Bisnis

Tips Sukses Meneruskan Usaha Keluarga, Dijamin

Tips Sukses Meneruskan Usaha Keluarga

Rekomendasi.co.id – Saat ditunjuk untuk meneruskan bisnis keluarga, mungkin tidak sedikit orang menjadi ragu. Banyak alasan yang melatarbelakanginya.

Perasaan ragu itu bisa saja karena apakah jika Anda meneruskan bisnis tersebut, dapat berhasil seperti orangtua Anda, bisnis tidak sesuai passion diri, tidak cocok, hingga alasan ingin mandiri dan mencoba merintis bisnis sendiri tanpa embel-embel nama besar orangtua.

Hal itu lumrah terjadi, apalagi buat Anda yang masih berusia muda. Pasalnya diberi kepercayaan untuk meneruskan bisnis keluarga bukan hal mudah. Jika manajemen yang diterapkan tidak tepat, bisnis keluarga yang dibangun bertahun-tahun lamanya, bisa saja bangkrut.

Untuk menghilangkan keraguan dan mampu meneruskan bisnis keluarga dalam jangka panjang, bukan saja sampai generasi kedua dan ketiga, tapi juga seterusnya, coba tips berikut ini:

Pahami seluk beluk bisnis keluarga

Bila ingin meneruskan bisnis keluarga, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami seluk beluk usaha tersebut. Mulai dari perencanaan sampai dengan tahap pemasaran atau penjualan.

Ada satu cara agar dapat mengetahui secara detail tentang segala hal bisnis keluarga Anda, adalah dengan terjun atau terlibat langsung di perusahaan. Sebelum memegang jabatan penting, seperti Direktur Utama menggantikan sang ayah misalnya, Anda dapat magang di perusahaan orangtua atau membantu dari posisi staf marketing.

Di perusahaan, Anda akan ditempa dan mengetahui banyak hal mengenai bisnis perusahaan keluarga. Dari hulu sampai hilir. Menjalankan tugas dan kewajiban seperti layaknya karyawan lain. Bekerja dengan porsi dan fasilitas yang sama, tidak dibeda-bedakan hanya karena Anda anak bos besar.

Dari nol, Anda dapat belajar. Sehingga Anda tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah, mengambil keputusan, dan mengurangi berbagai risiko yang mungkin timbul. Lambat laun, begitu Anda paham dan orangtua sudah percaya untuk Anda memegang perusahaan, maka Anda sudah siap berada di posisi puncak memimpin bisnis keluarga.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top