Travel  

Pantai Watu Lawang, Pantai Indah dengan Bukit Karang Cantik di Gunung Kidul

Pantai Watu Lawang, Pantai Indah dengan Bukit Karang Cantik di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Indonesia memiliki hamparan daratan laut yang lebih luas dari dataran darat, oleh karena itu, terdapat puluhan ribu pantai yang terbentang, salah satunya di Provinsi Istimewa Yogyakarta. Daerah spesial ini memiliki berbagai pesona-pesona pantai yang wajib dikunjungi, seperti Pantai Watu Lawang.

Pantai yang berada di balik bukit ini memiliki sejarahnya sendiri. Konon menurut masyarakat setempat, Pantai Watu Lawang adalah salah satu pantai yang menjadi napak tilas seorang Prabu Brawijaya VI. Di pantai terdapat dua gua, gua ini berbentuk batu yang di mulutnya seperti pintu atau lawang, itulah awal penamaan pantai.

Pantai berada di Gunung Kidul ini merupakan jajaran pantai-pantai menarik Yogyakarta yang wajib anda datangi bersama keluarga, selain memiliki panorama yang menarik dan memanjakan mata, pantai ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai, serta suasana pantai yang bersih dan airnya yang jernih menambah keelokannya.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Lawang

1. Panorama Laut

Pantai yang berada di Gunung Kidul ini memiliki daya tarik utama hamparan lautan yang luas. Selain hamparan laut, terdapat beberapa bukit batu dan hutan pandan di sekeliling sisi kiri dan sisi kanan laut yang dapat anda lihat. Tak heran banyak wisatawan yang datang hanya untuk bersantai sambil melihat panorama laut.

Situasi yang tenang, damai dan menyejukkan selalu menjadi hal yang menarik untuk anda rasakan. Hempasan ombak dan tiupan angin pantai menambah sensasi berbeda. Udara yang masih menyatu bersama alam hijau ini dapat membuat anda merasa tenang dibanding polusi-polusi jalanan kota.

Pantai Watu Lawang memiliki air laut yang berwarna sangat jernih, yakni memiliki warna jernih kebiruan. Anda juga dapat mengajak keluarga ataupun teman berjalan menyusuri pesisir pantai. Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang tenang, karena tinggi gelombang air laut hanya sekitar 1 meter di atas permukaan laut.

Bagi anda yang ingin berkunjung, di sarankan untuk datang di waktu siang menjelang sore, karena di waktu tersebut anda akan menyaksikan keindahan pantai yang menyatu dengan panorama langit sore. Atau dilain kesempatan, anda dapat datang di waktu pagi melihat sunrise sambil berjemur di bawah sinar matahari pantai.

2. Gua Batu dan Bukit Karang

Asal mula penamaan Pantai Watu Lawang berasal dari gua batu yang menyerupai pintu, kata Watu yang berarti batu dan kata Lawang yang berarti pintu. Saat memasuki wilayah pantai, terdapat beberapa gua batu yang menarik untuk dijelajahi, sayangnya gua batu ini hanya dibuka saat ada upacara adat di bulan sya’ban kalender hijriah.

Selain gua batu yang berbentuk pintu, anda dapat melihat beberapa terowongan batu alami yang wajib anda telusuri jika ke Pantai Watu Lawang. Anda tidak perlu khawatir, terowongan ini memiliki batu-batu yang kokoh jadi tidak akan terguncang atau hancur. Beberapa batu ini menyebar di penjuru pantai.

Selain gua batu, panorama karang juga tak kalah menarik untuk dilihat dan didatangi. Di sekeliling pantai memiliki beberapa karang yang ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan hijau. Anda dapat menaiki karang untuk sekadar merasakan keindahan pantai atau untuk memancing.

3. Jembatan Yang Menyatu Dengan Karang

Menariknya, di Pantai Watu Lawang didirikan jembatan khusus yang menyatu dengan beberapa karang. Jembatan ini memiliki ujung, di ujung tersebut terdapat sebuah pondok kecil tempat untuk bersantai atau berfoto. Akses ke jembatan pun sangat strategis untuk dilewati, tetapi harus tetap waspada ya!

