Tekno  

Wujudkan Mimpi Lewat Inklusi Keuangan, Yuk!

Wujudkan Mimpi Lewat Inklusi Keuangan, Yuk!

Tahukah kamu? Inklusi keuangan bisa mewujudkan finansial impianmu, lho. 

Meskipun kata Bang Rhoma Irama “Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”, kamu tak perlu overthinking dulu.  

Sebab, inklusi keuangan bisa membantu kamu untuk mewujudkan mimpi finansialmu, lho. 

Inklusi keuangan adalah kemampuan individu atau bisnis untuk mengakses kebutuhan produk dan layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Kebutuhan layanan keuangan pun tak terbatas pada akses bank saja, tetapi juga meliputi layanan keuangan lainnya, seperti akses pembiayaan, investasi, akses layanan keuangan digital terintegrasi, serta akses pada literasi digital.

Supaya lebih jelas, mari kita bedah masing-masing layanan keuangan di atas, yuk!


Akses Layanan Pinjaman

Kekurangan modal usaha menjadi masalah yang kerap dihadapi pelaku bisnis dan UMKM. Di sinilah inklusi keuangan berperan untuk memastikan pelaku bisnis dan UMKM bisa menjangkau pendanaan atau modal usaha.

Akses pembiayaan yang merata dapat membantu mereka untuk mewujudkan potensi bisnisnya. Terlebih UMKM sangat berkontribusi dalam membantu perekonomian negara. 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia. Sebab, 99,9% dari pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja hingga 97% dan berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar 60,5%.

KoinWorks sebagai perusahaan teknologi finansial juga tak mau ketinggalan untuk turut berkontribusi meningkatkan inklusi keuangan melalui akses layanan pinjaman yang dikenal juga dengan KoinBisnis.

KoinBisnis merupakan produk pinjaman yang ditujukan untuk mengembangan bisnis dan pemberdayaan UMKM dengan bunga cicilan rendah, yaitu 0,75%-1,67% per bulan. 

Pastinya tidak ada biaya tersembunyi lainnya dan kamu berhak mendapatkan pembiayaan bisnis hingga Rp2 miliar! Bisa banget untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.


Akses Layanan Go Digital

Saat ini, tak sedikit masyarakat yang sudah akrab dengan belanja online dan pembayaran non tunai. 

Pembelinya saja sudah go digital, masa UMKM-nya belum?

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, dari sekitar 65 juta UMKM, baru sekitar 17,25 juta UMKM yang sudah terhubung ke dalam ekosistem digital. Artinya, hanya sekitar 26,5% saja UMKM yang sudah go digital

Angka tersebut tentu perlu ditingkatkan seiring dengan beralihnya preferensi masyarakat dalam berbelanja ke arah daring. 

Tak sekedar go digital, akses ke layanan keuangan digital yang terintegrasi yang lengkap dan menyeluruh juga dibutuhkan untuk memudahkan segala kebutuhan bisnis UMKM

‘Kira-kira ada enggak, ya, layanan keuangan yang seperti itu?’

Ada dong! KoinWorks NEO jawabannya!

Terdapat 3 fitur unggulan KoinWorks NEO, yaitu

  • NEO Card, yaitu kartu digital yang bisa kamu gunakan untuk membayar transaksi online.
  • Payment Link, fitur yang akan memudahkan kamu untuk membuat invoice hanya dalam waktu 2 menit dan bisa kamu bagikan langsung lewat WhatsApp, SMS, atau email.
  • Kirim Uang, fitur untuk menjadwalkan pengiriman uangmu dan kirim uang bebas biaya alias GRATIS.

Akses Layanan Pendanaan

Rasanya, semua orang pasti ingin mencapai kebebasan finansialnya. Cukup rebahan, cuan tetap mengalir.

Namun, berkhayal aja tidak cukup. Kamu harus melakukan action sedini mungkin untuk mewujudkannya.

Ini juga salah satu peran inklusi keuangan dalam memberikan akses keuangan berupa investasi atau pendanaan. 

Namun, kamu juga perlu jeli sebelum melakukan investasi untuk menghindari dirimu dari investasi bodong. Itulah mengapa untuk mengoptimalkan kekayaan atau mencapai kebebasan finansial perlu diiringi peningkatan literasi keuangan.

Investasi pun bisa beragam jenisnya, misalnya di KoinWorks terdapat produk investasi dan pendanaan KoinP2P, KoinRobo, KoinGold, dan KoinBond. 

Kenalan satu-satu dengan keempat produk pendanaan di atas, yuk!

  • KoinP2P, yaitu platform peer-to-peer lending dari KoinWorks yang kegiatan keuangannya mempertemukan peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman atau pendana (lender). Menariknya, KoinP2P memberikan imbal hasil hingga 18% per tahun, lho!
  • KoinRobo, yaitu produk pendanaan berbasis P2P Lending yang secara otomatis akan mendiversifikasikan pendanaan kamu ke beberapa pinjaman untuk memitigasi risiko dan mengoptimalkan imbal hasil. Ngomongin tentang imbal hasil, KoinRobo memberikan imbal hasil 5-14% per tahun.
  • KoinGold, yaitu platform investasi emas yang sangat efisien karena transaksinya yang bisa dilakukan secara online tanpa harus beranjak dari rumah. Terlebih ada fitur subscription, auto buy, hingga redemption.
  • KoinBond, yaitu pilihan investasi yang cocok bagi kamu yang ingin investasi sekaligus membantu negara dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia.

Akses Literasi Keuangan

Bagi individu, literasi keuangan penting untuk membantu seseorang dalam menentukan produk investasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuannya sehingga imbal hasil yang akan didapat di masa depan mampu memperbaiki tingkat kesejahteraannya. 

Sementara bagi pelaku bisnis dan UMKM, literasi keuangan penting untuk membantu melihat peluang-peluang baru yang dapat meningkatkan penjualan di masa depan. 

Melalui akses ke pengetahuan untuk literasi keuangan digital dan bisnis yang lebih baik, belajar skill bisnis akan semakin mudah dan bisa membantu masyarakat mewujudkan potensi diri dan jadi lebih berdaya. 

Salah satu platform yang menyediakan konten pembelajaran untuk UMKM adalah KoinLearn dari KoinWorks. 

Hadirnya KoinLearn akan sangat menjawab kebutuhan UMKM dalam meningkatkan ilmu dan skill agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnisnya di era digital.

Untuk memberikan konten yang edukatif, KoinWorks telah mengaet sejumlah tutor yang ahli di bidangnya, lho. Oh iya! Semua video pembelajaran bisa kamu akses secara GRATIS!


Inklusi keuangan. Dua kata, namun memiliki beragam manfaat. 

Baik individu maupun pelaku bisnis, mari bersama-sama wujudkan mimpi lewat inklusi keuangan!

Dengan KoinWorks, #SatuKlikUntukWujudkan Finansial Impianmu.

Artikel ini bersumber dari koinworks.com.