Travel  

Saung Angklung Udjo, Destinasi Wisata Budaya & Edukasi di Kota Bandung

Saung Angklung Udjo, Destinasi Wisata Budaya & Edukasi di Kota Bandung

rekomendasi.co.id – Saung Angklung Udjo adalah destinasi wisata edukasi di Kota Bandung yang sangat lengkap untuk melestarikan budaya daerah khususnya angklung. Tempat ini terdiri dari arena pertunjukan, tempat workshop untuk alat musik yang terbuat dari bambu dan juga pusat kerajinan bambu.

Kehadiran saung ini memiliki makna untuk meningkatkan kepedulian dan sebagai bentuk melestarikan dari kebudayaan Sunda lebih khusus alat musik angklung, kepada masyarakat lewat sarana pelatihan dan pendidikan.

Sejarah didirikannya tempat pelatihan ini dimulai pada tahun 1996, ketika saat itu Udjo Ngalagena dan sang istri Uum Sumiati mendirikan saung dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara Seni kebudayaan Sunda. Penasaran dengan kehadiran Saung Angklung Udjo ini sehingga bisa begitu terkenal di kalangan mancanegara? Mari simak ulasannya berikut

Daya Tarik yang Dimiliki Saung Angklung Udjo

1. Berada di Kawasan Asri

Niat awalnya dari pasutri Udjo Ngalagena adalah supaya rasa cinta kepada seni dan kebudayaan bisa tumbuh di hati masyarakat. Lokasi dari tempat pelatihan ini punya udara yang masih segar dengan pohon-pohon bambu di sekelilingnya, ditambah lagi dengan adanya kerajinan dari bambu yang membuat suasananya menjadi begitu asri.

2. Sejarah Saung Angklung Udjo

Saung Angklung didirikan oleh Udjo Ngalagena atau akrab dipanggil Mang Udjo bersama sang istri. Tujuan pendiriannya untuk melestarikan seni dan kebudayaan tradisional Daerah Sunda. Mang Udjo dikenal sebagai seorang seniman angklung dari Jawa Barat, berkat kecintaannya terhadap angklung maka berdirilah tempat wisata edukasi ini.

3. Pertunjukan Rutin

Di tempat ini pengunjung yang datang bisa menyaksikan pertunjukan yang diadakan setiap sore. Selain pertunjukan setiap sore tempat ini juga kerap melakukan pertunjukkan spesial di pagi, siang maupun malam di hari-hari tertentu, wisatawan bisa melihat jadwalnya jika ingin melihat penampilan khusus mereka.

Penampilan atau atraksi akan terbagi dalam 9 sesi setiap harinya. Ada berbagai macam pertunjukkan yang bisa disaksikan secara maraton mulai dari pertunjukkan wayang golek, orkestra angklung, Tarian Jawa Barat, Tari Topeng dan lainnya.

4. Berbagai Kerajinan dari Bambu

Saung Angklung Udjo tidak hanya membuat kerajinan alat musik berupa angklung namun juga kerajinan lain untuk interior maupun eksterior yang terbuat dari bahan utama bambu. Pengunjung yang datang bisa membeli berbagai kerajinan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas.

5. Workshop Alat Musik Bambu

Tidak hanya sekedar melihat pertunjukkan permainan angklung saja di tempat indah ini pengunjung bisa mengikuti workshop tentang alat musik dari bambu mulai dari belajar memainkan sampai melihat secara langsung proses pembuatan angklung yang berasal dari bambu.

6. Punya Kuliner Khas

Seni dan kebudayaan tentu tidak terlepas dari kuliner khas dari suatu daerah, begitu pula dengan saung cantik ini yang turut menyediakan aneka kuliner khas dari Daerah Sunda. Ada sebuah restoran di kawasan wisata yang menyediakan santapan khas Bumi Pasundan namanya Dapoer Angklung.

Selain makanan Khas Sunda juga ada makanan luar yang rasanya tidak kalah enak dengan restoran lain diluar sana. Adanya makanan barat ini supaya pengunjung yang berasal mancanegara bisa mendapatkan makanan yang familiar untuk lidah mereka.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Saung Angklung Udjo ini berada di Jalan Padasuka 118, termasuk dalam Kabupaten Bandung Timur, Provinsi Jawa Barat. Jika wisatawan dari Ibu Kota untuk bisa sampai ke lokasi perlu melakukan perjalanan dari arah Cipularang naik ke Jembatan Layang Pasopati kemudian ikuti arah jalan menuju Cicaheum.

