Travel  

Taman Lansia Bandung, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri

Taman Lansia Bandung, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri

rekomendasi.co.id – Selain Jogja, Bandung juga menjadi tujuan kondang bagi wisatawan. Ada banyak tujuan wisata yang bisa ditemukan di kota Bandung ini. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dan Taman Lansia Bandung menjadi salah satunya yang termasuk taman populer di Bandung. Taman satu ini tidak hanya ditujukan untuk lansia saja seperti namanya.

Beberapa juga menyebutnya sebagai Taman Cisangkuy yang memiliki konsep lansia dan juga revitalisasi. Menghabiskan akhir pekan atau liburan di Bandung, bisa juga di habiskan dengan mengunjungi taman rindang ini. Ada banyak keunikan yang bisa anda temukan ketika menghabiskan waktu untuk mengunjungi Taman Cisangkuy ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Lansia

1. Suasana yang Asri

Daya tarik utama yang bisa anda temukan saat singgah di taman hits Bandung ini, maka anda akan disambung dengan suasana yang begitu asri. Hal ini dikarenakan adanya banyak pepohonan rindang yang menaunginya. Memang keberadaannya sebagai ruang terbuka hijau sekaligus sebagai fasilitas umum masyarakat. namun tidak sedikit juga yang menjadikannya tujuan wisata.

Membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang untuk menumbuhkan puluhan pohon yang rindang. Angin sepoi sepoi yang sejuk juga turut membuat anda enggan untuk segera beranjak. Udaranya yang turut menjadi bersih menjadi alasan mengapa Taman Lansia selalu jadi tujuan bersantai. Anda juga bisa menemukan danau buatan di tengah tengah taman.

2. Memiliki Mitos Menarik

Sebenarnya taman ini masih belum lama, yakni dibuka pada tahun 2014 an. Sebelumnya memiliki nama taman Cisangkuy karena lokasinya yang berada di Jl. Cisangkuy. Namun lantaran ada banyak lansia yang sering berjalan jalan, membuatnya berganti nama menjadi Taman Lansia. Menjadi bagian dari program Ridwan Kamil program mengurangi banjir dengan danau buatan.

Inilah yang membuat anda menemukan lebih dari satu danau buatan. Perlu anda ketahui jika ada mitos menarik di kawasan taman cantik ini, yakni penunggu taman. Sosok penunggu taman ini berupa angsa putih dengan moncong hitam dan dikenal dengan neng siti. Konon katanya neng siti akan muncul ketika malam menjelang dan merupakan arwah gentayangan.

Benar atau tidaknya cerita yang beredar, tetap harus membuat anda bersikap sopan ketika dimanapun. Dan tidak menutup jika mitos yang beredar ini mengundang rasa penasaran pengunjung. Hanya saja tidak banyak juga yang datang ketika matahari terbenam, kebanyakan pengunjung beraktivitas di siang ataupun pagi hari.

3. Memiliki Fasilitas

Selain cerita mistis yang menyeluminya di Taman Lansia, anda bisa menemukan fasilitas yang cukup lengkap di taman yang dibuka tahun 2014 ini. Mulai dari wahana permainan anak anak hingga dua danau yang bisa dijadikan tempat bersantai. Banyak juga yang menjadikan taman dekat Gedung Sate ini sebagai tujuan untuk berolahraga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bisa dikatakan jika Taman Lansia yang berada di Bandung ini memiliki lokasi yang strategis. Dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Lapangan Gasibu dan juga Gedung Sate. Alamatnya berada di Jalan Diponegoro, dan sebagian kawasannya juga masuk di Jalan Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Jawa Barat. Untuk mengunjunginya, anda bisa menggunakan banyak rute.

Anda tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, singgah di Taman Lansia Bandung juga bisa dengan kendaraan umum. Untuk kendaraan umum, anda bisa memanfaatkan bus yang bisa ditunggu di 3 halte mulai Halte Perpustakan Kementerian ESDM. Atau bisa juga dari Halte Taman Lansia sendiri dan juga Halte Anak Kecil SO yang dilanjutkan dengan jalan kaki singkat.

Silahkan anda pilih halte yang paling dekat dengan posisi anda. Sementara jika anda menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya anda memanfaatkan aplikasi peta online di smartphone anda. Jalan menuju lokasi sudah sangat memadai dan juga tidak sulit dijangkau. Akan ada petunjuk arah yang membantu anda untuk sampai di Taman Cisangkuy ini.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia

Untuk menikmati keindahannya, anda tidak harus menyiapkan budget untuk biaya masuk. Seperti yang disinggung sebelumnya, Taman Lansia ini tidak dipungut biaya masuk. Mungkin anda hanya perlu menyiapkan budget untuk membayar parkir kendaraan saja. Karena tidak dipungut biaya, anda bisa liburan murah ke Bandung jika mengunjunginya.

