Travel  

Taman Situ Lembang, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga di Jakarta

Taman Situ Lembang, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga di Jakarta

rekomendasi.co.id – Ternyata Jakarta tidak hanya memiliki Taman Menteng saja, tapi ada juga taman lain yang letaknya juga berada di dekat kawasan Jakarta Pusat yaitu Taman Situ Lembang. Penamaan Situ karena di dekat lokasi wisata ada danau yang populer yaitu Danau Situ sedangkan Lembang didapatkan dari nama Jalan atau lokasi wisata ini yaitu Jalan Lembang.

Seperti yang kita tahu, masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan pasti akan membutuhkan ruang segar untuk mereka menenangkan pikiran dari padatnya lalu lintas perkotaan. Karena itu, taman yang hits ini selalu ramai dikunjungi tidak hanya saat hari libur saja tapi hari-hari biasa juga.

Wisatawan yang datang ke Taman Situ Lembang tidak hanya masyarakat sekitar saja tapi ada juga yang datang dari luar kota yang ingin menikmati segarnya udara beserta hijaunya rerumputan yang ada di sekeliling lokasi wisata. Banyaknya pengunjung bisa dilihat dari mobil-mobil yang terparkir rapi di setiap harinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Situ Lembang

1. Danau Multifungsi

Ada banyak daya tarik yang bisa ditemukan saat berada di Taman Situ Lembang. Yang pertama adalah sebuah danau yang multifungsi. Jadi perlu diketahui, danau di Situ Lembang ini tidak hanya untuk danau saja tapi juga penyejuk. Para pengunjung dapat menemukan banyak pepohonan rimbun di sekeliling danau yang membuat suasana menjadi teduh.

Tidak Cuma itu saja, di tahun 1984 silam, pemerintah setempat menambah tanaman bunga teratai serta air mancur yang membuat danau ini terlihat lebih cantik dan mempesona. Selain itu ada beberapa tempat memancing di beberapa titik yang bisa digunakan oleh pengunjung jika ingin menyalurkan kesenangan atau hobinya dalam memancing.

2. Hamparan Rumput Mengelilingi Taman

Meskipun usianya sudah mulai tua, tapi para pengunjung tidak akan menemukan juluran akar pohon beringin disini sebab petugas Taman Situ Lembang akan selalu memangkasnya guna menghilangkan kesan menyeramkan. Selain itu, banyak pengunjung datang ke taman ini karena hamparan rumput yang mengelilingi taman membuatnya tampak begitu asri dan sejuk.

Petugas yang bekerja di taman ini sepertinya benar-benar merawat areal wisata dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari tidak adanya sampah wisatawan yang mengotori taman ini. Apalagi tong atau tempat sampah pun sudah disebarkan ke setiap sudut taman sehingga pengunjung tidak akan kesulitan saat akan membuang sampah dari makanan atau minumannya.

3. Air Mancur

Pengunjung wisata dapat melihat air mancur yang akan menyemburkan airnya pada jam 8 pagi dan dimatikan setelah 2 jam kemudian yaitu jam 10 pagi. Kemudian kembali dihidupkan jam 12 begitupun seterusnya. Jadi setiap 2 jam sekali air mancur di Taman Situ Lembang ini akan dimatikan dan dihidupkan.

Air mancur tersebut memiliki semburan yang cukup besar. Tapi ada juga beberapa air mancur yang memiliki semburan air dengan intensitas kecil. Pancarannya pun berganti-ganti kadang tinggi dan kadang pula rendah. Inilah yang membuat para pengunjung wisata sangat antusias melihat pemandangan air terjun yang indah dan mempesona ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Meski ada banyak daya tarik yang dimiliki oleh Taman Situ Lembang, DKI Jakarta, tapi rupanya taman ini tidak begitu hits seperti Taman Menteng. Salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang cukup masuk ke dalam serta tidak dilalui oleh transportasi umum. Jadi bila ingin sampai ke lokasi wisata, pengunjung harus membawa kendaraan pribadi.

Jika ingin menggunakan transportasi umum seperti kereta rel listrik, maka stasiun yang paling dekat dengan taman wisata ini masih sekitar 1 km lagi. Begitupun bila Anda ingin pergi dengan menaiki bus Transjakarta, jarak yang ditempuh dari halte terdekat dan taman masih cukup jauh.

Tapi jika Anda tetap ingin gunakan transportasi umum, pilihan yang tepat adalah menggunakan kopaja jurusan Senen menuju Lebak Bulus. Kemudian, turunlah di Taman Menteng. Setelah itu, berjalanlah menyusui jalan Sultan Syahrir sampai tiba ke lokasi taman wisata ini.

Harga Tiket Masuk Taman Situ Lembang

Setiap masuk ke dalam lokasi wisata, para pengunjung harus membayar tiket untuk masuk. Tapi tenang saja, di Taman Situ Lembang ini, Anda tidak perlu merogoh kocek karena biaya masuknya sendiri tidak ada alias gratis. Tiket masuk gratis ini berlaku tidak hanya di hari biasa saja tapi juga di hari libur.

