Travel  

Perkebunan Teh Sirah Kencong, Pesona Alam Eksotis Nan Hijau di Blitar

Perkebunan Teh Sirah Kencong, Pesona Alam Eksotis Nan Hijau di Blitar

rekomendasi.co.id – Jalan-jalan menikmati masa liburan rasanya memang kurang lengkap jika belum mampir ke wisata Blitar. Terlebih lagi wisata alam selalu memiliki pesonanya tersendiri untuk memanjakan setiap mata yang memandang. Anda bahkan wajib mengunjungi Perkebunan Teh Sirah Kencong karena memiliki daya tarik dan pesona yang dijamin tidak akan membuat kecewa.

Meskipun wisata alam ini memiliki nama perkebunan teh, anda akan disuguhkan dengan berbagai pilihan spot menarik. Jenis wisata alam ini pun sangat cocok dinikmati bersama teman, pasangan hingga keluarga. Yuk intip informasi lebih lengkap terkait wisata alam perkebunan teh sebagai berikut!

Daya Tarik Perkebunan Teh Sirah Kencong

1. Pemandangan Alam yang Indah

Daya tarik utama yang paling dipertimbangkan wisatawan sebelum mengunjungi wisata alam ini adalah pemandangannya. Lazimnya, lokasi perkebunan yang berada di lereng Gunung Butak ini mampu menampilkan pesona keindahan yang tiada duanya. Anda bahkan bisa mengamati keberadaan Gunung Kawi di sebelah barat ketika berkunjung ke tempat ini.

Tak hanya pemandangan pegunungan yang ada di sekitarnya, anda juga akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya kebun teh jika mengunjungi wisata alam ini. Bahkan, perpaduan berbagai objek alam di Perkebunan Teh Sirah Kencong menunjukkan keindahan yang sempurna. Akan lebih lengkap lagi apabila anda mengunjungi wisata alam ini di siang hari yang cerah.

Mengetahui kondisi tersebut, tak ayal jika wisata alam ini sangat terkenal di Kabupaten Blitar. Keindahan alam yang menyajikan sensasi yang berbeda ini bahkan seringkali ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik ketika hari biasa maupun hari liburan. Pemandangan alam yang indah memang sangat cocok dimanfaatkan untuk melepas penat setelah melewati hari-hari yang cukup sibuk.

2. Suasana Tempat Menyegarkan

Lokasi perkebunan teh umumnya berada di daerah dataran tinggi. Hal ini karena tanaman teh membutuhkan suhu yang dingin agar dapat tumbuh dan menghasilkan produksi teh berkualitas. Yaitu berada pada ketinggian sekitar 1000-2000 m/dpl guna mendapatkan suhu lingkungan sekitar 13-15 derajat celcius.

Untuk itu, Perkebunan Teh Sirah Kencong juga memiliki suhu yang sejuk dan nyaman. Dengan demikian, wisata alam ini sangat cocok digunakan untuk merefresh pikiran hingga membuat tubuh rileks kembali. Suasana menyenangkan yang diperoleh dari kesejukan tempat bahkan menjadi pelengkap keindahan alam sekaligus daya tarik wisatawan dari perkotaan.

3. Banyak Spot Instagramable

Daya tarik lain yang tiada duanya dari perkebunan cantik ini adalah kelengkapan spot foto yang banyak diminati wisatawan. Lazimnya, spot instagramable yang disuguhkan sangat membantu setiap pengunjung yang ingin meluapkan ekspresi bahagia dan menciptakan momen indah, baik ketika bersama keluarga, teman hingga pasangan.

Tentu saja, spot instagramable yang disuguhkan pada sudut-sudut tertentu inilah yang sangat disukai oleh pengunjung ketika mengunjungi wisata indah ini. Apalagi spot tersebut sudah didukung dengan bentuk unik yang dapat menunjang setiap ekspresi terbaik guna menghasilkan foto ciamik. Tentunya spot tersebut sangat membantu dalam mendapatkan pemandangan yang mempesona.

