Review Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder

Review Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder

rekomendasi.co.id – Teratu Beauty merupakan brand kosmetik yang lahir dari tangan beauty influencer Alifah Ratu. Meski baru resmi lahir pada bulan Februari 2020, brand yang hangat disapa Teratu ini mengusung konsep yang cukup kuat yakni ‘beauty for everyone’.

Konsep tersebut dituangkan Teratu dalam bentuk produk-produk perawatan yang lembut dan aman digunakan, bahkan para ibu hamil dan menyusui pun bisa dengan gembira memakainya.

Selain produk skincare dan personal care yang formulasinya dibuat gentle, Teratu juga menyediakan produk makeup yang minimalis yang bersahabat dengan kulit acne-prone maupun sensitif, lho.

Menarik, bukan? Nah, di artikel review kali ini saya mau memaparkan pengalaman menggunakan salah satu produk makeup dari Teratu Beauty yaitu Matte Blur Set Translucent Loose Powder. Kalau penasaran, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Tentang Produk

Matte Blur Set Translucent Loose Powder dihadirkan pada bulan September 2021. Bedak tabur ini langsung melengkapi lini makeup minimalis yang diunggulkan Teratu. Nah, yang digaungkan dari bedak tabur ini adalah kemampuannya yang dinilai dapat membuat tampilan kompleksi menjadi tampak seperti penggunaan airbrush make up.

Airbrush make up adalah teknik pengaplikasian makeup menggunakan alat khusus yang dapat menyemprotkan aerosol dari produk-produk makeup pada wajah. Teknik ini memang unggul dalam pengaplikasian makeup karena dapat memberikan efek flawless pada kulit.

Sayangnya, airbrush merupakan teknik pengaplikasian makeup yang cukup sulit dilakukan. Biaya yang perlu dikeluarkan pun nggak sedikit, mengingat teknik ini memerlukan alat penyemprot maupun produk makeup khusus.

Tapi kabar baiknya, efek airbrushed make up ini konon bisa didapat dengan hanya menggunakan Teratu Matte Blur Set Translucent Powder sebagai setting powder.

Klaim dan Benefit

Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder merupakan bedak tabur yang punya butiran lembut dan partikel halus yang mampu bantu samarkan tampilan pori-pori dan garis halus pada kulit.

Bedak ini juga akan memberikan tampilan makeup tampak lembut dan matte dengan ketahanan long-lasting. Selengkapnya, kelebihan bedak ini yang diklaim oleh Teratu adalah sebagai berikut:

    Memberikan efek airbrushed make up

    Bisa menyamarkan pori-pori dan garis halus

    Membuat kulit tampak matte dan halus

    Mampu menahan makeup lebih lama hingga 10 jam

    Dapat digunakan untuk semua warna kulit

    Mengandung salicylic acid dan centella asiatica

    Nggak mengandung tambahan parfum

    Bisa digunakan untuk semua jenis kulit termasuk berjerawat, ibu hamil dan ibu menyusui

Cara Pakai

Saya nggak menemukan cara pemakaian Teratu Matte Blur Set Translucent Powder ini dimanapun, baik pada kemasan maupun lewat akun Instagram dan official website Teratu. Jadi saya tebak, cara pakai bedak ini sama seperti setting powder pada umumnya.

Kamu hanya perlu mengaplikasikan produk setelah penggunaan alas bedak. Gunakan puff bedak atau brush untuk mengulaskan bedak secara merata pada wajah dan leher. And you are set!

Fun Fact

Teratu Matte Blur Set Translucent Powder hanya memiliki satu shade warna, lho. Karena translucent alias nggak berwarna, fungsi bedak ini hanya bisa digunakan sebagai setting powder tanpa level coverage, bukan sebagai bedak biasa. Selain bisa set makeup dengan baik, jenis translucent powder juga biasanya sangat baik dalam menahan minyak.

Kemasan

Seperti kabanyakan produk kosmetik, Matte Blur Set Translucent Powder dari Teratu hadir dengan double packaging; jar utama yang menampuk bedak serta dus pada bagian terluar. Bagian dus luar berkonsep all-black dengan sentuhan warna putih pada tulisan-tulisan yang tertera. Pada beberapa sisi dus juga terdapat deboss nama produk yang dibuat berwarna perak.

Nggak cuma di dusnya, silver deboss ini juga ada di bagian tutup ulir dari jar bedak. Warna hitam juga masih dipertahankan pada bagian tutup ulir plastik ini, sementara bagian badannya dibuat transparan karena bisa menampakkan bubuk bedak yang ditampung.

Ketika bagian tutup ulir dibuka, saya langsung disambut oleh puff halus dan tebal berwarna putih. Puff ini cukup baik dalam menahan bedak agar nggak beterbangan sebelum sampai wajah.

Sayangnya, nggak ada lantai pemisah antara puff dengan bedak selain mesh shifter yang berperan sebagai penyaring kuantitas bedak. Jadi kalau jar ini tergoyang-goyang, ada kesempatan bedaknya terkontaminasi oleh puff.

Ingredient List

Nah, setelah tau seluk beluk Teratu Matte Blur Set Translucent Loose Powder, kurang afdal bila kita nggak mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam formulasi bedak ini. Karena itu, yuk baca ingredients list berikut!

Full Ingredients

Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate Methyl Methacrylate Crosspolymer, Silicon Dioxide Hydrate, Nylon-12, Diisostearyl Malate, Isononyl Isononanoate, Squalane, Phenoxyethanol, CI 77891, Salicylic Acid, Tocopheryl Acetate, Glycerin, CI 77492, Butylene Glycol, Ethylhexylglycerin, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, Aqua, CI 77491, Centella Asiatica Leaf Extract, CI 77499, Aluminum Hydroxide, Hydrogen Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane

Key Ingredients

    Aluminum Starch Octenylsuccinate. Bantu menyerap minyak dan keringat

    Methyl Methacrylate Crosspolymer. Bantu menyerap minyak dan samarkan tampilan pori

    Salicylic Acid. Merawat kulit berjerawat

    Squalane. Menjaga kelembaban alami kulit

    Tocopheryl Acetate. Antioksidan

    Glycerin. Mendorong hidrasi pada kulit

    Melaleuca Alternifolia Leaf Oil. Antioksidan, merawat jerawat dan anti mikroba

    Centella Asiatica Leaf Extract. menenangkan kulit

    Aluminum Hydroxide. Opacifying agent

Impresi

Selanjutnya, yuk mengenal langsung bedak ini dari tekstur, aroma dan aplikasinya langsung pada wajah. Akankah produk bedak tabur pertama dari Teratu Beauty ini meninggalkan impresi baik pada saya?

Tekstur

Sesuai dengan klaimnya, bedak ini punya tekstur yang super lembut dan ringan, saking lembutnya tekstur bubuk ini terasa seperti tepung kanji. Setuju kan kalau tepung kanji punya tekstur lebih lembut dibandingkan tepung terigu?