Pemecahan Rekor di Hari Pembuka Energen Champion SAC Indonesia 2022 Wilayah Kalimantan

Pemecahan Rekor di Hari Pembuka Energen Champion SAC Indonesia 2022 Wilayah Kalimantan

Siswi SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Winney Maharati Ruung naik podium juara lompat jauh jenjang pelajar SMA pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 – Kalimantan Qualifiers di Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (28/10). Foto: Dok. SAC Indonesia

jpnn.com, BANJARMASIN – Setelah sukses merampungkan kualifikasi pada tiga wilayah sebelumnya, yakni Bali dan Nusa Tenggara, Papua, serta Daerah Istimewa Yogyakarta, kompetisi Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 menyapa para pelajar di Pulau Kalimantan.

Kompetisi atletik pelajar terbesar di tanah air ini diikuti 2.200 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA atau sederajat dari 117 sekolah se-Kalimantan  yang berlangsung pada 28-30 Oktober.

Bertempat di Lapangan JPOK Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, ajang kali ini memperlombakan lima main event, yakni sprint, middle distance, relays, long jump, dan shot put. Serta dua supporting event, yakni Formula One dan Kanga’s Escape.

Pada hari pertama, Jumat (28/10), langsung dipertandingkan babak penyisihan 10 nomor lari. Terdiri dari nomor lari 60 meter bagi pelajar putra dan putri tingkat SD, penyisihan nomor lari 80 meter dan 800 meter putra dan putri tingkat SMP, serta penyisihan nomor bergengsi lari 100 meter putra dan putri tingkat SMA.

Sementara untuk nomor lapangan, diperlombakan tolak peluru kelompok putra dan putri tingkat pelajar SMP, serta lompat jauh kelompok putra dan putri tingkat pelajar SMA.

Berbeda dengan nomor lari yang harus menggelar babak penyisihan terlebih dahulu untuk mendapatkan para finalis yang akan berlomba lagi pada hari penutupan, Minggu (30/10). Nomor lapangan tolak peluru dan lompat jauh, langsung menggelar final hingga menghasilkan pemenang.

Terjadi pemecahan rekor Energen Champion SAC Indonesia 2022 dari nomor lompat jauh putri jenjang SMA. Atas nama Winney Maharati Ruuny. Siswi SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong ini berhasil mencatatkan lompatan sejauh 4,7 meter.

Tak hanya mengantarkan dirinya naik podium juara dan berhak mewakili Kalimantan Qualifiers pada National Championship di Jakarta pada Desember mendatang, lompatan 4,70 meter Winney untuk sementara tercatat sebagai yang terjauh.

Banyak rekor di kompetisi Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 wilayah Kalimantan.


Artikel ini bersumber dari www.jpnn.com.