Sebelum sampai ke terminal Cicaheum akan ada papan jalan yang mengarah ke Jalan Pasundan. Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan umum rute perjalanannya star dari Durapati kemudian naik angkot 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom yang arah ke Cicaheum.

Setelah itu turun di perempatan Padasuka ya sebelum Terminal Cicaheum, setelah sampai perempatan bisa berjalan kaki atau naik ojek sejauh 500 meter.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Harga tiket masuk ke area Saung Angklung Udjo dibedakan berdasarkan usia dan juga kewarganegaraan. Untuk dewasa WNI harga tiket masuknya sebesar Rp 75.000,- sedangkan untuk anak-anak dari usia 4-11 tahun dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 55.000,-

Sedangkan untuk turis atau wisatawan mancanegara akan dikenakan harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp 120.000,- dan anak-anak usia 4-11 tahun sebesar Rp 75.000,-. Balita dibawah umur 4 tahun tidak akan dikenakan biaya untuk masuk baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Harga tiket ditetapkan berbeda pada hari biasa, akhir pekan maupun hari libur nasional. Dengan membeli tiket masuk pengunjung akan mendapatkan air mineral atau air dalam kemasan teh serta souvenir berupa gantungan kunci yang berbentuk angklung.

Harga tiket masuk tersebut terbilang masih terjangkau mengingat sejumlah fasilitas serta experience yang ditawarkan. Jam operasional setiap hari dari pagi sampai malam hari. Untuk pertunjukan atraksi kesenian dan Budaya Sunda diselenggarakan pada pukul 15.30 WIB. Pertunjukkan ini terbagi dalam 9 sesi yang bisa dinikmati semua oleh pengunjung.

Disaat pandemi seperti beberapa tahun terakhir bagi wisatawan yang ingin melakukan kunjungan maupun menyaksikan virtual performance bisa melakukan reservasi terlebih dahulu

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Saung Angklung Udjo

1. Menyaksikan Pertunjukkan Wayang Golek

Wayang golek jadi pertunjukkan pembuka dalam pagelaran rutin setiap sore di tempat ini. Sandiwara boneka kayu khas Daerah Sunda yang dilengkapi dengan kostum ini mampu memberikan hiburan pembuka bagi pengunjung yang melihatnya.

Setiap pertunjukan wayang golek akan disisipkan pesan moral supaya bisa menjadi pembelajaran bagi pengunjung yang datang. Durasi dari pertunjukkan wayang golek ini biasanya 10-20 menit, setelah pertunjukkan selesai akan disambung dengan atraksi lainnya.

2. Tradisi Helaran di Saung Angklung Udjo

Tradisi Helaran merupakan tradisi perayaan yang diselenggarakan pada saat khitanan atau upacara panen padi. Tujuan dari tradisi helaran ini berupa rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan sang pencipta sehingga musik yang dimainkan pun bernada riang dan gembira.

Pada tradisi helaran yang ditampilkan terdiri dari pertunjukan tarian Sunda dan nyanyian lagu khas Sunda yang diiringi oleh musik angklung dimainkan oleh anak-anak.

3. Menyaksikan Tarian Topeng

Salah satu atraksi rutin yang disajikan dalam pertunjukan sore adalah tarian topeng. Kisah tarian topeng menceritakan seorang pembawa berita yang berasal dari Majapahit sedang melakukan menyelidiki mengenai kondisi Kerajaan Blambangan.

Pembawa berita yang diperankan oleh penari tersebut harus menyamar dengan menggunakan topeng supaya sang pembawa berita tadi dianggap seperti pria yang gagah yang mampu melawan Prabu Minakjinggo.

4. Menyaksikan Pertunjukkan Orkestra Angklung

Kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan pengunjung Saung Angklung Udjo adalah menyaksikan pertunjukkan orkestra angklung. Jangan takut akan merasa bosan bila mendengar lagu yang bergenre sama karena saat pementasan lagu yang dimainkan sangat beragam seperti Twinkle Twinkle Little Star, lagu anak-anak sampai lagu dangdut.

