Travel  

Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Keindahannya yang Memukau di Gunung Kidul

Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Keindahannya yang Memukau di Gunung Kidul

rekomendasi.co.id – Pulau Kalong termasuk wisata alam yang mempunyai laut begitu menawan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Ombak yang deras tampak menghantam karang cantik. Pada kawasan Pulau memiliki tebing yang tinggi dan menghadap ke arah air laut. Wisatawan dapat berburu spot cantik di sepanjang Pulau karena disana juga ada batu kapur.

Keunikan dari pulau bisa dilihat dari kereta gantung. Dahulu kereta memang dipakai para nelayan untuk mencari hasil laut seperti lobster dan ikan. Namun, sekarang kereta menjadi salah satu kendaraan yang akan mengantarkan ke area wisata.

Obyek destinasi cantik ini juga dihuni oleh beberapa burung dan kelelawar. Hal tersebut membuat Pulau Kalong berbeda dengan pantai lain. Pengunjung dapat melihat air laut yang bersih dengan berdiam diri pada jembatan. Bahkan Anda bisa piknik di area semak atau pasir.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kalong

1. Ombak yang Deras

Pulau Kalong dikelilingi ombak yang begitu deras dan menghantam beberapa batu karang. Ombak itu dapat digunakan untuk bermain selancar. Wisatawan bisa pula melihat pasir putih, batu kapur, hingga pesona lain di dekat ombak. Anda yang suka bermain air bisa melipir ke bagian pinggir, pengelola juga tidak menyarankan tamu untuk menyelam.

2. Spesies Hewan

Pulau yang dikenal sebagai nama Kalong ini memang memiliki arti tertentu. Kawasan sekitar tampak hewan kelelawar atau kalong yang sembunyi di balik tebing. Bahkan ada pula burung gelatik yang melengkapi Pulau dan mudah dijumpai. Traveller juga bisa menemukan biota asli dari air laut seperti lobster, kepiting, dan ikan dalam jumlah banyak.

3. Jembatan Gantung

Pulau Kalong Jogja memiliki daya tarik lain seperti jembatan gantung yang kokoh. Biasanya pelancong melewati jembatan sejauh 30 meter ini untuk menuju Pulau. Sudah tidak sedikit pula yang berdiri di jembatan gantung sambil hunting foto. Jembatan memiliki tali yang sudah kuat, sehingga berdiri di atas sana tidak membuat pengunjung merasa takut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pulau Kalong berlokasi di Desa Pendowo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari kota Jogja masih 2 jam dan tergolong jauh. Traveller bisa liburan mulai pagi karena jarak dari pusat kota yang butuh waktu cukup lama. Selain itu Anda juga dapat memakai kendaraan pribadi supaya lebih mudah dalam menikmati perjalanan.

Berkendara ke Jalan Semanu bisa dijadikan sebagai pilihan rute. Daerah ini masih menjadi satu kawasan dengan pusat kota Jogja yang tidak begitu macet. Lanjutkan menuju Jalan Wedi Ombo serta masuk ke area Jalan Pantai Jungwok. Lalu tidak lama dari sana ada Desa Pendowo yang menjadi lokasi dari pulau cantik ini dan Anda dapat bertanya ke penduduk.

Para pelancong yang membawa sepeda motor atau mobil bisa langsung parkir. Perjalanan ke Pulau cantik dapat dilanjutkan dengan naik kereta gantung. Setelah itu Anda bisa jalan kaki melewati jembatan ke kawasan wisata untuk menikmati liburan. Perjalanan yang seru tentu membuat wisatawan memiliki pengalaman berlibur yang tidak akan terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pulau Kalong

Pulau di Gunung Kidul ini menjadi obyek pilihan rombongan keluarga yang ingin bersantai sekaligus bermain air. Tiket yang ada di bagian loket dijual dengan harga Rp 6.000 per orang. Namun, anak-anak yang masih sangat kecil biasanya tidak ditarik tiket. Mengeluarkan budget yang murah tidak akan membuat tamu kecewa, apalagi harga berlaku selama satu hari full.

