Travel  

Svargabumi Borobudur, Spot Foto Kekinian Berlatar Candi Borobudur di Magelang

Svargabumi Borobudur, Spot Foto Kekinian Berlatar Candi Borobudur di Magelang

rekomendasi.co.id – Magelang adalah salah satu kota yang rasa rasanya tidak pernah kehabisan tempat menarik untuk anda kunjungi. Bagi pecinta travelling pasti akan terpuaskan hasrat eksplorasinya. Tidak melulu tentang wisata budaya, banyak sekali daerah yang menawarkan keindahan alamnya untuk bisa anda datangi untuk menghabiskan akhir pekan.

Salah satunya adalah Svargabumi Borobudur yang bertempat di Kabupaten Magelang. Tempat ini siap memanjakan mata dengan panorama yang spektakuler dengan konsep alam yang akan membuat anda terpukau. Lokasinya juga cocok bagi anda yang suka berburu spot-spot cantik untuk dijadikan background selfie atau sekedar melepas rasa lelah. Hawa sejuknya juga bisa memberikan rasa tenang dan nyaman untuk anda dan rombongan keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Svargabumi Borobudur

1. Konsep Back to Nature

Dilihat dari namanya, mungkin anda sudah bisa menebak lokasinya berada di mana. Svargabumi atau surganya bumi ini tidak jauh dari Candi Borobudur yang sangat terkenal, tidak hanya dalam negeri tapi hingga mancanegara. Dengan mengusung konsep Back to Nature, memang tempat tersebut akan sekilas memiliki konsep yang mirip dengan game Harvest Moon.

Pengunjung bisa menikmati keindahan asli dari alam di tempat hits ini. Harapan dari konsep di atas adalah memberikan pengunjung rasa tentram setelah menghadapi berbagai rutinitas. Anda juga bisa menikmati pemandangan sawah seluas 3 hektar milik beberapa petani setempat yang menjadi daya tarik utama dari lokasi wisata cantik ini.

Pemandangan yang tidak kalah menarik adalah pegunungan yang bisa anda saksikan dengan jelas dan pasti memanjakan mata. Semakin mengingatkan anda dengan latar yang digunakan pada banyak cerita rakyat. Di sini anda bisa menyaksikan beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu dan Gunung Sumbing. Disediakan jalur pejalan kaki dari kayu untuk memudahkan wisatawan berjalan.

2. Banyak Spot Untuk Selfie

Svargabumi yang resmi di buka bulan Agustus 2020 ini menyediakan 22 spot selfie yang tersebar di seluruh area. Beberapa spot yang paling sering digunakan adalah berbagai macam kursi unik lengkap dengan atapnya, beanie bag yang cocok untuk membaca, dan spot foto jaring. Anda juga bisa menyaksikan sunset sambil bersantai di area tersebut.

Anda bisa mendapatkan sensasi yang berbeda tergantung pada kapan anda akan berkunjung. Jika datang pada musim menanam, anda akan disuguhkan dengan background seperti permadani hijau yang luas. Sedangkan saat musim panen, anda bisa berfoto dengan background kuning keemasan khas dari tanaman padi. Pastinya akan sangat indah dan menakjubkan.

3. Kuliner yang Memanjakan Lidah

Di dalam area wisata Svargabumi, anda bisa menemukan beberapa kedai yang menjual makanan dan minuman. Jenisnya pun beragam, mulai dari minuman hangat, makanan ringan, hingga makanan yang memuaskan kebutuhan perut anda. Tidak perlu khawatir perut keroncongan selama menghabiskan waktu di kawasan tersebut.

Anda juga diperbolehkan untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah. Pastikan untuk membawa kantung plastik tambahan untuk membuang sampah. Pengelola juga menghimbau kepada semua pengunjung untuk saling membantu menjaga kebersihan dari area wisata hits satu ini.