Nah, bagi yang membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, pastinya Anda harus membawa uang untuk membayar retribusi parkirnya. Tenang saja, biaya parkir kendaraan pribadi di taman ini sama seperti tempat-tempat parkir lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Situ Lembang

1. Memancing

Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan saat berada di Taman Situ Lembang. Mulai dari kegiatan memancing di pusat kota. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika di kota-kota besar seperti Jakarta sulit ditemukan tempat untuk memancing. Ini tentu membuat para pecinta kegiatan ini menjadi kesulitan dalam menemukan arena memancing.

Danau disini memiliki banyak sekali koleksi ikan mulai dari ikan mujair sampai ikan lele. Para pengunjung yang ingin memancing disini hanya perlu membawa alat pancing saja. Tidak Cuma itu, banyak juga pengunjung yang datang hanya untuk melihat orang-orang yang sedang memancing. Apalagi disini sangat teduh suasananya sehingga membuat orang-orang betah.

2. Berolahraga

Selain itu, para pengunjung wisata juga dapat menjadikan Taman Situ Lembang sebagai tempat untuk berolahraga. Meski taman ini tidak seluas seperti Taman Menteng, tapi lokasinya bisa digunakan untuk berolahraga atau jalan santai. Ini dikarenakan terdapat jalan paving blok sehingga pengunjung nyaman saat mengelilingi area danau.

Untuk mengitari area taman, para pengunjung memerlukan waktu kurang lebih 10 menit dengan berjalan kaki. Tidak hanya itu saja, di sudut taman terdapat outdoor fitness. Anda bisa temukan peralatan untuk fitness yang sederhana disini. Fasilitas ini dapat digunakan oleh semua pengunjung yang datang kesini. Sangat cocok jika Anda ingin berlatih otot nanti.

3. Tempat Bermain Anak-Anak

Di sudut lain, para pengunjung akan menemukan tempat bermain anak-anak. Ada banyak sekali wahana permainan khusus anak-anak disini mulai dari ayunan, seluncuran hingga terowongan. Tidak Cuma itu saja, ada pula patung-patung hewan yang membuat area lokasi wisata terlihat sangat indah dipandang mata.

Sedangkan lantainya terbuat dari karet yang empuk sehingga anak-anak bisa aman saat bermain disini. Jadi jika Anda ingin berwisata ke Taman Situ Lembang di akhir pekan ini, jangan lupa ajak anak-anak supaya bisa menikmati berbagai permainan yang seru dan menyenangkan.

4. Piknik Sederhana

Piknik sederhana banyak dilakukan oleh masyarakat yang ingin menikmati taman ini dalam waktu yang lebih lama. Mereka biasanya akan membawa alas untuk diletakkan di atas hamparan rumput hijau sambil membawa bekal makanan dan minuman yang sudah dibawa dari rumah. Ada pula yang tidak membawa alas jadi langsung duduk di atas rumput.

Meski sederhana, tapi kegembiraan yang diberikan tidak akan kalah seperti saat melakukan piknik yang memerlukan biaya besar. Kebanyakan pengunjung akan datang setelah jam pulang sekolah atau di waktu liburan tiba. Banyak yang duduk sambil berbincang-bincang di bangku atau hamparan rumput yang mengelilingi danau.

5. Refleksi

Nah kegiatan seru terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah pijak refleksi. Jadi sembari menjaga anak-anak yang sedang bermain dengan wahana yang ada di Taman Situ Lembang, para orang tua bisa berjalan di atas bebatuan lancip yang diberi warna putih. Kegiatan ini pastinya tidak hanya asyik saja tapi juga menyehatkan.

Tapi jika tidak ingin refleksi, tidak masalah sebab ada banyak sekali bangku beton yang bisa digunakan orang tua saat sedang menjaga anak-anak yang tengah bermain. jika ingin lebih leluasa mengobrol bersama keluarga, duduk saja di atas hamparan rumput yang hijau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Beragam fasilitas sudah tersedia lengkap di Taman Situ Lembang. Para pengunjung wisata akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang menunjang kenyamanan mereka saat berada di area wisata ini. Pengunjung tidak akan kesulitan jika ingin mencari toilet dan mushola disini. Jadi buat yang ingin mck dan beribadah bisa gunakan fasilitas yang tersedia.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan fasilitas tempat duduk seperti bangku dan tempat sampah yang ada di sekeliling taman. Jadi jika sudah puas berolahraga atau mengelilingi taman, duduklah di tempat yang sudah disediakan sembari menyaksikan orang-orang yang berlalu lalang. Ada yang berlari, ada pula yang berjalan.

Fasilitas terakhir yang tak kalah penting adalah areal parkir. Disini juga sudah disediakan tempat untuk memarkirkan kendaraan para pengunjung wisata baik roda dua maupun roda empat. Siapkan kocek untuk membayar biaya retribusi parkir bila Anda membawa kendaraan pribadi ke taman ini.

Taman Situ Lembang adalah sebuah taman yang memiliki danau buatan. Taman ini berada di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ada banyak keseruan yang dapat dilakukan pengunjung wisata saat pergi ke taman hits ini. Jadi jangan lewatkan waktu di akhir pekan Anda dengan pergi ke objek wisata yang kaya dengan keindahannya ini.