Travel  

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona

rekomendasi.co.id – Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki Taman Nasional yang sangat cantik. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah contohnya. Telah ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1982 dengan luas wilayah mencapai 50.276,3 ha. Taman cantik ini menjadi tujuan paling utama bagi wisatawan ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Sebagai kawasan dengan vulkanik terbesar di Jawa Timur, juga memiliki luas wilayah 800km persegi. Taman Nasional yang hist ini juga merupakan kawasan gunung berapi yang masih aktif. Anda dapat merasakan bau dan asap dari Gunung Semeru, gunung ini memiliki ketinggian 3.676 m dari atas permukaan air laut.

Tak hanya itu saja, memiliki luas wilayah lautan pasir seluas 10 kilometer sehingga dijuluki wilayah konservasi. Yang mana di atas pasir ini terdapat empat anak gunung yang menjadi pelengkap pemandangan. Seperti Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Widodaren (2.650 m), Gunung Batok (2470 m) dan Gunung Watangan (2.661 m).

Daya Tarik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

1. Madakaripura Waterfall

Memiliki ketinggian hingga 200 meter tentunya air terjun cantik ini sangat tepat untuk dikunjungi. Dengan ketinggian ini maka tak heran jika air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Keindahan alam yang begitu indah dan menawan. Menawarkan background poto yang kece abis.

Merupakan kawasan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Air terjun ini pun sangat mudah dikunjungi dan terjangkau. Tempatnya di dusun Branggah, desa Negororejo. Atau alamat Letaknya l di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Pengunjung dapat menikmati perjalanan panjang dengan bayaran air terjun menawan ini. Tak kalah menarik dilihat dari bentuknya yang layaknya curek dengan dikepung oleh beberapa bukit.

Kemudian dihiasi dengan tetesan air yang menetes membasahi bidang tebing layaknya air hujan. Lebih menarik perhatian lagi terdapat tiga aliran air yang mengalir seperti terbentuk air terjun lagi.

2. Ranu Kumbolo

Danau yang cantik turut melengkapi keindahan alam Taman Nasional ini. Danau tersebut berada dikaki Gunung Semeru. Memiliki luas yang mencapai 15 Hektar, dan merupakan kawasan wisata paling diburu sebagai spot poto. Keindahan yang disajikan menjadi alasannya. Kemudian keindahan ini sering disebut sebagai syurga dikaki Gunung Semeru.

Dengan ketinggian yang dimiliki yakni 2.400 mdpl membuat view wort it semakin mempesona. Apalagi kondisi danau yang jernih dan bersih. Bagi para pendaki biasanya menggunakan lokasi danau ini sebagai tempat transit. Ranu Kumbolo juga merupakan tempat terpopuler yang wajib Anda kunjungi disini.

Tidak akan seru bila berwisata tanpa mampir ke Ranu Kumbolo. Panorama yang disajikan juga berbagai macam, terutama panorama sunset dan sunrise. Kerap kali motif pengunjung datang adalah memburu poto suasana sunset dan sunrise. Lebih hist lagi berburu fenomena Milky Way yang sudah menjadi khas.

3. Gunung dan Kawah Bromo

Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak akan mengecewakan Anda. Keindahan gunung dan Kawah Bromo siap menyambut kedatangan pengunjung. Dengan pesona alam yang begitu memberikan edukasi dan inspirasi. Gunung cantik ini memiliki ketinggian 2.329 m.

Bromo sunrise merupakan daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini. Berkunjung ke lokasi ini Anda akan di perlihatkan keindahan alam sunrise yang menakjubkan. Tidak hanya sunrise, keindahan alam yang tersedia tak kalah menarik seperti Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik Bromo, Kawah Gunung Bromo, serta Padang Rumput Savana Bromo.

Untuk menuju lokasi sudah disediakan beberapa alat transportasi. Pengunjung dapat menyewa mobil Jeep atau dapat pula menggunakan kuda. Sayangnya jika Anda menggunakan jeep, Jeep ini tidak dapat mengantarkan sampai titik lokasi. Untuk selanjutnya Anda dapat menggunakan kuda mencapai titik lokasi.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan puncak Mahameru dengan memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Digadang-gadangkan juga sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa. Bagi para pendaki gunung ini merupakan tujuan tempat mendaki yang menyerukan.

Untuk mendaki di gunung ini, star pendakian berada pada Danau Ranu Pani. Sebelum mencapai lokasi Ranu Pani ini, perlu melewati jalur trekking dengan pilihan jalur Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Masih banyak lagi keindahan alam di Gunung Semeru ini. Jika berkunjung jangan lupa untuk membawa kamera.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Terletak ditempat yang luas dan strategis merupakan objek wisata yang sangat diburu oleh wisatawan. Luas wilayah yang mencapai 50.276,3 hektar membuat berbagai ragam wahana menakjubkan ada di lokasi.

Bagaimana tidak lokasinya berada di empat Kebupaten yakni, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang.

