan ikan kakap. Untuk peralatan memancing, anda bisa membawanya dari rumah ataupun meminjam para nelayan.

Masyarakat sekitar pantai memang begitu ramah, menjadikan pengunjung semakin nyaman. Jika anda ingin memancing yang lebih menantang, anda bisa ikut para nelayan sampai ke tengah laut atau menyewa perahu. Dengan begitu anda bisa merasakan pengalaman memancing yang seru sembari menikmati keindahan pantai yang menakjubkan.

3. Berkeliling Pantai dengan Perahu

Anda yang ingin merasakan sensasi berkeliling pantai, juga bisa menyewa perahu. Perahu ini akan mengajak anda untuk menyusuri sekitar pantai dengan lebih menyenangkan. Anda bisa merasakan gelombang besar Pantai Sadeng yang termasuk bagian dari pantai selatan. Pemandangan dari atas perahu juga tentu akan menarik dan lebih menawan.

4. Bersantai

Bagi anda yang jenuh dengan aktivitas harian, liburan ke Sadeng adalah ide yang cemerlang. Suasananya yang tenang dengan alam yang masih terjaga akan sanggup menghempas segala penat anda. Anda bisa bersantai sembari menikmati hembusan angin dan suara ombak yang menenangkan. Bisa juga sembari berpiknik atau menikmati es kelapa di pinggir pantai.

5. Kulineran

Aktivitas liburan anda saat di Pantai Sadeng akan semakin lengkap dengan kulineran. Seperti yang sudah singgung sebelumnya, pantai di Gunung Kidul ini memang surganya ikan. Baik untuk yang memancing atau yang senang dengan kuliner ikan. Ada warung warung yang menawarkan berbagai olahan seafood ramah kantong dan rasa yang jempolan.

Apalagi seafood yang dihadirkan juga dalam kondisi yang masih segar. Sehingga rasa yang dihasilkan lebih nikmat dan juga manis. Anda bisa memilih untuk dibakar, di saus asam maupun di goreng. Wisata kuliner akan semakin menyenangkan jika anda datang rombongan. Menikmati sajian lezat sembari memandang lautan biru yang menyejukkan mata.

6. Berburu Foto Instagramable

Tidak sulit bagi anda untuk mendapatkan foto foto cantik ketika berada di pantai Sadeng. Ada banyak spot spot menarik yang siap untuk anda jadikan tempat mengambil foto kekinian. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pantai atau bebatuan karang. Bukit hijau dan juga deretan perahu nelayan juga sangat cantik untuk jadi objek jepretan anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pengunjung Pantai Sadeng tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan pantainya saja. tetapi juga dengan berbagai fasilitas yang sudah cukup memadai. Yang pertama kali anda temukan yakni area parkiran yang terbilang luas juga dilengkapi keamanan yang baik. Lokasi parkir bisa menampung kendaraan para pengunjung dengan leluasa.

Selain itu apabila anda bermain air, anda juga bisa membilas tubuh di toilet yang ada. Ada beberapa toilet yang bisa ditemukan dalam kondisi yang memadai. Anda juga tidak usah khawatir meninggalkan ibadah, karena tersedia mushola yang bisa dimanfaatkan. Dan untuk urusan perut, jajaran warung makan siap untuk memanjakan lidah dan perut anda.

Apalagi dekat dengan kawasan kampung nelayan, sudah pasti olahan seafood segar bisa anda cicipi. Fasilitas yang bisa anda temukan memang masih sederhana, tetapi sudah memadai. Bagi anda yang ingin berlama lama di Pantai Sadeng, anda juga bisa menemukan beberapa penginapan. Walaupun penginapan tersebut harus keluar dari area pantainya.

Tetapi saat ini sudah hadir beberapa penginapan yang lokasinya dekat dengan pantai. Sehingga anda bisa bermalam dan menghabiskan waktu lebih panjang. Sekalian beristirahat lebih lama bagi yang datang dari luar kota atau dari jauh. Penginapan yang ada menawarkan biaya menginap yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget anda.

Apabila anda sedang di Gunung Kidul dan ingin ke pantai, mungkin Pantai Sadeng bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Pantai menawan ini tidak hanya menawarkan pesona bahari yang indah, tetapi juga aktivitas yang seru. Liburan akan semakin berkesan jika anda datang dengan orang orang spesial, apalagi pantainya juga bersih serta tenang.