Jembatan ini sangat cocok untuk anda yang ingin merasakan ketenangan dengan menikmati panorama pantai, karena lokasi yang strategis sehingga pondok dapat melihat ke segala penjuru pantai. Di pondok, anda dapat melihat hamparan laut yang biru, batu karang, perbukitan yang rindang, ditambah panorama langit yang cantik.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Wisata alam Pantai Watu Lawang yang menarik ini berada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat Kota Yogya ke lokasi pantai. Jarak perjalanan ini sekitar 66 kilometer. Akses ke pantai dapat anda tempuh dengan mengikuti akses pantai Indrayanti, karena kedua pantai berdekatan.

Karena pantai ini masih terbilang baru dibuka dan masih memiliki pengunjung yang sepi, jadi rute perjalanan dari kota Yogya, anda dapat menempuh rute dengan memilih jalur ke Wonosari menuju ke Bintaos. Selanjutnya, dapat anda ikuti jalan rute menuju Pantai Indrayantu. Letak pantai sekitar 600 meter dari Pantai Indrayanti.

Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor karena akses untuk angkutan umum belum memiliki rute ke pantai. Agar perjalanan anda tidak tersesat, gunakan aplikasi google maps sebagai pemandu perjalanan. Karena jalanan belum beraspal, jadi tetap harus pelan-pelan dan waspada ya!

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Pantai yang menjanjikan keelokan yang menarik ini dapat anda datangi dengan biaya yang ekonomis di dompet karena satu tiket masuk dibanderol dengan harga senilai Rp. 10.000. harga tiket ini sudah termasuk wisata seluruh pantai, seperti mengelilingi pantai ataupun berfoto.

Untuk biaya parkir per-kendaraan mobil hanya dibanderol dengan harga senilai Rp. 5.000 dan kendaraan motor dibanderol dengan harga senilai Rp. 3.000. Adapun untuk waktu operasional pantai, dibuka setiap hari dan 24 jam. Anda dapat berkunjung di waktu pagi ataupun datang di sore hari.

Selain itu, dapat juga dapat menginap, ada beberapa penginapan yang ekonomis di sekitar pantai berjarak ratusan meter dari pesisir pantai. Selain penginapan, anda juga dapat mendirikan tenda di pesisir pantai dengan membayar harga senilai Rp. 10.000 untuk biaya kebersihan pantai.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Aktivitas Bermain

Kegiatan yang wajib anda lakukan jika berwisata ke pantai adalah bermain air. Terlebih jika anda ke Pantai Watu Lawang bersama dengan rombongan keluarga atau teman. Menapakkan kaki ke dinginnya air laut dapat melepas rasa penat anda, selain itu, suasana permainan dengan deburan ombak dan hembusan angin menambah sensasi berbeda.

Selain bermain air, anda juga dapat bermain bola ataupun volly pantai. Anda dapat mengajak rombongan untuk bermain bersama. Aktivitas ini dapat menjadi alternatif hiburan yang dapat dilakukan. Terlebih dapat mempererat hubungan dengan sesama rekan teman, kerja ataupun keluarga.

2. Menyusuri Pesisir Pantai

Selain bermain, anda juga dapat menyusuri pesisir pantai. Biasanya aktivitas ini banyak dilakukan di waktu sore menjelang matahari terbenam, berjalan-jalan mengelilingi pantai sambil menikmati sensasi udara pantai yang menyejukkan. Dapat juga melihat panorama langit pantai yang serasi menghiasi senja sore.

3. Bersantai

Kegiatan sederhana lainnya adalah dengan bersantai-santai di pinggir Pantai Watu Lawang. Anda dapat duduk di pesisir pantai dengan menikmati pasir putih yang bersih dan hamparan air yang jernih. Udara yang mendukung pun membuat situasi menjadi lebih menyenangkan.

Selain bersantai duduk langsung di pasir putih, anda juga dapat bersantai di gazebo atau pondok-pondok yang terdapat di pinggir pantai. Ada pondok-pondok khusus yang terbuat dari kayu dan ditutupi atap yang bisa menjadi alternatif. Selain duduk, anda juga dapat berguling di pondok itu.