Terletak di provinsi Jawa Timur, persisnya di sebelah timur kota Malang, dan sebelah tenggara Kota Surabaya. Bentangan luas wilayah dari arah timur mencapai 20 sampai 30 km. Atau lebih tepat lagi berada di Desa Cemara Lawang Ngadisari, Kota Surabaya, Indonesia.

Harga Tiket Masuk TN Bromo Tengger Semeru

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki berbagai varian harga. Harga ini disesuaikan pada hari-hari tertentu. Seperti saat weekend maupun weekday harga tiket berbeda tentunya. Saat weekend harga tiket mencapai Rp 35.000/ orang. Saat weekday mencapai Rp 29.000/orang.

Namun bagi pengunjung yang datang dari mancanegara tarif tiket berbeda lagi. Untuk mancanegara tarif tiket bisa mencapai Rp 220.000/orang. Tiket yang sudah di bayar ini hanya untuk sekali pakai saja. Tentunya tarif tiket ini sudah sangat ramah sesuai dengan pemandangan yang disuguhkan.

Kegiatan yang Menarik di TN Bromo Tengger Semeru

1. Mendaki Gunung Berapi

Seperti yang sudah diceritakan bahwasanya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan wilayah yang memiliki dataran tinggi. Banyaknya wahana menantang namun dengan bayaran panorama menawan. Seperti kegiatan mendaki di Gunung Semeru, akan sangat menyenangkan dan menantang.

Taman Nasional cantik ini mempunyai empat Gunung Berapi yang dapat didaki. Jenis jalurnya berbeda-beda, dari yang sulit hingga yang mudah. Seperti Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Widodaren (2.650 m), Gunung Batok (2470 m) dan Gunung Watangan (2.661 m). Keempat Gunung ini merupakan sarana pendakian yang banyak dituju.

Kegiatan mendaki ini pula tidak hanya seru tetapi penuh dengan pemandangan yang indah. Sepanjang perjalanan mendaki Anda akan menjumpai beberapa objek menarik tentunya sangat berbeda. Di kaki Gunung Semeru pun terdapat Danau Ranu Kumbolo yang menjadi pelengkap pemandangan.

2. Camping

Selain memiliki keindahan sebagai tempat terpopuler, kegiatan seperti camping juga sangat menyenangkan. Berkemah dilapangkan terbuka dan luas maka di taman nasional cantik ini adalah tempat yang strategis. Tidak hanya sensasi yang berbeda tetapi menawarkan sejuta keindahan alam.

Tempat yang sering dikunjungi untuk bercamping yaitu Danau Ranu Kumbolo. Berkemah di tempat ini merupakan surga di kaki Gunung Semeru. Tidak hanya di Ranu Kumbolo saja, camping di wilayah lain juga sangat menyenangkan. Seperti di sekitar Bromo yaitu daerah Malang, menyediakan sensasi kemah yang asyik.

Dengan pantai yang indah, ditambah lagi, air terjun, lereng gunung menjadi pelengkap pemandangan. Sehingga landscape dapat menampilkan view yang wort it banget. Apalagi terdapat perbukitan yang asri sehingga camping serasa sempurna. Dan tentunya menambah wawasan serta pengalaman Anda.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan yang berlatar belakang panorama sunrise maupun sunset adalah lokasi yang banyak diburu oleh wisatawan. Bagi para pecinta senja atau pecinta alam terbuka tempat ini sangat digandrungi. Menikmati keindahan sunrise memberi sensasi berwisata menjadi bermakna.

Keindahan sunrise ini dapat Anda nikmati pada jam tertentu seperti pada pukul 05.00 sampai 06.00 wib. Begitu pula dengan keindahan sunsetnya dapat Anda nikmati pada pukul 16.30. atau biasanya pengunjung bersiap sejak pukul 15.00 wib. Supaya tidak ketinggalan sunset.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah cukup memadai. Seperti, Musholla (bukit pananjakan), toilet di beberapa titik, warung, ojek kuda (dari parkiran menuju kawah), persewaan jeep, jasa fotografi. Fasilitas ini merupakan sarana untuk berekreasi Anda semakin menyenangkan.

Terlepas dari sebuah fasilitas, Taman Nasional cantik ini tetap menjadi tempat yang strategis dengan pemandangan alamnya. Memberikan pesona yang berbeda dan sangat amazing. Sebagai pengunjung yang ramah dengan lingkungan sebaiknya tetap menjaga kebersihan.

Mengetahui tentang adanya taman cantik ini, tidak akan membuat Anda merasa rugi. Malahan Anda memiliki opsi berlibur yang tak kalah dari wisata lainnya. Dengan fasilitas yang tersedia dan dengan pemandangan yang indah, pastinya tidak akan mengecewakan.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan objek wisata kekayaan Indonesia. Menjadi objek wisata yang cukup populer dengan alamnya. Bahkan pengunjung tidak hanya dari wisatawan lokal tapi juga dari mancanegara. Untuk lebih memastikannya Anda dapat berkunjung kapan saja ke lokasi.