4. Wisata Sekitar

Lokasi Perkebunan Teh Sirah Kencong yang cukup luas ternyata juga terhubung langsung dengan beberapa lokasi wisata di sekitarnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan Candi Sirah Kencong dan Air Terjun SIrah Kencong yang bisa anda kunjungi langsung. Anda bahkan bisa mengunjungi langsung wisata indah tersebut melalui petunjuk arah yang sudah disediakan.

Jika dijabarkan, Candi Sirah Kencong berada di salah satu bukit wisata kebun teh. Wisata sejarah ini bahkan bisa langsung anda nikmati secara gratis melalui pintu masuk perkebunan dengan jarak sekitar 15 menit. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan paket lengkap wisata alam dan wisata sejarah jika mengunjungi tempat yang indah ini.

Hampir sama dengan lokasi Candi Sirah Kencong, Air Terjun Sirah Kencong bisa anda nikmati dengan mengikuti jalur belok ke kiri. Sayangnya, wisata pelengkap ini memiliki trek yang cukup menanjak sehingga anda membutuhkan energi prima. Meski demikian, anda akan dihadirkan dengan keindahan yang memukau dan fasilitas memadai sehingga betah berada disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Perkebunan Teh Sirah Kencong pada dasarnya sering dikenal sebagai salah satu wisata alam yang terletak di jalur pendakian Gunung Butak. Tepatnya di Desa Ngadirenggo yang merupakan salah satu daerah yang berada di Kecamatan Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Jika dijabarkan, wisata cantik ini bahkan memiliki jarak sekitar 37 km dari pusat Kota Blitar.

Lokasi perkebunan teh yang berada di dataran tinggi sangat jarang dilalui oleh kendaraan umum. Tak ayal jika penggunaan kendaraan pribadi lebih direkomendasikan untuk sampai di tempat indah ini. Penggunaan kendaraan roda dua atau roda empat pun dapat memberikan pengalaman menyenangkan sembari menikmati keindahan alam selama perjalanan.

Meskipun jalur wisata alam ini cukup terjal, anda tak perlu khawatir karena sudah mulus beraspal. Anda bahkan bisa memilih jalur Semen atau jalur Tegalsari karena sudah didukung dengan fasilitas transportasi yang baik. Namun anda sangat disarankan untuk mengecek performa kendaraan sebelum berangkat karena anda akan ditunjukkan dengan medan tanjakan dan tikungan tajam.

Tentu saja, pilihan jalur Semen ke Perkebunan Teh Sirah Kencong yang sudah dilengkapi fasilitas memadai lebih direkomendasikan daripada jalur Tegalsari. Hal ini karena jalur ini lebih mudah dilewati dengan petunjuk arah yang lengkap agar anda tidak salah jalur. Apalagi anda hanya perlu menuju Pasar Semen dari Kecamatan Wlingi dan belok ke arah kanan hingga sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Lazimnya, wisata alam ini menyediakan harga tiket masuk yang cukup murah dibandingkan dengan wisata alam lainnya. Anda bahkan hanya perlu membayar sekitar Rp10 ribu per orang untuk menikmati berbagai spot yang disediakan. Termasuk Candi Sirah Kencong dan Air Terjun Sirah Kencong yang masih dalam satu kawasan.

Jika biasanya wisata alam dibuka dari pagi sampai sore, kebun the ini bisa anda nikmati selama 24 jam. Beberapa lokasi yang cocok untuk camping atau ngecamp umumnya telah disediakan agar para wisatawan lebih bisa menyatu dengan alam. Apalagi jika anda ingin menikmati keindahan sunrise atau sunset. Namun jangan lupa sediakan biaya tambahan jika diperlukan.

Kegiatan yang Menarik di Perkebunan Teh Sirah Kencong

1. Piknik

Bagi anda yang mengunjungi wisata alam ini bersama keluarga, kegiatan piknik menjadi hal paling seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman tertentu untuk dinikmati bersama sembari menikmati keindahan alam dan menikmati suasana menyegarkan di tempat indah ini.

Begitu pula, anda bisa piknik bersama keluarga dengan menikmati teh wangi asli produk Desa Ngadirejo ketika berkunjung ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Suasana piknik ini dijamin melahirkan pengalaman paling menarik karena anda bisa langsung merasakan rasa teh asli mulai dari proses pemetikan hingga pengolahan.

