Save Orangutan!! Cara Mudah Donasi Online yang Bisa Kamu Lakukan

Save Orangutan!! Cara Mudah Donasi Online yang Bisa Kamu Lakukan

rekomendasi.co.id – Orangutan merupakan salah satu satwa langka yang mayoritas berada di Indonesia dan hampir punah bila tidak dijaga konservasinya.

Pada artikel ini, Finansialku akan mengajak para pembaca untuk lebih peduli dengan lingkungan khususnya orangutan melalui donasi online.

Rubrik Finansialku

Orangutan

Belum lama ini, salah satu hutan hujan tropis Indonesia mengalami kebakaran. Kerugian akibat kebakaran hutan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut dapat langsung dirasakan.

Polusi yang meningkat drastis, para hewan yang ‘diusir’ paksa dari tempat tinggal mereka, hingga kerugian ekonomi dan sosial masyarakat sekitar. Salah satu penghuni hutan Kalimantan yang paling diperhatikan adalah orangutan.

[Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Turut Membakar Saham]

Orangutan merupakan salah satu satwa langka yang mayoritas berada di Indonesia, khususnya di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan.

Di dunia terdapat 2 jenis orangutan, orangutan Borneo (Pongo Pygmaeus) dan orangutan Sumatera (Pongo Abelii).

Habitat orangutan adalah di hutan tropis dan rawa-rawa. Pada habitat alaminya, jumlah orangutan di Borneo adalah sekitar 23.000 dan orangutan Sumatera adalah sekitar 12.000.

Yang menarik dari satwa yang memiliki kesamaan DNA hingga 97% dengan manusia ini adalah, orangutan adalah pemelihara hutan.

Makanan utamanya adalah buah-buahan, dedaunan, kulit, bunga, madu, serangga dan tumbuh-tumbuhan.

Dari makanannya, orangutan membantu pelestarian dan pertumbuhan pohon baru. Selain itu, secara tidak langsung juga membantu pertumbuhan pohon yang baru tumbuh dengan memberikan akses sinar matahari.

Orangutan dapat hidup hingga 45 tahun dan mulai berkembang biak pada umur 7 tahun hingga 10 tahun, namun saat ini menjadi salah satu binatang yang hampir punah karena jumlahnya semakin sedikit.

Terdapat beberapa alasan yang membuat orangutan semakin punah, beberapa di antaranya:

    Perusakan habitat orangutan. Hutan diubah fungsinya menjadi perkebunan dan lahan pertambangan. Walaupun sebenarnya manusia yang merebut tempat tinggal orangutan, masih banyak manusia yang menganggap hewan ini sebagai hama dan membunuh orangutan

    Ditangkap dan dijadikan binatang peliharaan

    Dijual secara ilegal

Cara Membantu Orangutan melalui Donasi Online

Kecanggihan teknologi telah membantu banyak aktivitas manusia. Salah satunya adalah kepedulian manusia terhadap lingkungannya. Banyak faktor yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan apalagi konservasi satwa langka.

Salah satu faktor utama adalah dana. Saat ini, penggalangan dana dapat dilakukan melalui berbagai platform online. Sistemnya adalah Anda memilih topik atau judul kampanye yang menarik perhatian Anda.

Kemudian, Anda dapat memutuskan apakah Anda akan menyumbang dan nominal sumbangan. Untuk mencari situs donasi online juga sebenarnya tidak sulit.

[Baca Juga: 10 Website Donasi Online Aman Terpercaya Untuk Memudahkan Berbagi]

Namun tetap masih ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan pribadi melalui situs tersebut. Di bawah ini terdapat 10 situs donasi online terpercaya yang dapat Anda pilih untuk menyelamatkan orangutan.

    Kitabisa.com. Situs ini telah didirikan dari tahun 2013 dan telah menjadi wadah bagi individu dan organisasi dalam menggalang dana untuk kepentingan sosial

    Sharing Happiness atau Rumah Zakat

    Aksi Cepat Tanggap (act.co.id). Situs ini didirikan pada tahun 205 dan mengembangkan aktivitasnya dalam ranah kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana dan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat

    Indorelawan

    Wecare.id. Situs ini dibangun khusus untuk mengumpukan dana bagi pasien yang memiliki batasan kemampuan finansial dan juga bekerja sama dengan dokter di rumah agar pasien dapat menerima pengobatan yang menyeluruh.

    Causes.com

    Situs ini merupakan platform yang mana Anda dapat mendonasikan akun Twitter atau Facebook untuk menyebarkan pesan atau kampanye sosial secara otomatis.

[Baca Juga: Apakah Zakat Dengan Cara Donasi Boleh Dilakukan?]

