Travel  

Sudirman Street Day and Night Market, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Bandung

Sudirman Street Day and Night Market, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Bandung

rekomendasi.co.id – Pergi berwisata ke tempat berupa pantai, gunung ataupun wisata alam lainnya mungkin merupakan hal yang telah biasa. Bahkan beberapa pengunjung akan merasa sedikit bosan. Karena itu, bagi Anda yang ingin suasana yang lain maka sangat direkomendasikan mengunjungi Sudirman Street Day and Night Market.

Lokasi dari tempat tersebut sudah terlihat jelas dari namanya. Wisata yang satu ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung. Di sepanjang jalan menyusuri tempat tersebut pengunjung akan dimanjakan oleh berbagai macam menu makanan yang begitu lezat, nikmat serta mampu menggugah selera.

Tidak hanya di Jalan Jenderal Sudirman saja berbagai macam makanan enak yang dijual oleh penjual makanan berjejer rapi bahkan sampai ke Jalan Cibadak. Anda yang sangat hemat sekali dengan kuliner dan menikmati makanan dari berbagai daerah, maka perlu untuk mengunjungi lokasi wisata ini.

Daya Tarik Sudirman Street Day and Night Market

1. Berbagai Macam Menu Makanan yang Sangat Lengkap

Tidak hanya sebagai pusat kuliner yang begitu memukau saja. Sudirman Street Day and Night Market juga mempunyai banyak sekali daya tarik yang memikat berbeda saat ketika Anda berburu kuliner di lokasi lain. Lokasinya memang terbilang cukup luas sehingga terdapat banyak penjual yang bisa ditampung sekaligus.

Memang di tempat tersebut Anda tidak akan menemukan seorang yang menjual mainan ataupun area bermain. Karena di tempat tersebut semuanya berhubungan dengan kuliner yang pastinya memiliki menu yang begitu lengkap. Anda akan menemukan makanan berat hingga makanan ringan.

Tidak hanya itu saja, pengunjung pun bisa mencicipi makanan modern dan tradisional serta berbagai macam jenis minuman yang membuat lidah Anda bergoyang. Di tempat ini sebagian menyajikan makanan non halal yang dikhususkan bagi Anda yang non muslim.

Untuk menu andalannya sendiri di antaranya yaitu Babi Panggang El Paso dan Sate Babi Wibisana. Sedangkan untuk Anda yang beragama muslim lokasi wisata kuliner tersebut pun juga menyediakan makanan yang tak kalah nikmat. Menu-menu tersebut seperti Ketan Duren Pattaya maupun Sup Iga Babi.

Anda tidak perlu merasa khawatir nantinya akan terjebak oleh berbagai macam jenis makanan yang diinginkan. Nanti Anda bisa menyaksikan jelas dari nama menu yang ada di sana. Selain itu keduanya tak akan tercampur aduk karena memang terdapat pemisah serta dilengkapi dengan keterangan yang jelas.

Namun bagi Anda yang masih ragu, maka Anda dapat menanyakan hal tersebut pada pihak penjual mengenai apa kira-kira bahan utama untuk pembuatan makanan yang disajikan pada menu yang nantinya hendak Anda pilih.

2. Lokasi Nyaman

Daya tarik selanjutnya yang disuguhkan oleh Sudirman Street Day and Night Market ini yaitu desainnya yang memang begitu apik serta berkesan sangat oriental. Sekalipun di tempat ini ada banyak sekali pedagang di jalanan yang memanjang, tapi nyatanya hal itu makin membuat jalanan terkesan indah.

Di tempat ini terdapat tiga area dan sebelumnya hanya dua area saja ketika pertama dibuka. Area gerobak semi permanen dan area kontainer permanen adalah area utama. Untuk lokasinya terpisah oleh area yang ketiga, yang mayoritas menjual menu makanan-makanan halal di sana.

Tidak terdapat pembatas untuk tiga area tersebut, kalaupun ada hanya berupa papan nama yang diletakkan di depan toko. Meja makan di tempat tersebut juga telah dilengkapi kursi berjajar rapi dan juga saling berhadapan.

Bentuknya relatif sama, yang membedakan di sini yaitu hanya warna sesuai dengan keinginan si pemilik. Sekalipun di sini memang terkesan padat namun tetap Anda akan menemukan adanya jalan setapak yang relatif lebar. Sehingga hal itu tidak akan membuat pengunjung berdesakan ketika kondisi di sana tengah ramai.

Secara keseluruhan desain Sudirman Street Day and Night Market termasuk klasik, mirip seperti Chinatown. Namun, terdapat pula desain modern yang diperoleh dari konsep serta pencahayaan yang mayoritas berupa lampu dinding dan lampion yang memang tidak terlalu terang. Karena itu ketika Anda datang saat malam hari, maka Anda bisa memperoleh suasana yang romantis.

3. Harga Kuliner Murah

Perlu diketahui menu di tempat ini memang dijual dengan harga yang relatif cukup terjangkau. Area wisata memang sangat dikenal dengan harga makanannya yang murah meriah serta ramah di kantong Anda. Namun sekalipun begitu hal tersebut tergantung dari jenis makanan yang Anda pilih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi dari tempat wisata kuliner yang berada di Kota Bandung ini memang relatif strategis, karena itu pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Alamatnya sendiri berada di Jalan Jenderal Sudirman Karanganyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Bandung, maka hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja.

