Presiden Korea Selatan Umumkan Masa Berkabung Nasional atas Tragedi Halloween Itaewon

Presiden Korea Selatan Umumkan Masa Berkabung Nasional atas Tragedi Halloween Itaewon

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional dan memerintahkan penurunan bendera pada Minggu (30/10/2022) setelah tragedi Halloween di Itaewon, Seoul pada Sabtu (29/10/2022).

Dikutip dari laman CNN, Senin (31/10/2022), Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korsel pada hari Minggu mengatakan bahwa korban tewas naik menjadi 154 orang.

Yoon menyampaikan belasungkawanya atas tragedi Itaewon melalui siaran langsung dari Kantor Kepresidenan pada Minggu (30/10/2022).

“Ini benar-benar mengerikan,” kata Yoon, dikutip dari Yonhap.

“Tragedi dan bencana hari Sabtu seharusnya tidak pernah terjadi,” ungkap Yoon.

“Sebagai Presiden, yang bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan rakyat, hati saya berat dan saya berjuang untuk mengatasi kesedihan saya,” katanya.

Baca juga: POPULER Internasional: Fakta Tragedi Itaewon | China Perketat Lockdown

“Pemerintah akan menetapkan mulai hari ini hingga kecelakaan dapat dikendalikan sebagai periode masa berkabung nasional dan akan menempatkan prioritas utama dalam urusan administrasi dalam pemulihan dan tindakan lanjutan,” tegasnya.

Masa berkabung mulai 30 Oktober-5 November 2022

Perdana Menteri Han Duck-soo kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa masa berkabung akan berlangsung dari Minggu (30/10/2022) sampai Sabtu (5/11/2022) atas instruksi Yoon.

Pemerintah mendirikan altar berkabung di pusat kota Seoul untuk memungkinkan orang memberikan penghormatan kepada para korban.

Santunan bantuan dari pemerintah

Han berbicara setelah pertemuan tanggapan pemerintah yang dipimpin oleh Yoon, mengatakan mereka yang terluka dan keluarga korban juga akan menerima bantuan keuangan sesuai dengan penunjukan Bangsal Yongsan sebagai zona bencana khusus.

Baca juga: Australia Konfirmasi Seorang Warganya Jadi Korban Tragedi Halloween Itaewon Korsel

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional buntut dari tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul yang menewaskan hingga 151 orang pada Sabtu (29/10/2022). Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat dan kantor pemerintahan Korea Selatan untuk mengibarkan bendera setengah tiang.
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional buntut dari tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul yang menewaskan hingga 151 orang pada Sabtu (29/10/2022). Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat dan kantor pemerintahan Korea Selatan untuk mengibarkan bendera setengah tiang. (Yonhap News)

Selama masa berkabung, semua pegawai negeri wajib memakai pita berkabung.

Yoon menyatakan belasungkawa atas kematian dan berharap pemulihan yang cepat untuk yang terluka.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.