Travel  

Upas Hills, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Bandung

Upas Hills, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Bandung

rekomendasi.co.id – Upas Hills merupakan salah satu destinasi wisata yang tengah hits saat ini. Banyak orang tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini karena berada di puncak Gunung Tangkuban Perahu. Anda hanya bisa mengaksesnya dari Hutan Suwakana dengan Jalan Offroad sehingga kendaraan yang bisa digunakan hanya kendaraan Offroad saja.

Biasanya banyak orang mengunjungi tempat ini untuk melihat pemandangan hutan pinus dan kebun tehnya yang memukau. Meski jalanan hanya bisa dilewati dengan menggunakan mobil offroad saja dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil, tapi udara yang sejuk disertai dengan pemandangan hamparan hijau yang indah akan membuang segala kepenatan yang ada.

Tapi sebelum berlibur ke Upas Hills, sebaiknya pastikan dulu cuaca yang ada. Bawa perbekalan sendiri supaya lebih aman dan pengalaman yang didapatkan juga semakin menyenangkan. Semua pengunjung wisata yang datang ke objek wisata yang ada di Bandung ini akan merasakan panorama alamnya yang penuh dengan pesona.

Daya Tarik yang Dimiliki Upas Hills

1. Puncak Tertinggi Gunung Tangkuban Perahu

Banyak sekali daya tarik yang bisa Anda temukan saat berwisata ke Upas Hills. Pertama, Anda akan melihat sebuah destinasi wisata yang berada di puncak tertinggi Gunung Tangkuban Perahu. Jadi lokasinya sendiri berada di ketinggian kurang lebih 2084 di atas permukaan laut. Jika Anda pecinta wisata alam, destinasi wisata ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Jalanan menuju lokasi wisata memang cukup sulit. Tapi para pengunjung wisata tidak akan merasa lelah apalagi bosan dengan suguhan pemandangan di sepanjang jalan. Bila ingin mencapai titik triangulasi, Anda bisa berjalan kaki kurang lebih 10 menit.

2. Konservasi Tumbuhan dan Satwa Liar

Selain itu, para pengunjung wisata juga dapat menemukan sebuah tempat konservasi tumbuhan dan satwa liar. Jadi para pengunjung yang ingin melihat tumbuhan dan hewan liar bisa mengunjungi lokasi wisata ini.

Menariknya lagi terdapat pemandian air panas yang menyegarkan di Maribaya bila Anda mekukan perjalanan turun. Jadi sempatkan untuk mampir ke tempat ini juga supaya pikiran dan tubuh Anda kembali segar. Apalagi pemandian disini tidak mengandung belerang.

3. Pemandangan Kebun The

Pemandangan di sepanjang jalan sangatlah indah. Tapi keindahan tersebut hanya dapat terlihat ketika matahari sudah mulai tebit. Jadi bila Anda pergi saat langit sudah mulai gelap, makan pemandangan indah seperti kebun teh suwakana tidak bisa Anda temukan. Jadi tak heran jika orang-orang akan pergi ke Upas Hills ketika matahari baru mulai terbit.

Nah, untuk para pemburu sunrise, ini adalah tempat yang paling tepat untuk Anda kunjungi. menikmati sunrise disini memang singkat tapi pengalaman menempuh jalanan offroad serta menikmati pemandangan sunrise akan memberikan sensasi yang tidak akan pernah terlupakan.

4. Melihat Pepohonan Rindang di Sepanjang Jalan

Kebanyakan pengunjung memang merasa penat dan lelah saat harus mendaki sampai ke puncak kawah Gunung Tangkuban Perahu. Tapi bagi yang cinta dengan keindahan alam, mereka akan merasa terpuaskan dengan adanya pepohonan rindang yang ada di sepanjang jalan.

Oleh karena itu, saat ingin berlibur ke destinasi alam Upas Hills ini, sebaiknya tidurlah terlebih dahulu. Karena bila Anda menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk tidur, tentu banyak moment indah yang akan terlewatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Apakah Anda tahu dimana lokasi atau alamat dari Upas Hills? Jadi perlu diketahui, lokasi tempat wisata yang tengah hits ini adalah di puncak Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung, Jawa Barat. Bila masih bingung dengan lokasi wisatanya Anda bisa gunakan google maps yang ada di smartphone.

Akses jalan menuju Kawah Upas sangatlah asri. Ditambah lagi dengan pepohonan rindang yang ada di kiri dan kanan jalan. Suasana di jalan ini cuup sepi serta tidak banyak pengunjung yang mendatanginya. Jika Anda ingin mencapai puncak harus berjalan kaki dulu sekitar 1,2 km atau sekitar 25 menit.

Kebanyakan wisatawan enggan untuk berlibur ke tempat wisata yang ada di Bandung ini karena cape dan harus berjalan kembali saat turun nanti. Jalanan menuju ke kawah pun cukup sepi. Tapi jika Anda memiliki jiwa petualangan, Anda akan merasa terhibur dengan pemandangan indah serta pepohonan rindang di kanan dan kiri Anda.