Untuk Anda yang belum tahu mengenai seluk beluk dari Kota Bandung serta berminat untuk mengunjungi Sudirman Street Day and Night Market maka Anda bisa menuju ke Jalan Bangka lebih dahulu. Untuk selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Jawa dan Anda melewati sepanjang Jalan Kalimantan.

Setelah Anda tiba di pertigaan, Anda pilih jalan untuk menuju ke Jalan utama. Anda ikuti jalan utama tersebut hingga akhirnya tiba di perempatan. Di perempatan inilah nantinya Anda ambil jalur kiri mengarah ke Jalan Wastu Kencana.

Oleh karena Sudirman Street Day and Night Market bukan wisata alam ataupun wisata yang menyediakan berbagai macam wahana menarik, maka untuk bisa memasuki tempat tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Siapapun bebas untuk datang ke tempat tersebut.

Namun untuk pengunjung yang kebetulan datang membawa kendaraan pribadi, maka nantinya perlu memarkirkannya lebih dulu di area parkir yang sudah tersedia. Pengunjung perlu membayar biaya parkir yaitu Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua yaitu sebesar Rp 2.000.

Kegiatan yang Menarik di Sudirman Street Day and Night Market

1. Berburu Kuliner Lezat

Sebagai salah satu pusat kuliner yang paling besar di Kota Bandung, ada banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan di Sudirman Street Day and Night Market. Namun memang mayoritas berhubungan dengan makanan-makanan yang lezat dan menggugah selera.

Karena itulah, tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan yang paling menarik bisa Anda lakukan di tempat ini yaitu berburu kuliner. Hal itu dikarenakan banyak sekali menu-menu makanan dan minuman yang tersedia. Ada banyak sekali pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda, baik itu makanan berat ataupun makanan ringan.

Pastikan untuk Anda benar-benar memilih makanan yang Anda sukai, karena mungkin tidak bisa menikmati makanan lain karena sudah keburu kenyang. Sebagaimana kegiatan berburu kuliner Anda bisa langsung menikmati makanan tersebut di tempat ini ataupun Anda bisa membungkus dan membawanya pulang.

Namun sebagai saran, alangkah baiknya jika Anda menikmati makanan tersebut di tempat tersebut sambil lalu menyaksikan hiasan-hiasan Indah ornamen ala Cina. Selain itu bagi Anda yang masih single maka di tempat tersebut Anda bisa sekalian cuci mata.

2. Berburu Spot Foto

Untuk mayoritas orang mungkin memang tidak terpikir bahwasanya Sudirman Street Day sangat cocok untuk dijadikan salah satu lokasi berburu spot foto indah. Harus diakui memang tak ada panorama alam indah di tempat tersebut, yang ada hanyalah suasana yang begitu romantis dengan deretan lampu dinding dan lampion sehingga membuat kesan begitu remang.

Selain menjadikan suasana di tempat ini sebagai spot foto menarik. Anda pun dapat mengambil beberapa gambar makanan yang sudah Anda pesan.

3. Menginap di Hotel

Lokasi dari area kuliner Sudirman Street Day and Night Market memang cukup strategis karena tempat ini berada di area pusat kota. Ada banyak sekali hal-hal lain yang bisa ditemui di tempat tersebut. Salah satunya yaitu hotel atau tempat penginapan.

Tempat penginapan di sana cukup bervariasi, ada yang berupa tempat penginapan sederhana dan Anda juga bisa menemukan hotel yang berbintang. Karena itu, pengunjung yang berasal dari luar Kota Bandung dan ingin menginap di dekat tempat ini, maka tak perlu merasa bingung mencari penginapan.

Anda bisa memilih area penginapan sesuai dengan keinginan dan anggaran yang dimiliki. Fasilitas yang disediakan oleh penginapan tentunya sebanding dengan harga. Tapi dipastikan penginapan di tempat tersebut sangat nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Mengenai masalah fasilitas sendiri Sudirman Street Day and Night Market memang tidak mempunyai fasilitas yang cukup memadai seperti halnya yang dapat Anda temukan di tempat wisata lain. Hal itu terbilang wajar, karena lokasinya merupakan pusat kuliner.

Fasilitas yang bisa pengunjung temukan yaitu hanyalah area parkir yang aman, luas dan tiket yang murah. Selain fasilitas tersebut, Anda tidak akan menemukan fasilitas lainnya. Untuk fasilitas umum seperti mushola, toilet maupun masjid Anda bisa menemukan di sekitar lokasi.

Jadi fasilitas umum tersebut tidak terdapat di bagian jalan ini. Tapi meski begitu Anda tidak perlu merasa khawatir karena jaraknya sendiri masih tergolong dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Sudirman Street Day and Night Market yang merupakan salah satu pusat kuliner terbesar dan terbaik bisa Anda temukan di Kota Bandung. Berbagai macam menu lezat yang tersedia di sana akan membuat Anda merasa ketagihan.