Travel  

Pantai Teluk Awur, Pantai Indah dengan Panorama Alam Memukau di Jepara

Pantai Teluk Awur, Pantai Indah dengan Panorama Alam Memukau di Jepara

rekomendasi.co.id – Di Jepara ada satu pantai yang bisa menjadi spot liburan terbaik untuk mengisi waktu libur yaitu di Pantai Teluk Awur. Pantai ini dari pusat Kota Jepara tidaklah jauh, cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai yang masih dikelola oleh masyarakat setempat cocok dijadikan untuk tempat nongkrong bagi anak-anak muda. Karena pantai ini menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang bersih dan laut yang tenang.

Selain cocok untuk tempat nongkrong anak muda, Pantai Teluk Awur juga cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga ataupun rombongan wisata. Karena tiket masuknya yang murah tetapi tempat ini menyajikan suasana liburan yang menyenangkan. Ditambah lagi bila Anda datang dari luar kota tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Karena di dekat pantai terdapat beberapa hotel dan villa yang bisa disewa untuk menginap.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur

Setelah sampai di Pantai Teluk Awur, wisatawan akan dimintai biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang untuk hari jumat sampai minggu dan hari libur nasional. Untuk hari libur lebaran atau pekan syawalan Rp 10.000 per orang dan untuk hari biasa senin sampai kamis tiket masuknya gratis.

Tiket parkir motor Rp 2.000 dan tiket parkir mobil Rp 10.000. Untuk biaya toilet, kamar mandi dan kamar bilas Rp 3.000. Sewa pelampung bebek atau ban renang Rp 10.000 sampai Rp 25.000 dan untuk sewa perahu Rp 10.000 per orang. Jam operasional dari pantai di Jepara ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Untuk yang tertarik berwisata, kencan atau nongkrong di Pantai Teluk Awur bisa datang ke Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara, tepatnya ada di Kecamatan Tahunan di Desa Teluk Awur. Akses untuk menuju kawasan pantai sangat mudah untuk diakses, karena sepanjang jalan sudah banyak petunjuk yang mengarahkan ke pantai ini.

Rute lokasi pantai ini bisa diakses dari Kota Semarang jarak tempuhnya sekitar kurang lebih 75 km atau menempuh waktu perjalanan 2,5 jam. Jika berangkat dari Kota Kudus jarak tempuhnya sekitar kurang lebih 39 km atau menempuh waktu perjalanan selama 1 jam.

Kedua rute tersebut akan melewati jalan Jepara-Kudus, setelah melewati sebuah pasar bernama Pasar Pecangan lurus terus sampai menemukan sebuah perempatan. Di perempatan arahkan perjalanan belok ke kiri ke Jalan Sunan Mantingan, setelah sampai di perempatan lagi lurus terus untuk menuju ke Pantai Kartini.

Jika Anda belok ke arah kanan maka Anda akan menuju ke Pantai Tirto Samudro Bandengan. Setelah melewati jalan Sunan Mantingan Anda akan menemukan lokasi pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Teluk Awur

Ada banyak daya tarik yang bisa wisatawan temukan saat berkunjung ke Pantai Teluk Awur, diantaranya:

1. Hutan Mangrove dan Pantai Berpasir Putih

Daya tarik yang bisa wisatawan nikmati saat berada di pantai ini adalah menikmati hamparan pasir putih yang menawan. Di pasir putih ini wisatawan bisa duduk santai beralaskan tikar dan bermain pasir pantai.

Selain itu, wisatawan juga akan dimanjakan pesona hutan mangrove yang berada disekitar pantai. Keberadaan hutan mangrove yang ada di kawasan ini dibuat untuk mengurangi abrasi dan sebagai tempat tinggal beberapa fauna.

2. Keindahan Matahari Terbenam

Selain menikmati pantai sambil bermain pasir putih yang menawan, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan indah lainnya dari suasana matahari terbenamnya. Sunset di pantai ini benar-benar terasa romantis, karena saat matahari terbenam langit akan berubah warna menjadi kuning kemerahan dan jingga. Ditemani suara burung, angin yang semilir dan deburan ombak yang khas menciptakan suasana alam yang menenangkan pikiran.

3. Sering Diadakan Festival Tradisional

Daya tarik lainnya dari Pantai Teluk Awur di Jepara ini sering diadakan beberapa festival tradisional, seperti Syawalan, dan Pesta Lomban, Lomba Sedekah Laut.

Pesta Lomban atau Bakda Kupat sudah menjadi tradisi tahunan dari masyarakat Teluk Awur sebagai bentuk syukur dan kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Selain menjadi tradisi yang turun temurun, saat ini festival ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke pantai ini.

