Travel  

Situ Rawa Gede, Objek Wisata Alam Hits dengan Beragam Wahana Permainan di Bogor

Situ Rawa Gede, Objek Wisata Alam Hits dengan Beragam Wahana Permainan di Bogor

rekomendasi.co.id – Bogor memang dikenal memiliki pesona alam yang memukau dan menjadi tujuan utama warga ibukota dalam berakhir pekan dan melepas penat. Berjuluk Kota Hujan, Bogor sudah jelas memliki destinasi yang sejuk dan menyegarkan, seperti air terjun, pengunungan, taman cantik dan sebagainya.

Bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan di Bogor, maka Situ Rawa Gede bisa menjadi pilihan destinasi alam yang tepat. Apa saja yang menarik di kawasan wisata alam ini? Simak ulasan lengkapnya!

Harga Tiket Masuk Situ Rawa Gede

Pengunjung yang ingin masuk ke kawasan wisata situ, perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 20.000 per orangnya. Untuk yang ingin camping butuh tambahan biaya Rp 10.000. Dengan harga tersebut tentunya tergolong murah dibanding dengan panorama alam yang ditawarkan tempat ini.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi Wisata

Bukit Pengilon terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk tempatnya sendiri memang agak jauh dari Jakarta, mengingat lokasinya yang masih sangat alami. Namun, Situ Rawa Gede masih cukup mudah diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute yang paling mudah dapat dimulai dari exit tol Sentul Selatan, kemudian mengakses jalan utama yakni Jl. MH. Thamrin dan Jl. Siliwangi ke Jl. Bali Raya di Sumur Batu. Setelah itu, ambil Jl. Raya Babakan, Jl. Wangoon dan Jl. Kecibadak ke Jl. Cibadak Sukamakmur.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan melewati Jl. Raya Desa Sukamakmur, Jl. Kb. Danas dan Jl. Kp. Ciherang ke Jl. Al-Amsor di Wargajaya hingga ke ke Jl. Rw. Geude di Sirnajaya.

Daya Tarik Wisata Situ Rawa Gede

1. Hamparan Rumput Hijau yang Luas

Salah satu daya tarik utama adalah hamparan rumputnya yang hijau dan luas. Hamparan rumput ini sangatlah indah dan memanjakan mata, karena dikelilingi oleh perbukitan serta pepohonan asri yang hijau. Oleh karena itu, banyak sekali di antara pengunjung yang melakukan ragam aktivitas di hamparan rumput ini, seperti berolahraga, melakukan yoga, bermain, ataupun sekadar bersantai.

Selain itu, hamparan rumput ini juga sangatlah terawat, dan berbeda dengan rerumputan liar yang biasa ditemukan di tempat lain. Kondisi seperti inilah yang menambah kesan asri dan alami pada kawasan wisata Situ Rawa Gede. Karena keasriannya, banyak sekali fauna yang berkeliaran dengan bebas seperti burung serta kupu-kupu yang sangat cantik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, area hamparan rumput ini memang sangatlah luas. Karena itu, area ini juga kerap digunakan sebagai lokasi menyelenggarakan kegiatan dalam skala besar seperti team building perusahaan, gathering, karya wisata, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan aktivitas seperti ini, pengunjung dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui pihak pengelola.

2. Danau yang Cantik

Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kawasan danau ini tak lain adalah karena danaunya yang sangat cantik. Danau yang ada di tempat ini dikelilingi oleh suasana pepohonan yang asri dan hijau, sehingga menampilkan pemandangan yang spektakuler. Selain itu, kualitas air di danau ini sangatlah jernih dan bebas dari sampah, karena airnya langsung bersumber dari mata air alami.

3. Kolam Renang Alami

Daya tarik lain yang dihadirkan di kawasan wisata Situ Rawa Gede ini adalah kolam renang alaminya. Kolam ini disebut sebagai kolam renang alami karena airnya yang memang bersumber dari curug alami di sekitar lokasi. Oleh sebab itu, pengunjung dapat menikmati suasana berenang di air alami yang segar dengan suhu yang sangat sejuk.

Kedalaman air di kolam renang ini memang tidak terlalu dalam, dan hanya sepinggang orang dewasa. Namun, anak-anak yang berenang tetap harus berada di bawah pengawasan orang tua. Untuk ukurannya sendiri, kolam ini memang cukup luas sehingga pengunjung dapat berenang ataupun bermain air dengan sangat leluasa.

4. Wahana Permainan Air

Di tempat wisata alami ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya saja, melainkan pengunjung juga dapat mencoba ragam wahana permainan air yang tersedia seperti perahu bebek, ataupun perahu dayung. Untuk dapat mencoba wahana permainan air ini, pengunjung dapat membayar tiket tambahan di loket yang telah tersedia.

Pada umumnya, pengunjung memanfaatkan wahana permainan air khususnya perahu bebek untuk mengelilingi danau, dan menikmati pemandangan yang disuguhkan. Oleh sebab itu, wahana air yang satu ini cocok untuk dimainkan bersama teman ataupun keluarga.

5. Tempat Pemancingan

Daya tarik lainnya yang cukup popular adalah pemancingan. Di Situ Rawa Gede ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing di area pemancingan yang telah disiapkan. Area pemancingan ini letaknya dekat dengan danau, sehingga pengunjung bisa mendapatkan hasil pancingan ikan segar.

Jenis ikan yang tersedia untuk dipancing antara lain adalah ikan mas, ikan nila, dan ikan jenis lainnya. Pihak pengelola juga secara rutin mengadakan lomba memancing dengan hadiah yang cukup menarik, sehingga patut untuk diikuti terutama oleh para pemancing profesional.

