Travel  

Situ Bagendit, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Legenda di Garut

Situ Bagendit, Pesona Alam Eksotis yang Sarat Legenda di Garut

rekomendasi.co.id – Garut yang dikenal sebagai Swiss Van Java memang terkenal akan potensi alamnya yang begitu indah. Sebagian besar dimanfaatkan pemerintah sebagai objek wisata, termasuk Situ Bagendit yang ada di Kecamatan Banyuresmi. Dalam bahasa lokal, Situ memiliki makna Danau, jadi objek wisata kali ini tidak lepas dari keindahan danau.

Namun bukan hanya danau saja yang menjadi daya tarik utamanya, lokasinya yang asri dengan landscape pegunungan juga menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. Apalagi di lokasi wisata ini tersedia berbagai wahana air dan permainan yang seru bagi anak-anak. Di tengah danau bahkan disediakan warung apung yang berjejer rapi untuk berburu kuliner.

Setiap hari, selalu saja banyak pengunjung yang ramai berkunjung, apalagi ketika musim liburan tiba. Kebanyakan yang datang dari kalangan pasangan pemuda dan keluarga. Kalangan pemuda biasanya mengincar suasana romantis dan spot foto yang disediakan. Sedangkan untuk keluarga biasanya membawa anak-anak bermain dan menikmati wahana yang tersedia.

Daya Tarik Wisata Situ Bagendit

Setiap objek wisata memiliki daya tarik yang layak dijadikan alasan untuk dikunjungi, begitu pula dengan Situ Bagendit. Sekilas pembukaan diatas hanya gambaran awal mengenai tempat wisata keluarga ini. Selengkapnya, silahkan simak daya tarik berikut!

1. Legenda Situ Bagendit

Bagi warga lokal kemungkinan besar sudah mengetahui asal usul dari nama danau atau situ yang melegenda ini. Konon, dahulu kala ada seseorang yang kaya raya dengan harta melimpah, namanya Nyai Endit. Harta ini didapatkan dari memeras warga miskin yang kebanyakan berprofesi sebagai petani.

Nyai Endit seringkali mengadakan pesta yang merugikan warganya. Setiap diadakan pesta, setiap kali itu pula warga sengsara. Banyak yang mengeluh kehabisan bahan pokok di rumahnya karena mereka harus memberikan beras untuk acara pesta tersebut. Jika sudah habis, mereka pun terpaksa harus membeli kepadanya dengan harga berkali lipat.

Suatu saat, datang seorang pengemis yang meminta makanan kepada Nya Endit. Dikarenakan sifatnya yang kikir dan tamak, dia pun mengusir pengemis tersebut sambil menghinanya. Saga pengemis berlalu, tetapi sebelumnya menancapkan tongkat di depan rumah Nyai Endit.

Sang Nyai yang merasa tongkat tersebut membuat pemandangan rumahnya terganggu akhirya mencabutnya. Sayangnya, tongkat tersebut tidak bisa dicabut meskipun mendatangkan pengawal dan warga sekitar. Keesokan harinya, pengemis pun datang kembali dan mencabut tongkat tersebut.

Di tengah keheranan warga setempat karena mudahnya pengemis mencabut tongkat, muncullah air dari tanah dengan derasnya. Air ini menggenangi seluruh wilayah perkampungan dan warga pun akhirnya mengungsi. Berbeda dengan Nyai Endit dengan sifat tamaknya, dia bersikukuh mempertahankan hartanya hingga tenggelam di danau yang kemudian dinamakan Situ Bagendit.

2. Pemandangan Indah Situ Bagendit

Terlepas dari benar atau tidaknya legenda tersebut, faktanya keindahan danau sungguh mempesona. Aliran airnya yang tenang membuat pengunjung merasakan rileks dan santai. Di sekitar lokasi tumbuh subur pohon perdu yang menghasilkan oksigen murni, juga sebagai penyejuk mata.

Di beberapa titik danau tergenang tanaman air berupa enceng gondok yang biasanya dibuat kerajinan warga sekitar. Tampak dari kejauhan, sangat jelas deretan gunung tinggi sebagai landscape utamanya. Setidaknya ada empat gunung yang terlihat di Situ Bagendit, yakni Gunung Putri, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray.

3. Dilengkapi Wahana Air

Daya tarik selanjutnya dari danau cantik di Garut ini yakni dari wahana air yang disediakan. Wisatawan tidak hanya disuguhkan pemandangan indah di sekitar Situ, namun juga berbagai permainan. Adapun wahana yang dimaksud diantaranya adalah rakit dan perahu yang bisa disewa dengan harga yang telah ditentukan.

Sementara di tepi Situ Bagendit, tersedia pula permainan yang pastinya disukai anak-anak. Contohnya adalah trampoline, kolam pemancingan, mandi bola, dan seluncuran. Bagi yang ingin menggambar dan mewarnai juga disediakan lahan khusus dan juga peralatannya. Cocok bagi mereka yang ingin berkreasi sambil berimajinasi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Bagi yang tertarik dan ingin berkunjung, silahkan menuju ke Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi Situ Bagendit dengan pusat kota Garut hanya 4 kilometer dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 10 menit menggunakan kendaran bermotor.

