Para Pemimpin Eropa Ucapkan Selamat atas Kemenangan Lula dalam Pilpres Brazil

Para Pemimpin Eropa Ucapkan Selamat atas Kemenangan Lula dalam Pilpres Brazil

Beberapa pemimpin Eropa menyatakan bahwa kemenangan Luiz Inacio da Silva dalam pilpres Brazil menandai era baru dalam hubungan kerjasama negara-negara Eropa dengan Brazil

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sejumlah pemimpin negara-negara Eropa menyampaikan ucapan selamat kepada Luiz Inacio “Lula” da Silva, yang baru saja memenangkan pemilihan umum presiden Brazil, setelah unggul tipis dari Jair Bolsonaro.

Meski Bolsonaro hingga kini masih belum mengakui kekalahannya, banyak pemimpin Eropa menyatakan bahwa kemenangan Lula tersebut akan menjadi penanda dimulainya era baru dalam hubungan mereka dengan Brazil.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa terpilihnya Lula sebagai presiden Brazil “membuka halaman baru dalam sejarah” negara tersebut, seraya menambahkan bahwa kedua negara “akan bergabung untuk menghadapi banyak tantangan bersama dan membangun kembali ikatan persahabatan antara kedua negara kita.”

Rusia Siap Berunding dengan Negara Barat soal Konflik Ukraina

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan orang Brazil sudah memilih “kemajuan dan harapan” setelah memilih Lula.

“Kami akan bekerja sama untuk keadilan sosial, kesetaraan, dan melawan perubahan iklim,” kata pemimpin sayap kiri Spanyol itu.

“Saya menantikan kerja sama kita di tahun-tahun mendatang dengan sangat antusias,” kata Perdana Menteri Portugal Antonio Costa, menyoroti era baru dalam hubungan bilateral dan kerja sama global.

Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak juga mengungkapkan keinginannya untuk bekerja dengan Lula.

“Saya berharap dapat bekerja sama dalam masalah-masalah yang penting bagi Inggris dan Brazil, mulai dari menumbuhkan ekonomi global hingga melindungi sumber daya alam planet ini dan mempromosikan nilai-nilai demokrasi,” cuitnya.

Sementara itu, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen menyoroti peran Brasil dalam tantangan global yang signifikan seperti ketahanan pangan, perdagangan, dan perubahan iklim.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dia menantikan “kerja sama yang erat dan saling percaya dengan Brasil, terutama dalam masalah perdagangan dan perlindungan iklim.”

Setelah menang, Lula berjanji untuk mengantarkan era baru “perdamaian, cinta, dan harapan”. Dia juga berjanji bahwa Brazil akan melanjutkan perannya dalam memerangi perubahan iklim, melindungi keanekaragaman hayati dan menghentikan deforestasi Amazon.

Vladimir Putin Benar, Senjata Kiriman NATO untuk Ukraina Kini Berada di Tangan Kelompok Penjahat


Artikel ini bersumber dari www.jitunews.com.