Di belakang pondok terdapat warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Tempat strategis, anda dapat langsung membeli makanan dan menikmati makanan dengan panorama laut yang cantik, ditambah hembusan angin sepoi-sepoi membuat sensasi yang berbeda.

4. Camping dan Penginapan

Bagi anda yang ingin bermalam di Pantai Watu Lawang, anda dapat mendirikan tenda di pesisir pantai. Menikmati suasana langsung dari panorama laut yang asyik dan menenangkan dapat anda lakukan bersama rombongan keluarga atau rekan-rekan lainnya. Walaupun begitu, tetap harus menjaga kebersihan pantai ya!

Selain camping dengan mendirikan tenda sendiri, anda juga dapat menyewa beberapa penginapan yang tersedia. Dari mulai harga ekonomis sampai mahal dapat anda dapatkan. Fasilitas-fasilitas yang diberikan pun sama dengan fasilitas penginapan pantai lainnya.

5. Spot Foto

Kegiatan yang wajib anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Watu Lawang adalah berfoto. Anda dapat memanfaatkan keindahan pantai yang elok untuk diabadikan di kamera anda. Ada beberapa spot foto yang menarik untuk anda jadikan sebagai latar berfoto.

Beberapa di antaranya, seperti di gua batu atau terowongan batu, selain itu anda juga dapat berfoto di pesisir pantai dengan deburan ombak yang tenang dan hempasan angin yang berisik. Selanjutnya, anda dapat berfoto di jembatan yang menyatu dengan karang, serta di beberapa karang dan perbukitan yang mengelilingi pantai.

Suasana yang sepi, tenang, hening dan damai pantai dapat memudahkan anda mengambil foto-foto yang menarik tersebut. Jika anda bermalam, anda juga dapat mengabadikan situasi panorama pada malam hari, memotret langit malam pantai yang ditemani ratusan bintang.

6. Berjemur

Salah satu hal lainnya yang dapat anda lakukan jika berwisata ke Pantai Watu Lawang adalah berjemur. Mungkin untuk sebagian wisatawan khususnya wisatawan lokal masih sepi untuk melakukannya, karena kulit terpanggang matahari pantai, tetapi bagi wisatawan asing seperti dari luar negeri, kegiatan ini menjadi hal yang populer untuk dilakukan.

Sebelum berjemur, ada baiknya anda telah menggunakan pelindung tubuh seperti sunscreen dan sunblock agar tubuh anda tidak terpanggang oleh matahari. Waktu yang baik untuk berjemur dari waktu pagi saat matahari terbit sampai ke waktu siang, sebelum jam makan siang.

Fasilitas Wisata di Pantai Watu Lawang

Saat berwisata ke Pantai Watu Lawang anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Dengan harga tiket masuk yang ekonomis, anda bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas pantai yang dapat dikatakan cukup lengkap. Tentu tidak akan rugi jika menghabiskan waktu di pantai.

Walaupun akses jalan masuk yang tidak lebar sehingga untuk area parkiran pantai tidak terlalu luas, namun fasilitas lainnya terbilang bersih dan baik. Terdapat toilet pria dan wanita serta kamar ganti pakaian yang basah, tersedia juga warung-warung kecil yang menjajakan bermacam-macam makanan dan minuman khas jogja.

Bagi anda muslim yang khawatir mengenai ibadah sholat, anda tidak perlu risau, karena disediakan khusus tempat ibadah seperti Musholla yang berada di pinggiran pantai. Terdapat juga pondok-pondok kayu diperuntukkan untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pantai. Selain itu terdapat penginapan khusus bagi yang bermalam.

Pantai Watu Lawang adalah salah satu pantai yang masih sepi dari pengunjung di banding pantai lainnya karena baru dibuka, tetapi keindahan pantai tidak kalah cantik dibanding pantai-pantai lain Jogja. Bagi anda yang ingin berlibur di waktu weekend, pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

error: Content is protected !!