4. Ayunan

Ada berbagai jenis ayunan yang disediakan oleh pengelola. Anda bebas memilih ingin bermain di ayunan dengan tali atau menggunakan kawat sebagai penyangganya. Selain itu juga terdapat pilihan ayunan untuk satu orang atau yang bisa menampung beberapa orang sekaligus.

Dari salah satu ayunan ini, anda bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dari kejauhan. Anda juga bisa menikmati keindahan pohon pohon kelapa yang mengelilingi sawahnya. Ayunan yang ada di Svargabumi Borobudur ini memang memiliki keindahan tersendiri. Sehingga tak heran banyak wisatawan yang sengaja mampir untuk menikmati ayunan di area indah ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata dengan konsep alam yang indah tersebut berada di Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Lokasinya satu arah dengan candi budha terbesar di dunia, kurang lebih sekitar 3 kilometer dari candi. Sehingga anda bisa dengan mudah menemukan Svargabumi Borobudur selepas perjalanan mengunjungi Candi Borobudur.

Bila anda pergi menggunakan transportasi umum, akan lebih mudah mencari armada yang menuju ke Candi Borobudur. Misalkan anda mengarah dari Malioboro, gunakan bus Trans Jogja dengan rute 2A yang mengarah ke Terminal Jombor. Selanjutnya, anda bisa memilih bus dengan tujuan Terminal Borobudur. Kurang lebih butuh waktu 2 sampai 3 jam perjalanan untuk bisa sampai kesini.

Dari Candi Borobudur, anda bisa jalan lurus ke selatan menuju arah Balkondes Ngaran. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti jalan yang ada hingga tiba di perbatasan Dusun Gopalan dan Dusun Ngaran. Medannya mudah untuk dilalui dengan kendaraan, sehingga tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa mengunjungi desa wisata ini pada setiap hari, kecuali hari Kamis. Untuk Senin sampai Jumat, buka pada pukul 08.00 hingga 17.00. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, sudah buka pada pukul 06.30 dan tutup lebih lama pada pukul 18.00. Lebihnya lagi, wisata instagramable ini tetap buka pada hari libur nasional.

Untuk tiket masuknya, anda hanya butuh mengeluarkan sekitar Rp 25.000 untuk orang dewasa dan kurang lebih Rp 15.000 untuk anak anak yang berusia dibawah 6 tahun. Harganya yang terjangkau dan keindahan yang ditawarkan, tentu saja akan berhasil menarik minat banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar Jawa Tengah untuk datang dan berkunjung kesini

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Svargabumi

1. Menyalurkan Hobi Fotografi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda dijamin tidak akan kehabisan konten untuk memuaskan talenta fotografi anda di sini. Ada banyak spot yang bisa anda pilih. Seperti daun pintu antik khas dari kayu jati yang akan menyambut kedatangan anda. Lalu juga bisa mengambil foto di ayunan dengan berbagai background.

Pilihan backgroundnya menarik dan sangat cocok untuk anda upload di berbagai platform media sosial anda. Contohnya langit biru dengan beberapa awan, indahnya sawah saat hijau atau berwarna kuning keemasan, dan eloknya beberapa gunung yang mengelilingi Svargabumi Borobudur. Dijamin anda pun tak akan kehabisan stok foto saat berada di wisata alam ini.

Pengelola juga menyediakan beberapa spot jaring. Untuk memudahkan anda bersantai, spot jaring ini dilengkapi beberapa bantal besar atau beanie bag yang nyaman. Selain itu juga ada yang di desain mirip dengan rumah indian. Yang tidak kalah menarik adalah jalanan dari kayu yang membuat foto anda menjadi lebih estetik.

2. Bersantai

Bagi anda yang ingin sejenak menghilangkan rasa lelah setelah bekerja atau ingin mencari udara segar, tempat wisata alam berikut bisa memberikan pengalaman baru. Duduk di pinggiran sawah sambil membaca buku atau bercengkrama dengan teman bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu

Untuk anda yang bosan dengan kehidupan kota, nikmati sejuknya khas udara pedesaan. Jika ingin lebih rileks, anda bisa memandangi beberapa kolam kecil di area wisata yang jarang sepi pengunjung ini. Kapan lagi bisa bersantai di pinggir kolam sekaligus menikmati pemandangan sawah dan luasnya langit biru. Sudah serasa seperti menunggu bidadari turun kayangan ya?

