Tekno  

Xiaomi rilis Redmi A1, ponsel 4G dengan TKDN tertinggi

Xiaomi rilis Redmi A1, ponsel 4G dengan TKDN tertinggi

Redmi A1 tercatat sebagai smartphone 4G dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tertinggi, yakni sebesar 40.3%.

Bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Xiaomi Indonesia hari ini (28/10) meluncurkan ponsel Redmi A1 yang hadir untuk melengkapi komitmen perusahaan terhadap Tanah Air. Sebab, Redmi A1 tercatat sebagai smartphone 4G dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tertinggi, yakni sebesar 40.3%.

Xiaomi menjelaskan, Redmi A1 dirancang dengan menggandeng mitra lokal dalam hal pengembangan aplikasi dan pengembangan software yang juga dilakukan secara lokal. Selain itu, penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, dan penambahan proses SMT untuk perakitan PCB juga membuat produk ini menerima TKDN lebih dari yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Pencapaian TKDN yang tertinggi ini merupakan perwujudan komitmen yang sejalan dengan kebijakan kami dan roadmap pendalaman struktur yang telah ditetapkan Kemenperin bagi para pelaku industri seluler,” kata Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain TKDN yang tinggi, boks Redmi A1 juga didesain spesial oleh Xiaomi Fans asal Jogjakarta bernama Sigit Setyo Nugroho. Desainnya ini terinspirasi dari asrinya pedesaan yang ada di Indonesia.

Spesifikasi Redmi A1

Layar Redmi A1 Dot Drop Display berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+ dan aspek rasio 20:9. Untuk kamera, ponsel dibekali lensa utama 8MP dan 5MP untuk kamera selfie. Kameranya ini didukung dengan teknologi AI yang diklaim unggul di kelasnya.

Redmi A1 ditenagai prosesor octa-core dengan kecepatan 2.0GHz. Ponsel 4G ini dipadukan dengan teknologi memori LPDDRX4 + eMMC 5.1, serta dukungan ekspansi RAM. Terdapat dua opsi RAM, yaitu 2GB dan 3GB, sedangkan penyimpanan internalnya sebesar 32GB dan ekspansi mendukung hingga 2GB. 

“Xiaomi meyakini bahwa semua masyarakat di dunia berhak menikmati inovasi teknkologi, oleh karena itu Redmi A1 hadir di Indonesia guna memberikan akses bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses teknologi yang dapat memengaruhi kehidupannya sehari-hari menjadi lebih baik,” kata Direktur Xiaomi Technology¬†Indonesia, Manish Dang.

Hadir untuk memberikan akses kepada seluruh masyarakat Indonesia, Redmi A1 dibekali kapasitas baterai yang besar agar dapat mendukung aktivitas sehari-hari, yakni sebesar 5.000 mAh. Ini juga mendukung 10W fast charging dan 10W in-box charger dalam paket penjualan.

Harga dan ketersediaan

Redmi A1 dibanderol Rp1.149.000 untuk varian memori 2GB/32GB, sedangkan untuk 3GB/32GB dihargai Rp1.249.000. Xiaomi juga menawarkan harga spesial untuk Xiaomi Fans setia, dengan harga Rp999.000 (2GGB/32GB).

Ponsel dijual perdana pada 4 November mendatang secara online di Mi.com, Xiaomi Official Store (Tokopedia, Shopee, JDID, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan Akulaku). Sementara penjualan offline dapat ditemukan di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.