Lokasinya strategis, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari pusat kota, ambil arah yang menuju ke Jalan Guntur dan Jalan Merdeka. Lurus terus hingga menemukan SMKN 2 Garut, kemudian belok kanan. Rute selanjutnya adalah menuju ke Jalan H. Hasan Arif hingga tiba di pertigaan Sukamukti. Setelah belok kanan, ikuti papan petunjuk hingga menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Mengunjungi Situ Bagendit tidak memerlukan banyak budget, meskipun membawa banyak rombongan. Objek wisata keluarga ini hanya membebankan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang. Tidak ada perbedaan antara hari aktif atau hari libur, begitu juga dewasa dan anak-anak.

Perlu diketahui, harga diatas masih belum termasuk wahana dan permainan yang tersedia. Untuk tiket parkir juga terpisah, anda harus membayar tambahan sebesar 2.000 rupiah jika membawa motor, dan 5.000 apabila membawa mobil. Silahkan datang kapan saja karena tempat wisata seru ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Situ Bagendit memiliki luas sekitar 125 hektare, jadi sangat memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Apalagi pihak pengelola memberikan sarana dan prasarana yang memadai. Berikut adalah sebagian aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi!

1. Bersantai Sambil Menikmati pemandangan Alam

Piknik sambil bersantai menikmati pemandangan alam di sekitar danau memang pantas dilakukan. Apalagi keindahan kali ini cukup lengkap, mulai dari pegunungan, danau, hingga pohon rindang di sekitar lokasi. Adanya enceng gondok dan teratai di sekitar danau menjadikan pemandangan semakin sempurna dan terkesan asri.

Berbekal makanan yang dibawa dari rumah atau dibeli di sekitar lokasi, anda pun dapat memanfaatkan saung atau gazebo yang tersedia. Namun untuk kali ini tidak gratis, anda harus menyewa saung tersebut jika ingin menikmati suasana indah sambil istirahat dan bersantai.

2. Jogging Menghirup Udara Segar

Beberapa warga sekitar yang mengunjungi Situ Bagendit sering melakukan aktivitas jogging. Biasanya, mereka melakukannya di pagi atau sore hari karena cuaca nya dingin dan menyegarkan. Apabila tertarik, anda pun dapat melakukan aktivitas yang sama. Joging di pinggiran danau cukup menyehatkan, apalagi kondisi udaranya masih asri dengan kandungan oksigen murni.

3. Sepeda Santai

Selain joging, warga sekitar dan sebagian pengunjung biasanya memanfaatkan lokasi wisata ini untuk sepeda santai. Khusus untuk lokasi ini tidak boleh sembarangan, karena ada lintasan khusus bagi sepeda supaya tidak mengganggu pengunjung lainnya. Sayangnya, masih belum ada penyewaan sepeda di sekitar Situ Bagendit, jadi anda harus membawa sendiri dari rumah.

4. Kuliner Warung Apung

Sudah biasa berburu kuliner di darat? Saatnya kali ini anda mencoba berburu kuliner di tengah danau. Objek wisata di garut ini menyediakan beberapa warung yang mengapung di tengah danau. Sensasi makan pun semakin berkesan dengan karena dikelilingi danau luas. Apalagi semilir angin yang datang tidak terlalu kencang, suasana yang didapatkan pastinya lebih romantis.

Untuk bisa mencapai warung apung, anda harus menggunakan transportasi air yang disediakan pengelola Situ Bagendit. Rakit dan perahu dayung adalah beberapa diantara yang siap mengantarkan anda menuju ke warung. Perlu diketahui, kuliner warung apung tidak dibuka setiap hari, hanya di akhir pekan saja ketika pengunjung sedang ramai.

5. Mencoba Wahana Air

Meskipun tujuannya tidak untuk menuju ke warung apung, anda masih bisa menggunakan wahana air yang disediakan. Selain perahu dan rakit, tersedia juga bebek air yang berjalan ketika di kayuh. Ukurannya lumayan besar, jadi anda dan keluarga pun bisa sekaligus menaikinya. Bagi pasangan pemuda, mengayuh bebek di tengah danau mungkin dapat menambah ikatan cinta mereka.

6. Berburu Spot Foto Cantik

Liburan tanpa mengabadikan momen bisa jadi tidak menarik karena tidak ada kenangan. Terlebih, Situ Bagendit memiliki berbagai spot foto cantik dari pemandangan alamnya. Background gagahnya pegunungan dan ketenangan air danau cocok dijadikan latar belakang foto. Di sini juga tersedia jembatan penghubung yang juga tepat dijadikan objek utama foto.

Fasilitas Wisata di Situ Bagendit

Pengelolaan yang baik dibuktikan dari fasilitas yang memadai untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Situ Bagendit sudah masuk kriteria objek wisata yang layak dikunjungi, terbukti dari fasilitas yang lengkap. Lahan parkir nya sangat luas, bahkan bisa menampung beberapa bus sekaligus.

Toilet tersedia dengan kondisi bersih dan nyaman, begitu pula dengan mushola juga tertata rapi. Fasilitas lainnya yaitu warung yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman dan ada juga wahana permainan. Bagi yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong, silahkan menuju pusat cenderamata yang masih dalam satu lokasi.

Bagaimana, apakah cukup jelas ulasan mengenai salah satu objek wisata terbaik di Garut ini? Jika dilihat dari daya tarik, harga yang murah, dan lengkapnya fasilitas yang tersedia, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengunjungi Situ Bagendit. Terlebih, siapa pun cocok mengunjunginya, baik dari kalangan pemuda maupun rombongan anggota keluarga.

error: Content is protected !!