Harga Tiket Masuk Upas Hills

Harga tiket masuk untuk berwisata di Upas Hills adalah 20 ribu hingga 300 ribu rupiah. Jadi buat Anda yang saat ini ingin sekali berwisata ke tempat yang indah ini, jangan lupa siapkan kocek terlebih dahulu. Harga tiket masuk akan berbeda pada hari biasa dan hari libur. Tidak Cuma itu saja, tiket masuk untuk wisatawan mancanegara dan lokal juga akan berbeda.

Nah untuk yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda moto, Anda harus keluarkan kocek sebesar 12 ribu dan mobil sebesar 25 ribu. Sedangkan bus dengan roda enam harus membayar sebesar 110 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Upas Hills

1. Berkemah di Upas Hills

Ada banyak sekali kegiatan menarik dan seru yang bisa Anda temukan disini. Kegiatan pertama yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah berkemah. Jadi bisa dikatakan jika area ini dikenal sebagai area untuk perkemahan. Para pengunjung wisata yang melakukan camping atau perkemahan dapat melihat matahari terbit.

Bisa dikatakan jika objek wisata ini adalah amfiteater alam sesungguhnya. Karena para pengunjung juga bisa temukan beragam jenis tumbuhan dan hewan liar disini. Jadi selain menikmati keindahan alamnya, tidak ada salahnya juga untuk melihat hewan-hewan beserta tumbuhan yang ada di tempat ini.

2. Mandi di Pemandian Air Panas

Selain itu, aktivitas seru kedua yang dapat dilakukan adalah mandi di pemandian air panas. Jadi jika Anda sudah selesai menikmati keindahan dari atas ketinggian dan berjalan turun, singgahlah ke tempat pemandian air panas yang berada di Maribaya. Di Upas Hills ini, Anda bisa mandi dan bermain air yang tidak ada kandungan belerang di dalamnya.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat di lokasi pemandian. Jadi bila ingin berlibur nanti jangan lupa memakai masker. Wisatawan bisa membukanya hanya pada saat berendam saja dan harus kembali memakai masker jika ingin keluar dari kolam.

3. Berfoto-foto

Aktivitas ketiga adalah berfoto. Anda bisa melakukan selfie di tengah pemandangan alam dan hamparan rumput hijau di sekelilingnya. Tidak Cuma itu, jangan lupa memotret sunrise dan beberapa spot foto bagus lainnya saat berada di sini. Karena ada banyak spot menarik seperti pohon yang menjulur misalnya.

Sebenarnya bila ingin berwisata kesini, pastikan perjalanan Anda dilakukan dengan hati-hati. Karena tidak adanya pagar pembatas yang dibuat di Upas Hills ini. setelah puas berfoto ria, silahkan bersantai sejenak sembari menikmati makanan atau minuman hangat yang ditawarkan di kedai-kedai makanan.

4. Bersantai Ria

Nah untuk aktivitas keempat ini juga sayang jika dilewatkan. Karena bersantai di tengah pemandangan alam yang begitu indah akan membuat semua penat menjadi hilang seketika. Karena itu ketika Anda sedang berkunjung ke Kawah Upas, luangkan waktu yang lebih lama supaya bisa menikmati panorama alam yang tiada duanya.

Kawasan Kawah Upas sendiri juga sangat mudah ditemukan kedai-kedai yang bisa digunakan oleh pengunjung jika sudah lapar atau haus. Jadi banyak sekali kegiatan seru yang akan memberikan sensasi dan pengalaman berharga untuk para pengunjung yang datang ke tempat hits ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Ada banyak sekali fasilitas tersedia di Upas Hills ini. Bisa dibilang fasilitas di lokasi wisata alam ini cukup lengkap mulai dari area untuk parkir kendaraan motor dan mobil. Jadi jika Anda ingin berlibur ke tempat wisata ini, tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi. Hanya saja ketika ingin mencapai tempat wisata. Anda tetap harus berjalan kaki dulu.

Selain itu, fasilitas kedua yang tidak kalah penting untuk pengunjung adalah mushola dan kamar mandi. Untuk mushola sudah lengkap dengan alat-alat sholat yang bisa digunakan oleh pengunjung wisata. Dan untuk kamar mandinya juga sangat bersih sehingga para pengunjung pasti akan sangat nyaman saat menggunakannya.

Fasilitas terakhir adalah kedai-kedai makanan yang terjejer rapi di dekat lokasi wisata. Jadi jika Anda lapar atau haus bisa singgah ke salah satu kedai yang ada di kawah upas ini. Tidak perlu khawatir jika kocek yang dibayar nanti mahal. Karena rata-rata kedai yang ada di objek wisata ini menawarkan harga terjangkau untuk menu makanan dan minumannya.

Upas Hills adalah sebuah destinasi wisata alam yang berada di Bandung Jawa Barat. Jika Anda beserta keluarga sedang berkunjung ke kota indah ini, jangan lupa mengunjungi Kawah Upas yang menawarkan pesona keindahan tiada duanya. Apalagi penduduk lokal di Bandung juga sangat ramah tidak hanya kepada wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan asing.