Irama orkestra angklung ini mengiringi penampilan Tarian Tradisional dari Jawa Barat. Sehingga selain memanjakan indra pendengaran, indra penglihatan juga akan dimanjakan dengan tampilan penari yang anggun mempesona.

5. Main Angklung

Tidak hanya melihat pertunjukkan angklung pengunjung juga bisa merasakan sensasi bermain angklung bersama-sama dengan yang lain sehingga terdengar bunyi yang harmonis. Setiap pengunjung akan mendapat pinjaman angklung untuk kemudian dimainkan sesuai dengan aba-aba yang telah di instruksikan. Sebelum bisa bermain angklung bersama setiap pengujian akan diajari cara membunyikan angklung terlebih dahulu.

6. Menari Bersama

Setelah bermain angklung bersama di akhir sesi pertunjukkan setiap sore akan ada kegiatan menari bersama tarian Khas Sunda. Semua pengunjung bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini. Pengunjung bisa mengikuti gerakan dari tarian yang sedang dibawakan oleh penari.

Kegiatan ini tentu sangat menarik untuk dilakukan bersama anak-anak karena selama menari bersama akan diiringi oleh musik riang gembira dari angklung dan alat musik lainnya.

7. Melihat Proses Pembuatan Angklung

Kegiatan menarik yang ditawarkan Saung Angklung Udjo adalah pengunjung bisa secara langsung menyaksikan proses pembuatan angklung dari bahan bambu sampai menjadi alat musik yang siap dimainkan. Tentunya hal ini sangat menarik karena mampu memberikan edukasi kepada anak-anak.

8. Wisata Kuliner

Lelah menyaksikan semua sesi atraksi pertunjukkan kini saatnya mengisi perut dengan bersantap kuliner khas Sunda. Pengunjung bisa langsung datang ke Dapoer Angklung. Restoran ini menyajikan aneka masakan Sunda dari jajanan sampai makanan berat dengan harga yang relatif terjangkau.

9. Berfoto

Lokasi tempat Saung Angklung yang masih terjaga kelestarian serta keasrian alam menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Sehingga Saung Angklung dapat menjadi spot berfoto keren yang tentunya instagramable banget. Nikmati kesejukan lokasi sembari melihat kebudayaan Sunda dari lebih dekat.

10. Belanja Oleh-oleh Souvenir

Puas melihat pertunjukkan memukau dan masih ingin mengenang keindahan yang telah disajikan bisa dilanjut dengan kegiatan belanja souvenir. Bagi pengunjung yang ingin belanja bisa mendatangi tempat penjualan souvenir di dekat loket tiket masuk.

Berbagai souvenir yang bisa dibeli seperti kaos, gantungan kunci, gelang, sandal, tas, dan tentunya replika angklung. Harga pun sangat terjangkau. Berikan oleh-oleh souvenir untuk keluarga, teman atau tetangga di rumah supaya mereka bisa merasakan Budaya Sunda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Saung

Fasilitas yang tersedia di Saung Angklung Udjo antara lain Buruan Sari Asih sebagai tempat untuk bersantai menikmati suasana Sunda bagi pengunjung yang mencari kedamaian. Setelah itu ada Sentra Penyuluhan Kehutanan.

Ssesuai dengan namanya memiliki peran untuk memberikan penyuluhan kepada pengunjung dan warga sekitar tentang pentingnya memelihara pohon dan peran berkontribusi terhadap lingkungan.

Fasilitas selanjutnya ada Bale Karesemen tempat berkumpul dan juga tempat untuk pertunjukan seni yang jadi pusat di tempat ini. Lalu ada juga tempat untuk produksi angklung. Ditempat ini pengunjung bisa melihat secara langsung proses pembuatan angklung dari bambu menjadi suatu alat musik berkualitas.

Selain berbagai fasilitas tempat tersebut di Saung Angklung juga tersedia fasilitas umum seperti area parkir, toilet, mushola, tempat makan yaitu Dapoer Angklung, dan tempat untuk pengunjung bisa duduk-duduk santai.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Saung Angklung Udjo yang penuh dengan budaya Sunda. Sebagai tempat edukasi dan juga pertunjukkan waktu terbaik untuk mendatangi lokasi ini adalah ketika musim liburan sekolah. Pengunjung bisa membawa anak-anak dan tentunya mereka akan sangat happy belajar dan bermain di tempat ini.