Tekno  

Spesifikasi iPhone 15 Pro Terkuak, Ditenagai A17 Bionic dan RAM 8GB

Spesifikasi iPhone 15 Pro Terkuak, Ditenagai A17 Bionic dan RAM 8GB

Telset.id, Jakarta – Spesifikasi iPhone 15 Pro sebagai penerus iPhone 14 Pro akhirnya terkuak. HP buatan Apple tersebut bakal tampil beda dibanding pendahulu, dengan ditenagai chipset A17 Bionic dan RAM 8GB.

Apple baru saja meluncurkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, yang merupakan dua varian yang ditenagai Apple A16 Bionic, chip andalan Apple di tahun ini.

Di tahun depan, Apple sudah menyiapkan generasi penerusnya, yang tentu saja akan hadir dengan berbagai peningkatan. Kabarnya, selain bakal hadir dengan peningkatan kamera, iPhone edisi 2023 akan ditenagai chip generasi terbaru yang lebih powerful.

Menurut firma riset TrendForce, model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang diluncurkan tahun depan akan ditenagai chip generasi berikutnya Apple Bionic A17. Sementara model non-Pro masih akan ditenagai chip A16 Bionic rilisan tahun ini.

BACA JUGA:

Selain itu, penerus iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max itu diklaim akan hadir dengan kapasitas memori yang lebih besar dengan RAM 8GB. Kapasitas ini lebih besar dibandongkan seri Pro iPhone 14 dengan RAM 6GB.

Pada pekan lalu, kepala pemasaran Apple Greg Joswiak mengkonfirmasi bahwa Apple harus mematuhi undang-undang Uni Eropa untuk mengubah iPhone generasi mendatang dengan pengisi daya USB Type-C.

Sesuai aturan, Apple akan mengannti port Lightning dengan port pengisian USB Type-C untuk generasi iPhone ke depan, yang dimulai dari iPhone 15 series yang akan diluncurkan tahun 2023.

Sementara itu, perusahaan riset Taiwan mengklaim bahwa model iPhone 15 tahun depan menampilkan lensa 8P pada kamera utama, tetapi resolusi sensor masih belum diketahui. Kamera telefoto iPhone 15 Pro Max diklaim akan menawarkan fitur kamera periskop dengan zoom optik 10x.

Sebelumnya, analis Haitong International Securites, Jeff Pu mengatakan bahwa Apple masih akan menggunakan modem 5G Qualcomm untuk seluruh model iPhone 15 dan iPhone 16. Itu artinya, Apple masih akan menggunakannya hingga 2024 mendatang.

Seperti diketahui, raksasa dari Cupertino itu memang diketahui dalam beberapa tahun terakhir sedang mencoba mengembangkan modem 5G sendiri, untuk mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm sebagai pemasok modem.

Apple sebenarnya berencana ingin semua seri smartphone buatannya edisi tahun 2023 sudah bisa menggunakan modem 5G buatan sendiri. Namun nampaknya pengembangan yang dilakukan Apple belum bisa rampung dalam waktu dekat. itu sebabnya, Apple diprediksi masih akan menggunakan modem 5G buatan Qualcomm hingga 2024.

Jeff Pu memperkirakan bahwa iPhone 15 yang dirilis pada 2023 akan menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X70, dan iPhone 16 yang rilis tahun 2024 akan menggunakan modem Snapdragon X75 yang akan diproduksi berdasarkan proses 4nm dari TSMC.

BACA JUGA:

Perlu diketahui, proses fabrikasi yang lebih kecil pada Snapdragon X75 akan membuat modem 5G ini memiliki peningkatan efisiensi daya. Modem Snapdragon X75 diharapkan mampu menghemat daya baterai iPhone 16 ketika mengaktifkan jaringan 5G.

Sebagai informasi, iPhone 14 series yang baru diluncurkan tahun ini menggunakan modem Snapdragon X65, yang diumumkan Qualcomm pada Februari 2021. Modem ini membawa peningkatan efisiensi daya dan peningkatan masa pakai baterai. [SN/HBS]

 

Artikel ini bersumber dari telset.id.