Taman kota Bandung ini juga bisa anda kunjungi kapan saja. Jam operasionalnya memang buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu. Anda bebas mengunjunginya kapan saja, baik sore, siang ataupun malam sekalipun. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah saat akhir pekan di pagi hari karena akan ada pasar kaget.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Lansia

1. Bersantai

Aktivitas yang bisa anda lakukan ketika singgah di Taman Lansia yakni bersantai. Duduk di bawah pohon rindang atau di sekitar danau bisa menjadikan pilihan. Udaranya yang sejuk dengan sepoi sepoi angin membuat anda ingin berlama lama. Tidak jarang banyak komunitas ataupun para remaja yang menjadikan taman ini sebagai tempat nongkrong.

2. Olahraga

Aktivitas yang banyak dilakukan pengunjung berikutnya yakni berolahraga. Biasanya akan datang saat pagi atau sore hari untuk aktivitas satu ini. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging di area jogging tracknya. Sementara pada lansia akan lebih banyak melakukan olahraga di area terapi batu. Aktivitas satu ini tidak hanya membuat sehat, tetapi juga menaikkan mood.

3. Berkeliling dengan Kuda

Anda juga bisa menyewa kuda ketika singgah di Taman Lansia. Pengelola memang sengaja menyediakan tempat penyewaan kuda untuk berkeliling kawasan tamannya. Untuk anak anak, akan tetap aman karena didampingi kusirnya. Apabila anda ingin naik dengan orang banyak, tidak ada salahnya juga menggunakan delman untuk berkeliling.

4. Wisata Kuliner

Tidak hanya jalan jalan dan menikmati suasana yang sejuk, anda juga bisa kulineran jika pergi ke darah Taman Lansia. Tempat ini termasuk taman di Bandung yang dekat dengan destinasi wisata lainnya. Selain itu juga banyak cafe di sekitar taman. Anda bisa mengunjunginya untuk mencicipi makanan atau minuman yang ditawarkan di cafe tersebut.

Menu yang biasa ditemukan juga sangat beragam dari makanan berat hingga makanan ringan. Tidak jarang juga anda bisa menemukan penjual dekat taman hits di Bandung ini. Kuliner yang bisa ditemukan terdiri dari bakso, surabi, batagor, hotdog hingga olahan keripik pedas seperti Keripik Maicih. Pastikan anda tidak kalap saat ingin jajan.

5. Mengunjungi Pasar Kaget

Perlu anda ketahui jika anda bisa mengunjungi pasar kaget yang hadir pada hari Minggu. Pasar Kaget ini akan menawarkan banyak dagangan yang bisa anda buru. Mulai dari makanan, pakaian, aksesoris sampai barang pecah belah bisa anda temukan. Yang membuat anda wajib berkunjung, harga yang ditawarkan terbilang lebih ramah kantong.

6. Berburu Foto Cantik

Liburan ke Taman Lansia Bandung anda juga bisa sekalian berburu foto foto yang menarik. Rasanya memang tidak akan pas jika anda tidak menyempatkan untuk berfoto. Ada banyak spot, seperti kehadiran dinosaurus besar yang kerap dijadikan tempat untuk berfoto. Anak anak pasti akan menyukai untuk berfoto dengan T Rex yang berupa instalasi atau patung.

Jika anda ingin mendapatkan cahaya matahari untuk berfoto di taman ini sebaiknya anda datang saat pagi hari. karena pada saat itu, anda bisa mendapatkan udara yang sejuk dan juga pencahayaan yang bagus. Pastikan juga untuk membawa kamera terbaik anda saat liburan di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas yang bisa ditemukan di Taman Lansia juga tidaklah mengecewakan. Anda bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Fasilitas tersebut seperti adanya wahana permainan untuk anak anak. Wahana permainan ini beragam, anda bisa menemukan ayunan yang selalu jadi favorit.

Pengunjung bisa bersantai dengan leluasa, karena ada banyak bangku taman yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat. Kemudian juga ada jogging track, ada beberapa bagian yang memiliki bebatuan di setapaknya dan banyak digunakan untuk terapi. Tersedia juga area parkir, tempat sampah dan juga toilet yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pengunjung dari Taman Lansia juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling taman. Apabila anda ingin makan atau ngemil juga tidak perlu khawatir, tidak jauh dari taman Lansi anda bisa menemukan banyak cafe dan pedagang. Bagi anda yang datang dari luar kota, tidak sulit juga bagi anda mencari penginapan yang dekat dengan kawasan taman.

Tidak ketinggalan tersedia juga fasilitas free WIFI yang akan memudahkan anda untuk berselancar di internet. Inilah yang membuat anda bisa menemukan banyak muda mudi di kawasan taman kota Bandung. Selain menawarkan Free WIFI, anda juga bisa menemukan beberapa spot foto cantik untuk mengambil foto yang kekinian.

Liburan gratis di Bandung? Semua bisa dilakukan karena memang ada beberapa tujuan wisata yang tidak dipungut biaya. Anda bisa mengunungi Taman Lansia Bandung untuk liburan murah di Bandung. Taman cantik ini begitu strategis dan menghubungkan dengan beberapa wisata hits lainnya di Bandung.