Tekno  

Samsung umumkan sensor kamera ISOCELL HPX 200 MP

Samsung umumkan sensor kamera ISOCELL HPX 200 MP

Beberapa bulan lalu, Samsung meluncurkan sensor kamera ISOCELL HP3 beresolusi 200 MP. Sekarang perusahaan tersebut meluncurkan sensor 200 MP terbaru.

Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan ISOCELL HPX, sensor baru kamera beresolusi 200 MP. Peluncuran terbaru ini hadir setelah pengumuman sensor ISOCELL HP3 200 MP pada bulan Juni. ISOCELL HPX memiliki ukuran piksel 0,56 mikron yang mampu mengurangi area modul kamera sebesar 20%, sehingga menghasilkan bodi ponsel yang lebih tipis dan kecil.

ISOCELL HPX menggunakan teknologi Samsung Advanced DTI (Deep Trench Isolation), yang tidak hanya mengisolasi piksel secara terpisah tetapi juga meningkatkan sensitivitas untuk mengambil gambar yang jelas. Dilansir dari Gizmochina (24/10), ISOCELL ini juga memiliki AF ultra-cepat dan ultra presisi berkat solusi AF Super QPD.

Selanjutnya, sensor baru ini menggunakan teknologi Tetra Pixel (16 piksel dalam satu). Ini mampu memberikan pengalaman pemotretan yang positif dalam cahaya rendah. Dalam kondisi seperti itu, HPX dapat secara otomatis beralih di antara tiga mode pencahayaan berbeda berdasarkan cahaya sekitar.

Samsung mengatakan ukuran piksel dipertahankan pada 0,56 mikron di lingkungan yang cukup terang, menghasilkan 200 juta piksel. Di sisi lain, piksel diubah menjadi 1,12 mikron dalam lingkungan cahaya rendah, menghasilkan 50 juta piksel. Terakhir, dalam kondisi cahaya sangat rendah, 16 piksel digabungkan untuk menghasilkan ukuran piksel 2,24 mikron sehingga resolusinya menjadi 12,5 juta piksel. Performa dinamis ini diklaim akan memungkinkan ISOCELL HPX untuk menghasilkan gambar setajam mungkin, bahkan saat sumber cahaya terbatas.

Selain itu, sensor Samsung ISOCELL HPX mampu merekam video 8K pada 30 fps. Ini juga bisa melakukan pemotretan HDR ganda yang mulus dalam mode 4K dan FHD. HDR ini menangkap bagian shadow dan highlight dalam sebuah pemandangan pada tiga exposure yang berbeda: rendah, sedang, dan tinggi tergantung pada lingkungan pengambilan gambar. Setelah itu, ia akan menggabungkan ketiga foto exposure untuk membuat gambar dan video HDR terbaik.

Sensor ini juga mampu merender gambar pada lebih dari 4 triliun warna (kedalaman warna 14 bit), yang 64 kali lebih banyak dari pendahulunya yang memiliki 68 miliar warna (kedalaman warna 12 bit). Namun, Samsung belum mengumumkan ketersediaan sensor gambar ISOCELL HPX.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.

error: Content is protected !!