Travel  

Pantai Watu Lawang, Pantai Indah dengan Batu Karang Megah di Gunung Kidul

Pantai Watu Lawang, Pantai Indah dengan Batu Karang Megah di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Gunung Kidul Jogja, menjadi tujuan wisata bahari yang begitu kondang, Ada banyak sekali tujuan pantai yang bisa anda temukan di Gunung Kidul, salah satunya yang tidak kalah cantik yakni Pantai Watu Lawang. Kehadirannya terbilang baru dan diapit oleh Pantai Indrayanti di sebelah barat juga Pantai Pok Tunggal di bagian timurnya.

Jika melihat namanya Watu Lawang memiliki arti pintu batu, watu dalam bahasa Indonesia berarti batu dan Lawang artinya Pintu. Anda memang akan menemukan batu karang yang seperti pintu atau gerbang. Sama dengan pantai pantai lainnya, anda juga akan menemukan pasir putih dan laut jernih. Untuk mengintip pesonanya, anda bisa simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Lawang

1. Memiliki Garis Pantai yang Panjang

Jika biasanya pantai di Gunung Kidul cenderung kecil dan juga bisa dikatakan sempit, maka sangat berbeda dengan pantai cantik ini. Anda akan menemukan garis pantai yang cukup panjang dan juga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bermain. Untuk areanya sendiri dibagi menjadi area yakni di sebelah barat batu karang dan juga sebelah timur batu karang.

Untuk bagian barat dari batuan karang, ukurannya memang lebih kecil dan juga membentuk cekungan. Sementara untuk bagian timur memiliki ukuran memanjang yang begitu luas. Dengan begitu pengunjung bisa bebas bermain di pinggir pantainya dengan leluasa. Hamparan pasir putih di Pantai Watu Lawang juga menjadi jujugan untuk bermain.

2. Termasuk Pantai Sepi

Nama Watu Lawang memang belum banyak dikenal sekalipun lokasinya dekat dengan pantai pantai kondang lainnya. Hal ini membuat suasananya tentu lebih sepi dibandingkan dengan lainnya. Suasana pantai yang sepi justru menjadi daya tarik tersendiri. Karena anda bisa bebas bermain seperti halnya di pantai pribadi.

Belum lagi suasananya juga masih terjaga karena belum banyak yang mengetahuinya. Seperti yang kita ketahui, semakin terkenal sebuah pantai biasanya pengunjungnya semakin banyak. Kemudian akan banyak sampah akibat pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Sementarab di tempat yang masih sepi, anda akan menemukan pantai yang bersih dan terjaga.

3. Dikelilingi Batu Karang Megah

Pantai Watu Lawang memang sangat mencerminkan namanya, anda akan banyak menemukan batu batu karang megah yang mengelilinginya. Dinding karangnya menjorok ke laut dan juga terdapat sebuah gua. Dimana gua ini memiliki mulut yang menyerupai dengan pintu. Konon katanya gua ini menjadi tempat bersemedi Prabu Brawijaya VI.

Hal inilah yang membuat di sekitar gua menjadi kawasan yang terasa mistis. Apalagi masyarakat setempat juga masih sangat percaya dengan mitos juga cerita mistis. Sampai saat ini masih ada aktivitas budaya yang dilakukan oleh masyarakat setempat yakni upacara Nyadran. Upacara ini biasanya akan dilakukan ketika bulan Sya’ban di kalender hijriyah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi dari Pantai Watu Lawang terbilang tersembunyi, tetapi masih mudah untuk anda jangkau. Alamatnya berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Jogja. jaraknya dari pusat kota Jogja memang cukup jauh, mencapai 70 km. Anda membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam 45 menit untuk tiba di Pantai yang cantik ini, dan bisa dengan kendaraan umum atau pribadi.

Apabila anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bus jurusan Jogja ke Wonosari. Kemudian anda bisa turun di terminal Wonosari, dilanjutkan dengan mencari angkutan umum ke Desa Tepus. Sampai lokasi anda bisa memanfaatkan ojek. Hanya saja menggunakan kendaraan umum tidak begitu praktis dan juga masih jarang.

Sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat ke Pantai Watu Lawang. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat semuanya bisa menjangkau lokasi. Memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, anda bisa arahkan kendaraan menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan ke Jalan Panembahan Senopati 9. Ambil jalan untuk menuju arah Wonosari.

Begitu tiba di Wonosari, anda bisa mengikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Indrayanti. Dari Pantai Indrayanti, anda tinggal mengambil arah Timur sekitar 800 meter. Barulah anda akan tiba di lokasi pantai. Aksesnya sudah baik dan begitu dekat lokasi berupa batuan dan tanah. Sehingga anda harus berhati hati, dan bisa memanfaatkan GPS untuk sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Untuk menikmati keindahan dari wisata bahari di Gunung Kidul ini, anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Pos retribusi menuju Watu Lawang memang dibarengi gerbang masuk ke Pantai Indrayanti. Dengan begitu harga tiket yang diberlakukan terbilang sama yakni sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk ini tentu saja bisa berubah kapanpun.

Anda juga harus menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan. Untuk sepeda motor anda perlu menyiapkan budget mulai Rp 5 ribu. Sementara untuk mobil dan lainnya harga tarif parkirnya mulai Rp 10 ribu. Sementara jam operasional Pantai Watu Lawang setiap hari dari Senin sampai Minggu. Buka selama 24 jam, anda bisa datang kapan saja baik pagi ataupun malam hari.

