Travel  

Wisata Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung

Wisata Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung

rekomendasi.co.id

Lokasi: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, 33414Google Maps: Klik DisiniHTM: Rp.10.000 per Orang

Harga Tiket Masuk

Anda tak perlu membayar tiket masuk hanya untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Tinggi. Namun, pastikan saja Anda memiliki dana yang cukup untuk akomodasi selama di Belitung.

Pastikan memilih hotel atau penginapan dekat lokasi jika anda ingin menghemat biaya sewa kendaraan.

Selama berada di Belitung tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya seperti replika sekolah bilik kayu yang digunakan dalam film Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah Gantong.

Lokasinya memang cukup jauh dari Pantai Tanjung Tinggi sekitar 92 kilometer. Dengan menggunakan mobil anda membutuhkan waktu selama hampir 2 jam perjalanan untuk sampai di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Babel 33562.

Sejak kemunculan film Laskar Pelangi, replika SD ini menjadi salah satu yang paling dicari para wisawatan. Kebanyakan datang untuk melihat langsung dan berfoto-foto.

Namun, ada baiknya sebelum mampir ke SD Laskar Pelangi, singgahlah sebentar ke Pantai Bukit Berahu.

Pantai ini sangat unik karena letaknya yang tersembunyi tepat di bawah kaki Bukit Berahu.

Untuk dapat menikmati pantai dengan cita rasa private island ini Anda harus datang ke Hotel Bukit Berahu yang menjaid gerbang masuk. Alamatnya sendiri berada di Tj. Bunga, Sijuk, Kabupaten Belitung.

Pantainya tak begitu luas, tapi memancarkan keindahan yang alami nan memikat. Pepohonan rindang membuatnya tampak begitu asri.

Suasananya pun masih sepi meski banyak wisatawan asing yang datang berkunjung. Untuk menikmati keindahan Pantai Bukit Berahu anda harus menuruni 96 anak tangga lebih dulu.

Menyimpan Potensi

Pulau Belitung dikenal sebagai surganya dunia karena menyimpan banyak sekali potensi wisata alam nan indah dan mempesona.

Salah satu pantai yang menjadi daya tarik pelancong ialah Pantai Tanjung Tinggi. Letaknya dekat dari ibukota Tanjung Pandan hanya berjarak sekitar 31 KM saja.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pantai yang memiliki sejuta pesona. Kecantikan alamnya tak dapat dipungkiri mampu menghipnotis para wisatawan.

Pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi membuatnya semakin dikenal luas dan bahkan saking identiknya tak jarang orang menyebutnya sebagai Pantai Laskar Pelangi.

Deskripsi Sejarah

Tak banyak yang tahu bahwa sejarah Pantai Tanjung Tinggi ini lekat dengan hal-hal berbau gaib alias mistis.

Masyarakat setempat menyebut bahwa setiap titik di pantai sepanjang 3 kilometer ini memiliki nama-nama yang berbeda.

Titik teramai dinamakan sebagai Pantai Pelabuhan Bilik. Konon, titik ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus tak kasat mata yang dalam budaya Belitong disebut dengan Iblis.

Dulunya sebelum berganti nama Pantai Pelabuhan Bilik disebut sebagai Pantai Pelabuhan Belis.

Namun, karena konotasinya negatif maka diputuskan untuk dirubah menjadi Pantai Pelabuhan Bilik oleh orang-orang tua zaman dulu.

Penggantian nama bukan sekedar agar lebih enak didengar saja, tapi diharapkan dapat berdampak baik bagi pantai ini.

Tak jauh dari Pantai Pelabuhan Bilik ada Pantai Batu Penyabong yang letaknya di dekat tugu Laskar Pelangi merupakan tempat bagi para makhluk gaib untuk adu nyali dan kekuatan.

Sementara titik di belakang Kantor desa Tanjong Tinggi dinamakan sebagai Pantai Telok Limau.

Kata Limau sendiri diambil dari kata Limunan yang berarti makhluk gaib yang menyerupai manusia. Di titik inilah perkampungan para makhluk gaib berada.

Ada pula yang mengatakan bahwa nama pantai Tanjung Tinggi diambil dari keadaan pantai itu sendiri.

Di mana kata Tanjung merupakan Semenanjung dan Tinggi merujuk pada bebatuan aneka ukuran. Jadi dapat diartikan sebagai pantai dengan bebatuan tinggi.

Sementara menurut rujukan yang didapat dari Wikipedia, dulunya memang benar Pantai ini dinamakan Pelabuhan Bilik.

Pelabuhan ini merupakan yang terdekat bagi warga desa Keciput dan Tanjung Tinggi. Digunakan oleh para nelayan sebagai tempat mencari ikan tanpa takut diserang oleh hiu.

Memikat Hati

Telepas dari sejarahnya yang berbau mistis, panti ini telalu cantik untuk dilewatkan begitu saja.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 hektar dengan bentuk unik, mirip dengan lekukan busur derajat. Pasirnya putih bersih dan terasa lembut ketika disentuh.