2. Berburu Foto

Dewasa ini, aktivitas berfoto menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan. Terlebih lagi anda banyak menemukan spot foto paling apik dengan nuansa pemandangan yang masih asri sekaligus spot foto buatan yang sengaja disediakan. Dengan demikian, anda bisa mencoba setiap sudut lokasi wisata alam cantik ini untuk mendapatkan foto ciamik yang sangat instagramable.

3. Camping

Camping juga menjadi aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan. Hal ini karena anda bisa mendapatkan pengalaman paling seru untuk menyatu dengan alam. Berburu sunset atau sunrise dengan mengabadikan momen tertentu juga bisa dilakukan di Perkebunan Teh Sirah Kencong. Bahkan, anda bisa menikmati kumpulan bintang di malam yang cerah karena cukup minim polusi cahaya.

4. Mencari Informasi Menarik

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika mengunjungi wisata indah ini adalah mencari informasi menarik. Lazimnya, anda bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap terkait perkebunan teh hingga sejarah Candi Sirah Kencong yang berlokasi di bukit sekitar perkebunan. Aktivitas ini bahkan dapat menjadi bagian dari pengalaman belajar yang tak kalah menyenangkan.

Terkait informasi perkebunan teh, anda bisa mengamati kegiatan masyarakat di pagi dan siang hari ketika mengelola perkebunan. Tanggapan ramah dari masyarakat pun bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik dan lengkap. Selanjutnya, informasi terkait wisata sejarah bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Candi Sirah Kencong.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Kebun The

Minat wisatawan untuk mengunjungi Perkebunan Teh Sirah Kencong dijawab dengan gencarnya pemenuhan fasilitas. Apalagi keberadaan fasilitas tersebut dapat menambah kepuasan wisatawan ketika mengunjungi wisata alam ini. Berikut beberapa fasilitas yang telah disediakan.

1. Area Parkir

Area parkir menjadi fasilitas utama yang disuguhkan karena banyak wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi. Lazimnya, area parkir sudah dikemas secara aman dengan memperhitungkan pembagian lokasi untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Tempat parkir ini bahkan sudah terjamin keamanannya sehingga anda bebas mengunjungi wisata alam ini.

2. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi juga menjadi hal yang tak kalah penting. Dengan demikian, wisata alam ini menyediakan fasilitas kamar mandi secara lengkap untuk keperluan MCK. Meski demikian, anda sebaiknya mengetahui lokasi kamar mandi yang disediakan melalui petunjuk arah arah tidak kebingungan. Apalagi arena Perkebunan Teh SIrah Kencong sangat luas.

3. Mushola

Selanjutnya, jangan khawatir jika anda hendak menunaikan ibadah pada jam tertentu karena fasilitas mushola juga sudah disediakan lengkap. Anda bahkan bisa mengenakan sarung, sajadah dan mukena yang telah disediakan jika tidak membawanya secara pribadi. Yang terpenting jangan lupa mengembalikan setelah digunakan.

4. Gazebo

Lokasi perkebunan teh yang sangat luas dan jalanan yang beragam memang cukup membuat lelah. Terlebih lagi jika anda jarang berolahraga dan tidak membawa bekal yang cukup. Meski demikian, anda tak perlu khawatir karena keberadaan gazebo di beberapa sudut tertentu dapat digunakan untuk area istirahat sekaligus spot foto menarik.

5. Warung Makan

Selain itu, anda juga bisa menikmati warung makan yang ada di sekitar wisata alam ini setelah seharian sibuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Lazimnya, warung makan tersebut berada di bagian bawah sekitar mushola. Menariknya, warung makan ini menyediakan menu khas lokal dengan cita rasa nikmat dan harga yang terjangkau.

Bukan sekedar perkebunan teh biasa, Perkebunan Teh Sirah Kencong merupakan wisata alam apik di Blitar yang dapat memanjakan setiap wisatawan. Anda dijamin bisa menikmati berbagai jenis wisata sekaligus mulai dari hamparan wisata alam yang luas, wisata sejarah hingga wisata kuliner yang menyajikan menu khas lokal. Apalagi tempat ini memiliki daya tarik dan fasilitas yang lengkap.