Destinasi menawan ini juga sudah memiliki jembatan gantung yang terlihat memukau. Para tamu yang ingin berfoto sambil melihat ombak secara dekat bisa ke jembatan. Harga spot ini dipatok Rp 25.000 pada hari senin hingga minggu. Pada area belum terlihat sama sekali tempat sewa permainan atau alat pancing sehingga traveller wajib membawa pribadi.

Biaya kendaraan yang ingin parkir pada lahan itu diketahui begitu aman di kantong. Setiap orang yang parkir dapat membayar ke petugas sebesar Rp 3.000 per sepeda. Sedangkan kendaraan yang lebih besar seperti mobil bisa menyiapkan Rp 5.000. Biaya liburan ke Pulau Kalong dikenal terjangkau karena wisata yang murah cocok dikunjungi oleh semua usia.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Kalong

1. Menjepret Foto

Pulau yang eksotis selalu menampilkan background foto menarik. Pengunjung bisa berfoto di antara jembatan gantung dengan menghadap ke laut. Selain itu area Pulau yang mempunyai beberapa spesies hewan pun bisa dijadikan obyek mengambil foto.

2. Memancing

Pulau Kalong yang mempunyai deburan ombak tinggi dapat digunakan untuk memancing. Biasanya ada pula nelayan yang menangkap ikan menggunakan perahu. Pelancong harus memilih spot yang paling aman untuk melakukan aktivitas memancing. Bawa pula alat pancing dari rumah karena Pulau tidak menyewakan perlengkapan.

3. Selancar

Ombak yang cukup tinggi di Pulau Kalong mendukung aktivitas selancar. Namun pada kawasan ini belum menyediakan papan selancar. Traveller boleh menyiapkan papan sendiri dari rumah untuk melakukan selancar selama berada di Pulau. Pastikan mengajak kerabat atau teman yang suka selancar supaya terasa lebih seru.

4. Piknik di Pulau Kalong

Pulau yang menawan ini tentu dilengkapi hamparan pasir putih. Disana para tamu dapat berkumpul dengan keluarga untuk melihat deburan ombak. Tak hanya itu, Anda juga bisa piknik sambil bersantai sejenak menikmati suasana Pulau. Kegiatan piknik dapat membuat siapapun merasa nyaman karena bisa makan di alam terbuka.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Pulau Kalong belum menyediakan fasilitas lengkap, namun cukup baik dalam menunjang aktivitas pelancong. Toilet yang menjadi salah satu fasilitas penting telah tersedia di sekitar. Wisatawan boleh menggunakan kamar mandi dengan tidak membayar sama sekali. Hunting foto lebih mudah karena banyak spot yang telah tersebar di kawasan.

Tempat untuk menyewa alat pancing, snorkeling, serta pelampung belum ada pada area. Mushola atau tempat ibadah dapat dilihat pada setiap pojok wisata. Kereta gantung ada disana, para tamu yang ingin menuju Pulau bisa menyewa fasilitas ini. Gazebo serta bangku masih minim di dekat pasir, tetapi Anda dapat menikmati liburan sambil membawa tikar.

Kawasan pulau sudah dibekali fasilitas parkir kendaraan yang masih terjangkau. Traveller yang ingin menyusuri Pulau sambil berkendara tentu tidak akan kesulitan mencari tempat penitipan. Khusus warung masih sedikit di kawasan, Anda bisa membawa nasi sendiri. Selain itu ada fasilitas perahu yang bisa disewa oleh siapapun yang ada di Pulau.

Itulah ulasan Pulau Kalong Yogyakarta yang begitu bersih dan cantik. Mulai dari ombak hingga pesona laut lain dapat ditemukan pada kawasan ini. Bahkan pulau ini dipakai untuk tempat hidup spesies hewan yang semakin menarik dikunjungi. Para tamu tidak boleh melewatkan liburan ke Pulau sambil berburu tempat bermain air dan hunting foto.