    Twibbon

    Change.org. Situs ini memberikan kesempatan bagi setiap individu yang ingin mengangkat sebuah isu dengan bentuk petisi online.

    Situs ini merupakan platform donasi online yang memungkinkan pengguna untuk menggalang dana secara online.

Kampanye Pelestarian Orangutan

Di antara situs di atas, terdapat beberapa kampanye yang memang telah digalang untuk melestarikan orangutan. Di bawah ini merupakan beberapa aksi yang telah dirangkum oleh Finansialku.

#1 BOS Foundation

BOS (Borneo Orangutan Survival) Foundation merupakan salah satu organisasi non-profit Indonesia yang dibangun pada tahun 1991 yang mendedikasikan tugasnya untuk melindungi Orangutan Kalimantan dan habitatnya.

BOS Foundation sendiri telah bekerja sama dengan komunitas lokal, Kementerian Kehutanan Indonesia dan organisasi internasional.

Hingga saat ini, BOS Foundation telah merawat hampir 700 orangutan dengan jumlah pekerja 400 orang.

Melalui situs donasi online kitabisa.com, BOS Foundation telah menggalang 14 kampanye di mana Anda dapat memilih topik dan memberikan donasi sesuai dengan topik yang ingin Anda bantu.

#2 WWF Heart of Borneo

Selain melalui BOS Foundation pada platform kitabisa.com, Anda juga dapat memberikan donasi online melalui wwf.or.id Heart of Borneo Initiative.

Inisiatif ini digalang berdasarkan keinginan untuk melindungi hutan hujan seluas 220.00 kilometer persegi yang mana hampir sepertiga luas Pulau Borneo.

Pulau Borneo sendiri merupakan habitat bagi 10 spesies primata, lebih dari 350 burung, 150 reptil dan amfibi serta lebih dari 15.000 spesies tumbuhan.

Pada tahun 2007, pemerintah 3 negara (Malaysia, Indonesia dan Brunei) menandatangani deklarasi untuk bersama melindungi Heart of Borneo.

Heart of Borneo tersebut berbatasan langsung dengan 3 negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei. Tentu melalui inisiatif ini, kehidupan liar akan mendapatkan manfaat yang sangat besar.

Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu meningkatkan perekonomian sekitar. Tidak kalah penting, melalui WWF Heart of Borneo, ancaman deforestasi Pulau Borneo akan berkurang dan meminimalisasi dampak dari kekeringan dan kebakaran hutan.

#3 Sahabat Orangutan

Yang ketiga adalah Sahabat Orangutan dari Sahabat Satwa. Sahabat Satwa merupakan program donasi berkelanjutan yang bertujuan untuk melindungi spesies yang terancam punah beserta habitatnya.

[Baca Juga: Menyelamatkan Bumi Sekaligus Kantung Keuangan Dengan Melakukan 10+ Gaya Hidup Ramah Lingkungan]

Melalui situs yang didukung oleh supporterwwf.org, Anda dapat memilih struktur donasi. Anda dapat berdonasi satu kali dengan jumlah Rp750 ribu.

Jika Anda ingin melakukan donasi bulanan, Anda juga dapat memilih nominal Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp150 ribu atau Rp200 ribu per bulan.

Lindungi Orangutan demi Masa Depan Anda

Jangan mengira bahwa sedikit aksi atau donasi Anda tidak berarti. Berapa pun dana yang berhasil Anda sumbangkan, pasti akan sangat berguna demi pelestarian orangutan. Lindungilah orangutan demi masa depan yang lebih cerah dan bumi yang lebih baik.

Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda lebih mengerti alasan pentingnya orangutan demi kelestarian dunia ini.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan ajaklah lebih banyak orang untuk membantu berdonasi.

Sumber Referensi:

    Admin. Sabahat Orangutan. Supporterwwf.org – https://bit.ly/2M8prgW

    Admin. Borneo Orangutan Survival Foundation. Galangdana.kitabisa.com – https://bit.ly/31QIO4Y

    Admin. Kenali dan Jadi “Sahabat Orangutan” Wwf.or.id – https://bit.ly/2AIwd7T

    Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani. 10 Website Donasi Online Aman Terpercaya Untuk Memudahkan Berbagi. Finansialku.com – https://bit.ly/2LInM2I

Sumber Gambar:

    Orang Utan 01 – http://bit.ly/2q79ro8

    Orang Utan 02 – http://bit.ly/2Mb7Y8R

    Orang Utan 03 – http://bit.ly/31f7tiw

    Orang Utan 04 – http://bit.ly/2My5Hnc

    Orang Utan 05 – http://bit.ly/2VzbywA

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

error: Content is protected !!