Banyaknya bebatuan granit di sekitar pantai dengan ukuran bervariasi menegaskan kecantikannya yang seakan tak tertandingi.

Warna laut nan jernih berpadu dengan birunya langit dihiasi hamparan pasir, bebatuan dan pepohonan membuat anda betah berada berjam-jam lamanya di Pantai Tanjung Tinggi.

Pejamkan mata anda dan rasakan betapa indahnya suara alam. Suara desik pepohonan yang ditiup sang bayu menjadikan suasana terasa syahdu, sangat alami.

Gemericik air yang beriak terasa menenangkan kalbu. Cocok sekali dijadikan sebagai tempat melepas penat dan rileksasi.

Coba rebahkan tubuh Anda di atas hamparan pasir, sambil berjemur di pagi hari ditemani sinar mentari nan hangat dijamin tubuh langsung segar seketika.

Bermain di Pantai Tanjung Tinggi kurang lengkap rasanya bila anda tak bermain air. Tak perlu takut dengan ombak karena pantai ini begitu landai dengan ombak kecil yang nyaris tenang.

Sangat cocok sebagai tempat bermain air baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan banyak orang dewasa yang memancing langsung ke tengah lautan tanpa takut terjangan ombak.

Di sini Anda juga bisa menyewa jetski untuk membelah lautan atau kano (perahu dayung) sambil menunggu senja tiba.

Jika Anda hobi menyelam, pantai ini sangat tepat untuk dikunjungi. Di bawah air laut nan jernih anda akan melihat banyaknya biota-biota laut yang beraneka ragam dan bentuk.Warna-warninya indah sekali.

Jangan kaget bila Anda akan disambut oleh ribuan ikan Antherinomorus sp dengan barisan yang sangat berseni.

Sayang, terumbu karang di pantai ini tergolong dalam kondisi yang kurang baik lantaran air surut rendah.

Dengan banyaknya bebatuan granit yang tersebar di penjuru pantai, Anda bisa bermain petak umpet layaknya di Film Laskar Pelangi atau sekedar duduk manis di atas batu sambil menikmati keindahan alam yang terbentang luas di hadapan.

Jangan lupa untuk mengambil ponsel atau kamera saku Anda dan abadikan momen tersebut menjadi sebuah foto nan berharga.

Bagi para pecinta photography pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki banyak spot-spot bagus untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Datanglah saat sunrise dan sunset tiba, Anda akan takjub dengan keindahan alamnya dari balik lensa kamera. Tak kalah memikat dengan pantai-pantai yang berada di luar negeri.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi ini pun termasuk lengkap. Sudah ada toilet umum, warung makan dan sarana serta prasarana lain.

Warung-warung di pantai ini juga menawarkan hidangan laut dan aneka minuman. Namun, es kelapa muda merupakan favorit para pengunjung.

Jangan lewatkan untuk mencoba Gangan sejenis sup ikan. Biasanya jenis ikan yang digunakan adalah ketarap, tenggiri dan bulat.

Gangan merupakan masakan yang melegenda di tanah Belitung karena rasanya yang istimewa, cita rasa yang sempurna.

Perpaduan asam, pedas dan kunyit terasa pas, begitu segar saat diseruput. Potongan nanas semakin memperkuat cita rasa Gangan. Daging ikannya pun gurih membuat lidah ingin terus bergoyang.

Cara Menuju Lokasi

Pantai Tanjung Tinggi berada di Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Babel.

Pantai yang diapit oleh Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam ini sangat mudah ditemukan. Terlebih Pantai Tanjung Tinggi begitu populer di Belitung.

Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau mau tidak mau harus melakukan perjalanan secara estafet baik menggunakan pesawat maupun kapal express dari kota Pangkalpinang dengan tujuan Belitung.

Adapun rute yang dapat anda gunakan untuk menuju lokasi diantaranya adalah sebagai berikut:

Rute dari Pelabuhan Tanjung Pandan: Jalan Pelabuhan Tanjungpandan – Jalan Kemuning – Jalan Patimura – Jalan Tj. Pandan-Tj. Kelayang – Jalan To. Kelayang – Jalan Tj. Pandan-Tj. Kelayang – Lokasi.

Rute dari Bandar Udara HAS Hanajoeddin: Jalan Bandara arah selatan – Jalan Sudirman – Terus ke Keciput – Jalan Tj. Pandan- Tj. Kelayang – Lokasi.

Rute dari SD Laskar Pelangi: Jalan Laskar Pelangi – Jalan Simpang Ranggiang-Gantung – Jalan Badau-Simpang Ranggiang – Jalan Badau – Jalan Sijuk arah Air Seru – Keciput – Jalan Tj. Pandan- Tj. Kelayang – Lokasi.

Sebaiknya selama liburan di Belitung anda menyewa kendaraan roda dua atau empat untuk memudahkan aktivitas Anda.

Karena meskipun alat transportasi sudah memadai, tapi angkutan umum masih tergolong sangat jarang dijumpai. Gunakan bantuan peta dan map online untuk mempermudah pencarian lokasi.

error: Content is protected !!