Penyebab Asap Keluar dari Selang Pernafasan Mesin Mobil Bensin

Penyebab Asap Keluar dari Selang Pernafasan Mesin Mobil Bensin

Asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin merupakan salah satu masalah penting yang harus segera dicari sumber masalahnya dan sebisa mungkin segera diperbaiki. 

Keluarnya asap dari selang pernafasan mesin mobil bensin menjadi tanda bahwa ada suatu kerusakan yang terjadi pada komponen mesin.

Umumnya selang pernafasan mobil juga bisa mengeluarkan asap berwarna abu atau kehitaman, namun ini justru dinilai lebih umum dibandingkan keluarnya asap putih. 

Lalu apa yang menjadi penyebab asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin?

Kenali penyebab asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin

Sering kali kamu menemui adanya asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin, bahkan asapnya pun bisa dibilang cukup tebal. 

Asap yang keluar dari selang pernafasan mobil dianggap sebagai masalah apabila berupa uap oli tipis berwarna putih. 

Ternyata penyebab asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin adalah adanya masalah pada seal injektor yang mengalami kebocoran.

Kondisi ini menyebabkan pembakaran mesin ikut melibatkan oli, di mana ada sebagian oli yang ikut terbakar dan menembus ke seal injektor yang kemudian masuk ke ruang di bawah tutup klep mesin.

Artinya, asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin ini dipicu oleh adanya kebocoran pada kompresi mesin hingga menembus ke ruang di atas kepala silinder. 

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka masalah lain yang akan segera terjadi adalah keluarnya asap putih dari knalpot mobil kamu. 

Untuk mencegah munculnya masalah yang lebih parah, ada baiknya segera ganti seal injector dengan yang baru. 

Fungsi selang pernafasan pada mobil

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai asap yang keluar dari selang pernafasan, di mana ini merupakan salah satu masalah yang harus segera dibereskan. 

Dalam suatu sistem mesin mobil sendiri, selang pernafasan ternyata memegang peranan atau fungsi yang cukup penting di antaranya:

1. Pendingin dan penghangat udara

Selang pernafasan pada mobil berfungsi sebagai pendingin sekaligus penghangat udara. 

Saat udara dari luar masuk ke dalam mesin, maka selang pernafasan akan mengubah udara ini menjadi lebih dingin agar suhu mesin tetap normal. 

Sebaliknya juga saat udara dipompa keluar maka selang pernapasan akan membantu menghangatkan udara yang ada di box filter yang kemudian akan terhisap ke ruang bakar. 

2. Tempat sirkulasi udara

Selang pernapasan merupakan tempat di mana udara bersirkulasi di dalam kalter mesin. 

Pada saat mesin mobil dalam kondisi hidup, maka piston di dalam mesin akan naik turun dalam posisi TMA-TMB dimana dalam kondisi tersebut membuat udara dalam kalter menjadi vakum. 

Ketika piston ini naik udara akan tersedot masuk, sedangkan ketika piston turun maka udara akan tertekan keluar. 

Adanya selang pernapasan ini membuat kinerja pergerakan piston menjadi lebih lancar. 

3. Penyalur kompresi yang mengalami kebocoran

Ketika piston melakukan kompresi ada kemungkinan udara yang sudah tercampur dengan bahan bakar justru melintas ke kalter.

Udara ini melewati dinding silinder dan ring piston dan kemudian akan dikeluarkan saat piston sedang bergerak turun. 

Selanjutnya udara ini akan dipompa ke kotak filter udara agar kondisi lingkungan sekitarnya tetap terjaga. 

Tips perawatan mobil bensin

Asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin merupakan salah satu indikasi bahwa mobil memiliki masalah pada komponen mesinnya. Hal ini tentu tak boleh diabaikan, dan sebisa mungkin harus segera diatasi. 

Kerusakan ringan yang segera diatasi tentu mencegah adanya kerusakan yang jauh lebih parah. 

Namun selain itu, pemilik mobil sebaiknya juga paham bagaimana cara merawat mobil yang benar agar mobil tetap terawat dan masalah-masalah pada mobil dapat terdeteksi dengan segera. 

Berikut beberapa cara merawat mobil bensin yang tepat:

1. Rutin periksa cairan mobil

Mesin mobil bensin memerlukan berbagai jenis cairan untuk menjaga agar mesin dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsinya. 

Berbagai cairan yang dibutuhkan mesin mobil bensin diantaranya minyak power steering mobil, minyak rem, oli mesin, oli transmisi, air pencuci untuk wiper kaca depan, hingga air radiator. 

Untuk  menjaga agar mobil tetap dalam kondisi prima, kamu harus rutin mengecek semua cairan ini. Pengecekan dapat dilakukan di bengkel maupun dilakukan di rumah. 

Dengan rutin melakukan pengecekan terhadap cairan-cairan ini maka kamu akan segera tahu apabila ada masalah pada mesin mobil. 

Misalnya saja apabila air radiator berubah warna kecoklatan, maka bisa jadi ada bagian atau komponen pendingin yang berkarat. 

2. Cek V belt mesin secara teratur

Salah satu cara menjaga performa mesin mobil adalah dengan menjaga kondisi v belt mesin tetap baik. 

Komponen v belt ini dapat mengalami aus ketika sudah mencapai batas kilometer penggunaan.

Apabila sudah ada tanda-tanda v belt mengalami keausan, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. 

3. Cek juga aki atau baterai mobil

Aki atau baterai mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber tenaga untuk mesin agar dapat menggerakkan mobil. 

Aki sendiri merupakan salah satu komponen mesin yang harus rutin dicek dan diganti apabila sudah mengalami kerusakan. 

Umumnya ada dua jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Pada aki basah kamu harus  selalu mengecek cairan aki untuk mencegah kekeringan. 

Aki yang kehabisan air aki bisa menyebabkan sel aki terbakar sehingga tidak dapat lagi menyalurkan listrik.

Sedangkan pada aki kering kamu memang tak perlu mengisi ulang cairan aki. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang dapat memberikan pertanggungan ganti rugi terhadap kerugian apabila terjadi suatu resiko pada mobil yang dijaminkan. 

Resiko kerugian pada mobil ini cukup beragam, mulai dari kerusakan akibat adanya benturan, tergelincir, terperosok, atau sebab lainnya. Kerugian juga bisa terjadi akibat adanya tindak kriminal, seperti misalnya pencurian. 

Untuk mendapatkan manfaat pertanggungan dari produk asuransi mobil, kamu harus membeli polis dan membayar sejumlah premi dengan besaran yang telah disetujui bersama dalam polis tersebut. 

Selama polis kamu aktif dan kamu rutin membayar premi, maka perusahaan asuransi mobil kaan memberikan pertanggungan apabila terjadi resiko kerugian pada mobil kamu.

Selain dapat menghindarkan kamu dari kerugian material dan finansial, asuransi mobil juga dapat memberikan rasa aman ketika berkendara. 

Jika masih bingung, cek jenis asuransi mobil yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Tips dari Lifepal! Ketika ada asap putih yang keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin, kamu sebaiknya langsung memeriksanya. Sebab, hal ini bisa menandakan ada seal injektor yang bocor.

Asap putih ini bahkan menandakan kondisi mobil yang tidak baik-baik saja. Maka dari itu segera diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah. 

FAQ seputar asap keluar dari selang pernafasan mesin mobil bensin

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.