6. Spot Foto Menarik

Bagi pengunjung yang gemar berfoto, tempat ini sangatlah tepat dijadikan tujuan fotografi karena menawarkan ragam spot foto menarik yang pastinya sangat instagrammable. Mengingat pemandangan alamnya yang sangat mempesona, banyak sekali pengunjung yang berfoto dengan latar belakang alam seperti danau, hamparan rumput, bukit, ataupun pepohonan hijau yang asri.

Selain pemandangan alam, pihak pengelola juga sudah menyediakan spot foto tambahan yang tak kalah menarik seperti air mancur, gardu pandang, jembatan bambu warna warni, signage ‘Situ Rawa Gede’, dan masih banyak spot foto menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

7. Kolam Terapi Ikan

Salah satu daya tarik yang cukup unik di Situ Rawa Gede ini adalah fasilitas kolam terapi ikan. Sesuai dengan namanya, di kolam ini pengunjung dapat bersantai sambil merendam kaki di kolam yang terdapat ikan. Ikan-ikan ini bukanlah ikan biasa, melainkan jenis ikan yang khusus diperuntukkan sebagai media terapi yang menghilangkan sel kulit mati.

Biasanya, kolam yang satu ini selalu ramai digunakan oleh para pengunjung. Sensasi berendam kaki di kolam terapi ikan ini sangatlah unik, dan cukup membuat rileks. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan manfaat yakni menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit sehingga kulit kaki menjadi lebih halus.

8. Agrowisata Kopi

Di Situ Rawa Gede ini, pihak pengelola menyediakan aktivitas menarik lainnya yakni Agrowisata Kopi. Melalui aktivitas ini, pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan dan pengolahan kopi asli. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba sendiri prosesnya sambil dijelaskan oleh profesional di bidang kopi.

Apabila sudah melihat serta mencoba proses pengolahan kopi ini, tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba kopi hangat yang dihasilkan. Untuk itu, di tempat wisata alami ini terdapat sebuah kedai kopi yang memungkinkan setiap pengunjung untuk dapat mencicipi kenikmatan kopi asli daerah setempat. Tak hanya itu, di kedai ini pengunjung juga dapat membeli biji kopi asli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

9. Camping Ground

Karena keindahan alamnya yang spektakuler serta suasana alamnya yang asri dan sejuk, maka lokasi wisata hits ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Untuk itu, pihak pengelola telah menyediakan lahan berkemah atau camping ground yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk membangun tenda dan melakukan kemah bersama teman atau keluarga. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena biaya yang dikenakan untuk dapat menyewa camping ground ini terbilang cukup terjangkau.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan Situ Rawa Gede, di antaranya yaitu:

1. Berenang di Kolam Alami

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah menikmati kesegaran dengan berenang. Kolam renang yang tersedia di tempat wisata ini sangatlah bersih, dengan air yang bersumber dari curug alami sehingga suhunya sejuk dan menyegarkan.

2. Berburu Foto

Ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan di kawasan wisata fenomenal ini, seperti air mancur, gardu pandang, atau jembatan bambu. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan.

3. Mencoba Wahana Air

Aktivitas lainnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan di Situ Rawa Gede adalah mencoba wahana permainan air, salah satunya yakni perahu bebek. Keamanan dari wahana permainan ini sangat terjamin, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki perahu bebek sambil menikmati pemandangan danau dan perbukitan yang hijau.

4. Camping di Alam Bebas

Apabila pengunjung ingin menikmati suasana alam yang tersaji lebih lama, pihak pengelola tempat wisata telah menyediakan fasilitas camping ground. Oleh karena itu, pengunjung dapat melakukan kegiatan berkemah dan aktivitas menarik lainnya. Segala kebutuhan harus dipersiapkan dari rumah agar kegiatan camping lebih menyenangkan.

5. Menginap di Homestay

Dalam kawasan wisata alam ini, pengunjung dapat menyewa homestay dengan arsitektur bangunan khas Sunda yang sangat menarik. Bangunan homestay ini ukurannya cukup besar, sehingga dapat menampung mulai dari 3 sampai dengan 7 orang.

Untuk harga penyewaan homestay ini cukup terjangkau, yakni Rp 500.000 per malamnya. Dengan harga sebesar ini, pengunjung sudah dapat menikmati ragam fasilitas homestay yang lengkap, serta pemandangan dan suasana alam asri yang jarang ditemukan di daerah lain.

Fasilitas yang Ada di Situ Rawa Gede

Ragam fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola wisata alam ini untuk mendukung kebutuhan dan kenyamanan para wisatawan. Fasilitas yang bisa ditemukan diantaranya:

    Lahan Parkir – Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi yang disediakan terletak di sekitar pintu masuk Situ Rawa Gede. Di area parkir ini, keamanan kendaraan sangat terjamin karena selalu dijaga oleh petugas keamanan.

    Warung Makan – Di sekitar danau tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Anda dapat bersantai di tempat ini sembari menikmati panorama alam yang menakjubkan.

    Bale Bale – Pengunjung juga dapat bersantai di area bale-bale yang telah disediakan di sekitar kawasan situ.

    Mushola – Bagi pengunjung muslim dapat memanfaatkan Mushola yang tersedia agar dapat bisa melaksanakan kewajiban tepat waktu.

    Toilet Umum – Fasilitas yang termasuk penting dalam kawasan tempat wisata. Di sekitar danau sudah disediakan toilet umum yang lumayan terawat.

Demikianlah beberapa hal menarik mengenai Situ Rawa Gede, destinasi wisata alam hits di Kabupaten Bogor. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, danau ini memang menawarkan suasana alam yang spektakuler, serta ragam aktivitas wisata yang menyenangkan. Untuk itu, kawasan wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi apabila hendak menikmati panorama alam Bogor dan sekitarnya.

error: Content is protected !!