4. Terdapat Cafe di Pinggir Pantai

Pantai Teluk Awur adalah salah satu spot wisata dan spot nongkrong yang seru dan menyenangkan bagi kawula muda. Karena selain pantai ini dinikmati karena keindahannya, di kawasan ini juga terdapat beberapa café dan rumah makan yang lokasinya dekat pantai.

Sehingga banyak anak muda berpacaran atau datang bersama komunitas untuk menikmati kuliner di pinggir laut atau hanya sekedar nongkrong ngopi santai di café yang berada tepi pantai.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Bermain Air dan Berenang

Tentunya tempat wisata pantai adalah spot terbaik unik menikmati aktivitas bermain air dan berenang. Ditambah lagi di Pantai Teluk Awur, menurut kepercayaan masyarakat setempat bahwa air yang ada disini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Bermain air, mandi ataupun berenang di laut yang ada di pantai ini sangat aman karena ombaknya tidak besar. Ditambah lagi kondisi air yang jernih, bersih dan tidak banyak perahu nelayan yang bersandar di pantai ini. Membuat aktivitas berenang di pantai ini lebih leluasa dan menyenangkan.

Untuk yang tidak bisa berenang terutama anak-anak bisa menyewa pelampung bebek ataupun pelampung ban. Selain menyewa ban dan pelampung, wisatawan juga bisa menyewa wahana air menarik seperti Jet ski, banana boat, dan flying fish boat.

2. Menikmati Sensasi Memancing di Laut

Selain berenang dan mandi di laut, wisatawan yang memiliki hobi memancing bisa memanfaatkan waktu liburan di Pantai Teluk Awur untuk menyalurkan hobinya. Di kawasan pantai ini terdapat beberapa spot terbaik untuk mancing, selain itu Anda juga akan mendapatkan sensasi tarikan yang lebih kuat dari ikan-ikan laut yang besar.

Apalagi Anda memiliki komunitas memancing, maka Anda bisa mengajak komunitas untuk mancing bersama dan mengajak keluarga untuk menyalurkan hobi sambil liburan bersama keluarga. Sehingga tidak hanya bapak-bapak yang senang, tetapi ibu-ibu dan anak-anak juga akan senang refreshing di pantai ini.

3. Menginap di Villa dan Hotel Dekat Dengan Pantai

Apakah Anda ingin menikmati suasana liburan yang menyenangkan dengan menginap di sebuah villa atau hotel yang memiliki view panorama pantai yang indah? Di Pantai Teluk Awur Anda dapat menyewa beberapa penginapan kelas menengah seperti Bayfront Villa, Jepara Beach Hotel, Ocean View Beach Resort, dan Jepara Marina.

Untuk fasilitas di hotel dan villa tersebut pastinya sudah lengkap untuk membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa wisatawan rasakan di Pantai yang ada di Jepara ni, maka dijamin liburan disini akan memuaskan dan penuh kenangan.

Fasilitas Wisata di Pantai Teluk Awur

Selain wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas menarik dan wahana wisata yang menyenangkan, di Pantai Teluk Awur fasilitasnya juga sudah sangatlah lengkap. Karena di pantai cantik yang ada di Jepara ini sudah memiliki area parkir yang luas, ada gazebo untuk bersantai, sudah terdapat toilet atau kamar mandi umum, ada penyewaan pelampung dan ban, ada juga penyewaan perahu untuk berkeliling di perairan di sekitar pantai.

Selain fasilitas umum tersebut di Pantai cantik di Jepara ini juga terdapat fasilitas penginapan. Untuk penginapan yang ada di kawasan pantai ini harga per malamnya sangat murah dan terjangkau. Harga sewa penginapannya mulai dari Rp 280 ribu sampai Rp 500 ribu per malam.

Selain fasilitas penginapan, di sekitar Pantai Teluk Awur juga menyajikan beberapa café dan rumah makan. Sehingga wisatawan tidak akan khawatir kelaparan dan kehausan saat berwisata di pantai ini. Keberadaan café dan rumah makan di dekat membuat pantai ini selalu ramai di siang dan malam hari. Karena banyak wisatawan dan warga sekitar yang hanya singgah ke kawasan pantai untuk datang ke café dan restoran untuk nongkrong, kencan atau makan bersama keluarga.

Itulah tadi informasi lengkap yang bisa kami informasikan kepada Anda yang ingin mencari tempat berlibur yang nyaman dan menyenangkan di Jepara. Untuk yang ingin berwisata ke Teluk Awur sebaiknya datang di pagi ataupun sore hari menjelang malam, karena suasana pantai akan lebih sejuk tidak terlalu terik.

Menikmati Pantai Teluk Awur terbaik adalah bersama pasangan, keluarga ataupun teman-teman. Karena pantai ini menyajikan pemandangan indah, wahana wisata air beragam, fasilitas lengkap dan sudah terdapat rumah makan dan café serta terdapat fasilitas penginapan.

error: Content is protected !!