Jam pulang saat liburan di sini memang tidak perlu anda cemaskan. Mengingat anda bisa stay sepuasnya, apalagi ada juga warung yang buka selama 24 jam. Waktu paling pas untuk menikmatinya adalah saat pagi hari. Jika anda datang pada pagi buta, anda bisa menyaksikan matahari terbit dan ketika sore bisa menyaksikan matahari tenggelam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Lawang

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan tentu saja menikmati keindahan pantainya. Pantai Watu Lawang memiliki panorama yang akan membuat anda jatuh cinta. Sepanjang mata memandang anda akan menikmati hamparan bukit karst lengkap dengan bukit hijau yang menyejukkan mata. Belum lagi garis pantai yang panjang dan juga dihiasi pasir putih yang lembut.

Angin pantai yang lembut akan langsung menerpa anda begitu anda menginjakkan kaki. Lautan luas yang membentang dengan gulungan ombak dari kejauhan. Perpaduan warna biru dari lautnya dan hijau perbukitan di sekitar sangat menawan. Sehingga bersantai dan menikmati pemandangan menjadi aktivitas yang tidak bisa anda lewatkan saat di sini.

2. Berjalan-Jalan di Sekitar Pantai

Karena memiliki area yang cukup luas, rasanya tidak lengkap jika anda tidak jalan jalan di sekitarnya. Anda bisa mengunjungi area timur maupun baratnya. Juga bisa menemukan gua yang seakan akan seperti pintu. Terowongan batu alami ini menambah keindahan dari Pantai Watu Lawang. Dan anda bisa menjelajahi di sekitarnya dengan berjalan kaki, pasti akan sangat seru.

3. Menikmati Panorama dari Ketinggian

Ada banyak tebing tebing karst yang bisa anda temukan, sehingga ketika berada di pantai yang cantik dan menawan ini anda bisa menikmati keindahan dari ketinggian. Di atas tebing karst yang menjorok ke laut ini anda juga bisa menemukan gazebo di atas tebingnya. Dari sini hamparan laut dari atas akan membuat anda terkesan. Apalagi jika menghabiskan dengan orang tersayang.

4. Bermain Air

Rasanya tidak lengkap jika singgah ke pantai tetapi tidak bermain air. Ombak dari Watu Lawang terbilang tenang dan tidak terlalu tinggi. Sehingga masih aman jika anda ingin bermain di tepi pantainya. Terdapat beberapa bebatuan karang yang membentuk cekungan layaknya kolam alami. Jika sedang tidak tinggi ombaknya tentu anda bisa bermain di cekungan tersebut.

Cekungan tersebut juga biasanya akan dihiasi oleh ikan ikan kecil. Pengunjung tidak sedikit yang berbasah basahan, tanpa harus menuju ke pantai lepas. Anda hanya perlu berendam di antara karang tersebut. Jika anda membawa anak anak, anda juga bisa membangun istana pasir. Pasir putihnya yang lembut akan membuat kegiatan bermain air semakin seru.

5. Berburu Foto Kekinian

Ketika sedang liburan di Pantai Watu Lawang anda tidak perlu bingung untuk mencari spot mengambil foto kekinian. Hampir setiap sudutnya menarik untuk anda jadikan sebagai tempat mengambil foto. Anda bisa mengambil foto di atas bukit dengan latar belakang pantainya. Atau bisa juga mengambil foto langsung di bibir pantainya.

Salah satu yang menjadi spot paling favorit yakni pada bagian bukit batu yang ada di sisi timur. Pengunjung bisa menaiki bukit batu tersebut dan juga bisa naik ke atas. Sebaran bebatuan yang ada di atas bukit membuatnya terlihat lebih eksotis. Pastikan anda membawa kamera terbaik anda dan juga menyiapkan penyimpanan yang lega.

6. Menikmati Matahari Tenggelam

Cahaya matahari yang akan tenggelam memberikan suasana yang begitu menakjubkan. Warna keemasan ini sangat pas jika berpadu dengan suara deburan ombak. Angin yang berhembus juga menambah suasana romantis. Pastikan anda tidak melewatkan keindahan matahari tenggelam ini saat sedang berada di Pantai Watu Lawang, Gunung Kidul ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Walaupun bukan termasuk pantai yang terkenal, tetapi anda tidak perlu khawatir terkait dengan fasilitasnya. Anda tetap bisa menemukan kamar mandi yang bersih. Biasanya masing masing warung akan menawarkan fasilitas ini. Tentu saja anda harus menyiapkan uang receh untuk membayarnya. Dan beberapa kamar mandi yang hadir juga layak dan bersih.

Selain itu anda juga akan menemukan tempat parkir yang cukup untuk menampung semua kendaraan pengunjung yang kecil. Menuju lokasi jalannya memang terbilang sempit, sehingga biasanya pengguna kendaraan roda empat akan berjalan kaki sampai ke bibir pantai. Anda juga sudah bisa menemukan mushola di Pantai Watu Lawang ini.

Di sepanjang tepi pantainya anda juga bisa menemukan beberapa gazebo yang bisa anda manfaatkan sebagai tempat bersantai. Untuk urusan perut anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak warung yang ada di sekitar. Warung warung ini menyediakan banyak kuliner dari makanan juga minuman dengan harga yang termasuk terjangkau.

Bagi anda yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pantai indah ini, anda juga bisa menemukan beberapa akomodasi penginapan. Yang paling dekat yakni Watulawang Resort dan memiliki fasilitas yang memadai. Tetapi jika ingin banyak pilihan, anda bisa menuju pantai Indrayanti, lokasinya juga masih dekat dengan Pantai Watu Lawang.

Apabila anda sedang mencari pantai yang cantik sekaligus masih sepi, Watu Lawang menjadi pilihan yang tepat. Tentu akan semakin menyenangkan jika anda menghabiskan waktu bersama dengan teman teman atau keluarga. Suasana yang tenang dan pemandangan indah akan membuat liburan anda semakin berkesan dan tidak terlupakan.