Banyak kursi kursi estetik yang sudah dilengkapi dengan atap untuk menahan teriknya sinar matahari. Mungkin anda masih tetap butuh membawa topi untuk berjaga jaga. Jangan lupa aplikasikan tabir surya sebelum berkunjung ya, supaya kulit anda tidak terbakar setelah seharian menyusuri Svargabumi Borobudur.

3. Melihat Indahnya Matahari Terbenam

Karena di hari libur atau weekend, wisata dengan menawarkan konsep sawah ini buka hingga pukul 6 sore, maka waktu tersebut akan sangat pas bagi anda untuk melihat indahnya matahari terbenam. Menikmati senja di Svargabumi memang memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan terlupakan.

Disini, anda akan disuguhkan dengan indahnya semburat awan yang berwarna orange dan perlahan lahan berubah menjadi gelap. Bahkan suasana matahari yang tenggelam perlahan lahan akan tampak sangat cantik. Tidak mengherankan banyak wisatawan yang sengaja menunggu hingga senja untuk bisa menikmati momen yang indah disini.

4. Refreshing

Apabila anda suntuk akan aktivitas dan kegiatan harian yang melelahkan, mengunjungi Svargabumi Borobudur adalah hal yang harus anda coba saat pertama kali menginjakkan ke lokasi yang indah ini, anda akan langsung disambut dengan hamparan sawah hijau yang akan langsung memanjakan mata.

Dijamin segala rasa penat yang anda rasakan akan langsung menghilang. Kegiatan refreshing yang anda lakukan di wisata dengan mengusung konsep alam ini juga tidak akan menguras kantong. Selain itu, anda juga bisa mengajak seluruh keluarga untuk menikmati keindahan alam yang disajikan di wisata yang berada di Magelang ini.

Konsep alam yang disajikan oleh Svargabumi memang menjadi angin segar. Ditambah lagi, kegiatan refreshing atau menjernihkan pikiran yang anda lakukan disini akan mampu membuat anda betah dan tidak ingin pulang. Tentunya, akan sangat worth it dan anda pun akan ingin kembali lagi kesini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Di Svargabumi tersedia lahan parkir sekitar 1 hektar bagi para pengunjung. Walaupun lokasinya berada di pinggir jalan raya, anda tidak perlu kebingungan mencari parkir yang aman. Tarif parkir nya berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 untuk setiap kendaraannya. Pengelola menyediakan banyak juru parkir yang siap mencarikan tempat untuk anda.

Tidak perlu cemas akan kesulitan mencari toilet di area persawahan yang luas ini. Terdapat beberapa toilet yang bisa anda gunakan. Selain itu anda juga bisa membersihkan diri setelah asyik berenang. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan selama berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Magelang itu.

Bagi anda yang ingin segera update hasil foto instagramable, juga terdapat jaringan wifi gratis bagi pengunjung. Anda bisa menanyakan password ataupun username dari wifi-nya pada petugas Svargabumi yang berada di sekitar anda. Tidak ada lagi kendala berebut sinyal HP di tengah situasi keramaian pengunjung.

Pengunjung yang beragama muslim tidak harus meninggalkan area wisata saat waktunya ibadah tiba. Pengelola membangun mushola yang bisa anda gunakan. Untuk menghindari antrian, lebih baik untuk membawa alat ibadah sendiri dari rumah. Selain lebih aman, anda bisa beribadah dengan lebih khusyuk.

Setelah membaca pembahasan di atas, apakah anda sudah tertarik untuk berkunjung ke Svargabumi Borobudur? Pilihan destinasi wisata baru yang memadukan kekayaan alam pedesaan dan kemajuan teknologi. Semoga anda memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan untuk menjelajahi Magelang.