Tekno  

RODE X, divisi gaming baru milik RODE

RODE X, divisi gaming baru milik RODE

RODE pada akhirnya mendirikan divisi khusus gaming dan streaming yang diberi nama RODE X. Selain hardware, mereka juga menawarkan software khusus untuk RODE X.

RODE baru saja mengumumkan sub-brand terbaru mereka yang diberi nama RODE X. Divisi baru ini disebut-sebut sebagai divisi yang dikhususkan untuk para gamer dan streamer profesional.

Divisi ini sudah dikembangkan oleh RODE selama tiga tahun terakhir ini. Bahkan, mereka sudah memiliki divisi pengembangan sendiri yang memang dikhususkan untuk memberi pengalaman terbaik untuk para gamer dan streamer.

“Peluncuran Rode X ini menandakan era baru yang menarik bagi Rode,” ucap CEO Rode, Damien Wilson seperti dikutip dari laman Digitaltrends (27/10).

“Selain dua mikrofon dan Unify yang luar biasa, kami memiliki terobosan produk inovatif yang saat ini sedang di kembangkan guna membentuk masa depan audio streaming dan gaming. Ini baru permulaan.”

Pengumuman divisi baru ini juga dibarengi dengan peluncuran tiga produk terbaru mereka, sebuah aplikasi desktop untuk mengatur audio bernama Unify, dan dua buah microphone XDM-100 dan XCM-50.

Unify merupakan perangkat lunak audio untuk streamer dan gamer. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mempermudah pengguna dalam menyatukan fungsi aplikasi audio, yang sebelumnya melibatkan banyak aplikasi kini hanya perlu menggunakan satu aplikasi.

Aplikasi ini gratis untuk semua produk Rode X, serta tersedia dalam paket berlangganan pertahun dan perbulan untuk perangkat USB Audio lainnya. 

Untuk produk microphone, Rode X XDM-100 memiliki bentuk fisik seperti Rode podcaster dengan warna merah di bagian atas, serta terdapat output headphone, kontrol volume, dan tombol mute. 

Selain itu XDM-100 ini memiliki tambahan pop filter, shock mount, dan kabel tambahan sepanjang tiga meter. 

Di sisi lain, microphone Rode X XCM-50 memiliki bentuk fisik seperti box dengan tambahan shock mount serta internal pop shield. Selain itu tambahan seperti tombol kontrol volume dan mute juga terdapat pada fisik microphone ini. Pembeli juga nantinya akan mendapatkan tripod yang disertakan dalam box. 

Harga untuk Rode X XDM-100 sendiri seharga USD249, sedangkan untuk XCM-50 akan dihargai USD150. Keduanya hanya dapat terhubung melalui USB-C, dan masing-masing memiliki respon frekuensi 20Hz hingga 20kHZ. 

Agar dapat dijalankan, dua microphone ini menggunakan minimal sistem operasi macOS 10.12 atau Windows 10. 

Ketiga produk tersebut menjadi keluaran pertama untuk sub-brand Rode X ini. Sepertinya akan lebih banyak lagi produk Rode X yang dijadwalkan rilis pada tahun 2023 dan seterusnya.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.